Mengenal Istri dari pendiri Jejaring Social [Facebook]

Mark Zuckerberg bukanlah satu-satunya orang yang mengalami kejadian penting pekan lalu. Pada hari Senin, Priscilla Chan, kekasih dari pendiri Facebook itu meraih gelar dokter dari salah satu universitas bergengsi Amerika. Dan dia melakukannya beberapa hari setelah menginspirasi revolusi dalam masalah akses donor organ tubuh. Satu lagi kejadian penting: Mark baru saja menyulap pekerjaan pertamanya menjadi perusahaan bernilai $ 19 miliar (sekitar Rp 175 triliun). Apakah ada sesuatu yang terlewat? Ya: mereka menikah.

Pada Sabtu pekan lalu, sekelompok kecil teman dan kerabat datang untuk merayakan kelulusan Chan. Mereka amat terkejut karena acara sesungguhnya ternyata adalah pernikahan mendadak. Mark dan Priscilla ternyata sudah merencanakan pernikahan itu secara rahasia selama berbulan-bulan, meski memiliki banyak proyek lain. Mark bahkan bisa meluangkan waktu untuk merancang cincin rubi bagi mempelai wanita.

Bulan ini sungguh sempurna bagi Priscilla, alumni Harvard yang bertemu Zuckerberg di pesta kampus hampir satu dekade yang lalu. Pada 14 Mei, saat dunia teknologi menandai ulang tahun Zuckerberg yang ke-28, Chan malah sibuk mengambil gelarnya di Sekolah Kedokteran Universitas California, San Francisco. Dia bahkan menyempurnakan prestasinya dengan menjadi anggota kelompok eksklusif  National Medical Honor Society.

Meski suaminya berhasil membuat pasar saham berguncang, Chan sendiri lebih memfokuskan diri ke bagian pediatri (anak dan bayi). Sampai ke titik ini, pengalaman medisnya sudah menyelamatkan banyak nyawa. Awal bulan ini, Facebook meluncurkan fitur baru yang mengizinkan pengguna menambahkan status donor organ ke profil mereka. Zuckerberg mengakui ide itu datang dari Chan.

"Dia akan menjadi dokter anak, jadi percakapan makan malam kami biasanya tentang Facebook dan anak-anak yang dia temui," ujar Zuckerberg kepada ABC News. Setelah melakukan pembicaraan mengharukan soal anak-anak yang butuh transplantasi organ di rumah sakitnya, CEO Facebook itu mengembangkan fitur tersebut dan secara efektif menambahkan ribuan donor baru dalam selang beberapa hari, menurut Donor Life.

Ini perubahan besar bagi Zuckerberg, yang biasanya dikaitkan dengan tuntutan hukum dan spekulasi finansial dibandingkan menyelematkan nyawa orang. Tapi 'Cilla,' nama panggilan dari Zuckerberg untuknya, membuat Facebook menjadi lebih baik. Dia tidak berada di belakang suaminya, tapi berdiri sejajar, dengan kesetaraan yang terpampang jelas. Ini perubahan besar dibandingkan tipikal istri miliarder kebanyakan.

Setelah pasangan tersebut membuat pernikahan mereka sah dengan mengganti status "menikah" di Facebook, para pengamat sudah berspekulasi soal perjanjian pra-nikah. Rosa Prince dari The Daily Telegraph mengamati kalau waktu pernikahan mereka mungkin tidak membuat Chan bisa menikmati pendapatan IPO suaminya, menurut hukum California.

Jika mereka bercerai, menurut Donald Trump, "Dia sungguh beruntung... Saya bisa memperkirakan pengacara dan gugatannya sekarang. Tanpa keputusan yang tepat dari Chan, dia tidak akan bisa sesukses ini. Dia memberikan saran untuknya, dia membuatkan makan malam untuknya, dia berhak mendapatkan setidaknya $ 10 miliar."

Itu hanya sekedar perkiraan kalau Chan menginginkan harta suaminya jika mereka bercerai. Tidak semua orang berpikir seperti Trump. Untuk sekarang, kekhawatiran terbesar Chan adalah untuk menyelamatkan anak-anak dan mungkin itulah salah satu alasan suaminya yang kaya-raya mencintainya. Saat dunia terperangah melihat kesuksesan Zuckerberg, dia juga melakukan hal yang sama dengan istrinya.

Setelah Priscilla mendapatkan gelarnya pada Senin, Mark memposting pesan untuknya di Facebook.

Saya sangat bangga padamu, Dr.Chan :)

Ya, emoticon itu berharga miliaran dolar.

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)