Skip to main content

Nikah Muda Bisa Picu Kematian Ibu

Ghiboo.com - Indonesia menghadapi tantangan dalam memenuhi target MDGs (Millenium Development Goals) hingga tahun 2015. Setidaknya ada delapan poin tujuan pembangunan dari MDGs.

Kedelapan poin target MDGs tersebut adalah (1) memberantas kemiskinan dan kelaparan, (2) mewujudkan pendidikan dasar bagi semua masyarakat, (3) mendorong kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan.

Kemudian poin (4) mengurangi angka kematian anak, (5) meningkatkan kesehatan ibu, (6) memerangi HIV/AIDS, (7) menjamin kelestarian lingkungan dan (8) mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Menurut Utusan Khusus Presiden RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloex, SpM(K), poin lima dan enam, Indonesia perlu bekerja keras untuk memenuhi target MDGs itu.

"Negara kita sangat tidak menguntungkan karena terdiri dari banyak pulau dan kabupaten/kota sehingga membuat pemerintah kesulitan," kata Nila dalam sebuah Seminar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Senin (21/5).

Lebihl lanjut Nila mengatakan, masalah utama yang dihadapi dari target pencapaian MDGs adalah masalah kemiskinan. Kemiskinan ini seakan mata rantai yang harus diputus.

Kemiskinan, sambung Nila, menyebabkan masyarakat kesulitan untuk membeli makanan, sehingga masyarakat berisiko mengalami malnutrisi. Selain itu, kemiskinan juga berdampak pada rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

Berdasarkan data, hanya 18 persen penduduk Indonesia yang mengeyam pendidikan hingga bangku kuliah dibandingkan 33 persen wanita Indonesia yang tidak tamat SD, sehingga tingkat kesejahteraan rendah.

"Inilah mengapa angka TKW (Tenaga Kerja Wanita) Indonesia terus mengalami kenaikan," ungkap Nila.

Rendahnya pendidikan juga berdampak pada masalah kesehatan, terutama angka kematian ibu. Meskipun demikian, tingginya angka kematian ibu di Indonesia juga disebabkan oleh kurangnya sarana kesehatan yang memadai dan masalah akses air bersih serta sanitasi.

"Data Susenas 2010 menunjukkan bahwa 51,81 persen penduduk tidak mendapatkan akses air bersih dan 44,47 persen penduduk tidak mendapat akses sanitasi yang baik," ujar Nila menjelaskan.

"Hal ini mempengaruhi tingginya angka kematian ibu yang disebabkan oleh anemia (disebabkan infeksi cacing) karena air bersih susah didapatkan."

Meskipun begitu, Nila juga memaparkan jumlah tenaga kesehatan di Indonesia terus bertambah. Sayangnya, angka kematian ibu malah menunjukkan peningkatan.

"Kemiskinan bisa jadi penyebabnya. Di desa, angka kematian ibu justru disebabkan oleh nikah muda," jelasnya.

Menurutnya, orang yang mengeyam pendidikan tinggi akan menunda nikah muda, sehingga aktivitas seksual akan menurun. Hal ini akan berdampak pada rendahnya angka kehamilan sehingga menurunkan angka kematian ibu.

Comments

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …