Skip to main content

Penerbangan Murah Bikin Repot Petugas ATC

TEMPO.CO , Jakarta:- Presiden Indonesia Air Traffic Controllers Association, I Gusti Ketut Susila, mengatakan bahwa meledaknya jumlah penerbangan murah dinilai ikut berperan besar dalam minimnya petugas di menara pengawas penerbangan (air traffic controller/ATC). Kondisi ini hampir dialami semua bandar udara di Indonesia. Maskapai murah membuat frekuensi penerbangan semakin tinggi, sedangkan jumlah petugas ATC tidak bertambah secara signifikan.

»Ledakan maskapai berbiaya murah tidak diikuti perencanaan yang matang,” kata Susila saat dihubungi Tempo, Senin 21 Mei 2012 malam. Susila menjelaskan, kesalahan ini bertumpuk-tumpuk sejak beberapa tahun terakhir dan mencapai puncaknya ketika pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh di Gunung Salak pada 9 Mei lalu.

Seperti diberitakan, petugas ATC di Menara Timur Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, menyetujui permintaan pilot Sukhoi, Aleksandr Yablontsev, untuk menurunkan ketinggian dari 10 ribu kaki menjadi 6.000 kaki. Padahal, saat itu, tanpa diketahui hidung pesawat Sukhoi mengarah ke tebing gunung yang berjarak 14 kilometer. Sukhoi saat itu melaju dengan separuh kecepatan 537 kilometer per jam.(baca:Sukhoi Punya 9,4 Detik untuk Selamat)

Petugas ATC yang memandu Sukhoi saat itu juga sibuk memandu 13 pesawat lainnya. Asisten pemandu yang seharusnya membantu malah bertugas untuk Menara Barat. Begitupun penyelia pemandu lalu lintas, yang harus turun tangan memandu pesawat karena kekurangan personel.(baca:Centang-perenang Menara Pengawas Pesawat (ATC)) dan (baca:Kebablasan dan Salah Perintah di Udara)

Susila menyarankan adanya percepatan penambahan petugas ATC. Saat ini petugas yang ada berpendidikan diploma 3 dan diploma 4. Jika harus mengikuti ketentuan, butuh waktu lebih dari tiga tahun untuk mencetak petugas ATC. »Dipercepat tapi ada pelatihan intensif setelah itu,” ucapnya.

Dia juga mengusulkan, di masa mendatang, otoritas ATC seharusnya dipegang oleh satu lembaga. Sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Penerbangan, lembaga tunggal ATC seharusnya sudah terbentuk pada Januari 2012. Saat ini otoritas ATC masih dipegang oleh empat pihak, yaitu Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Batam, dan Papua.

Deputi Senior General Manager Air Traffic Control Cengkareng, Mulya Abdi, membantah soal kondisi petugas ATC yang dinilai tidak ideal. Menurut dia, petugas ATC Cengkareng masih sanggup melayani 1.800 penerbangan setiap hari, baik yang melintas maupun mendarat di Cengkareng. »Kami masih bisa melayani,” ujarnya.

Tapi, untuk mengurangi beban petugas, Mulya menyatakan pihaknya akan menambah jumlah petugas ATC tahun ini. Saat ini ATC Cengkareng sedang mendidik 120 petugas ATC. Pada September nanti, pihaknya akan menambah 100 petugas ATC. Penambahan petugas, kata dia, tidak bisa dilakukan seketika. »Perlu waktu sekitar satu setengah tahun,” ucapnya.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/penerbangan-murah-bikin-repot-petugas-atc-225207910--finance.html

Comments

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …