Skip to main content

Penjual Karpet yang Jadi Investor Berkat Facebook

Di balik penjualan saham perdana Facebook Inc. yang fenomenal pekan lalu, ada banyak orang-orang yang menjadi "konglomerat" mendadaK. Tak usahlah menyebut investor-investor besar seperti penyanyi U2 Bono, Sean Parker, yang pertama kali mengundang investor atau raja-raja minyak Rusia yang memborong saham situs ini. Ada satu nama penjual karpet yang meraih untung besar dari saham Facebook. Penjual karpet? Ya betul. Pejman Nozad namanya.
Pada 2005, salah satu tangan kanan Zuckerberg, Sean Parker, datang kepada Nozad. Dia dengan sedikit mengiba-iba meminta Nozad mengizinkan Facebook menyewa gedungnya di University Avenue Nomor 165, Palo Alto, California. Gedung ini dimiliki oleh rekan Nozad. Ini bukan perjanjian sewa biasa. Namun, ia diberi tawaran membeli saham Facebook seharga US$ 50.000 (sekitar Rp 450 juta).
Rekan Nozad menolak mentah-mentah. Facebook saat itu baru berumur setahun dan belum dilirik oleh investor. "Bisnis kami adalah real estate, bukan investasi," kata teman Nozad marah. Namun, Nozad akhirnya menyetujui. Saham Facebook yang dimiliki pedagang karpet itu kini setara dengan dengan US$ 50 juta (sekitar Rp 450 miliar).
Nozad, 43 tahun, yang kini berhenti berjualan karpet mengingat masa-masa suram itu. Dia menuturkan, saat itu Sean Parker datang kepadanya. Parker mengatakan gedung yang akan disewa itu punya karma atau hoki yang baik. Soalnya, gedung itu pernah dipakai perusahaan start up, Pay Pal, dan sukses.
Nozad berkunjung ke kantor Facebook yang ada di atas restoran sushi. "Saya bertemu Zuckerberg dan Sean Parker. Mereka memberikan gambaran yang mengejutkan tentang masa depan Facebook," katanya. Nozad akhirnya setuju menyewakan gedungnya, tapi dia ingin menanamkan duitnya di Facebook. Namun, Parker menolak.
Beberapa hari kemudian Parker datang kepadanya dan setuju menawarkan untuk membeli saham Facebook seharga US$ 49.998,04 dan menyewa ruangannya. Namun, Facebook menolak untuk menyewa ruang tambahan. Negosiasi alot ini tak banyak menguntungkan Nozad zaat itu.
Kala itu, Nozad seolah seperti sedang bernasib buntung. Akan tetapi, dia tak akan pernah menyesal atau menangisi kejadian itu. Dia kini tak lagi berjualan karpet. Dia menanamkan duitnya ke 50 perusahaan start up (perusahaan yang baru tumbuh) sekelas Dropbox Inc., situs berbagi file atau Path Inch, situs jejaring sosial berbagi musik.
"Saya dikelilingi begitu banyak wirausaha dengan prestasi mengejutkan," katanya. "Kadang, Anda rugi di satu tempat dan mendapat untung di tempat lain."
Penjualan saham Facebook telah melambungkan Nozad dan juga banyak orang-orang biasa lainnya. Harga selembar saham Facebook Jumat lalu mencapai US$ 38,23. Harga itu di atas harga perdana US 38. Yang paling banyak menangguk untung pastilah Mark Zuckerberg, pendirinya. Lelaki yang berusia 28 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan dari saham Facebook senilai US$ 20, 3 miliar (sekitar Rp 182,7 triliun).
Orang-orang yang membeli saham Facebook di tahap awal kini seperti "kebanjiran" uang. Dokter gigi ayahnya, sebagai contohnya, kini punya saham seharga US$ 76 juta (Rp 684 miliar). Kalau orang biasa biaya kaya mendadak seperti itu, jangan tanya kekayaan yang didapatkan Bono yang menanamkan dana US$ 1 miliar di tahun awal. Bono menyuntikkan investasi lewat Elevation Partners. Bono tak mau menjawab saat ditanya soal ini.

Comments

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …