Minyak Alami Yang Baik Untuk Kesehatan

Selamat siang reader!! Miss Purple hadir kembali dengan artikel nya yang masih membahas tentang kecantikan.. nah, disini juga Miss Purple akan membahas tentang Minyak Yang Baik Untuk Kesehatan. tentunya ga sembarang minyak dong ya, dan jangan di coba dengan minyak panas..! hahahaha.. yuk langsung menuju ulasan terkait..

Minyak dari bahan alami merupakan kekayaan alam yang sangat berharga. Selain baik bagi kesehatan, beberapa minyak ini juga berguna meningkatkan kecantikan Anda.

Minyak wijen
Minyak yang satu ini lebih terkenal di dunia masak-memasak daripada kecantikan. Tapi jangan salah, kandungan antioksidan pada minyak ini sangat tinggi. Bahkan salah satu kandungan dari minyak wijen juga bisa berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Kandungan vitamin A, B, E, diperkaya dengan magnesium, seng, zat besi, serta Omega-3, 6, dan 9 membuat minyak wijen banyak manfaat. Selain membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol, minyak wijen juga kaya manfaat untuk kulit. Kandung vitamin dipadu dengan antioksidan membantu membuat kulit lebih lembut, lembap, dan efektif untuk melawan kerutan tanda penuaan.

Untuk mendapatkan manfaatnya pilih minyak wijen cold-pressed atau yang umumnya terdapat di supermarket. Oleskan pada kulit sebelum tidur dan biarkan semalaman. Ritual ini bisa membantu melembapkan kulit, membunuh bakteri yang bersarang di kulit sebagai penyebab jerawat dan mempercepat pengelupasan kulit mati. Gunakan sejumlah kecil pada kulit sebelum keluar untuk melindungi tubuh dari efek buruk polusi dan sinar matahari.

Minyak jintan hitam
Jintan hitam (Nigella sativa), dikenal di belahan dunia lain sebagai black cumin atau habbatussauda. Manfaat minyak yang satu ini untuk kesehatan sudah sangat tersohor. Minyak ini sudah populer digunakan untuk membantu penyembuhan atau perawatan sejak ribuan tahun yang lalu.

Cleopatra yang dikenal karena kecantikannya konon kerap menggunakan minyak jintan hitam untuk menjaga penampilan dan kesehatannya. Jintan hitam kaya akan pro vitamin A, B1, B2, B6, C, kalsium, sodium, asam amino penting, zat besi, omega 6 & 9, serta ratusan zat lain yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ada dua cara yang umum dilakukan. Anda bisa meminum atau mengoleskannya pada kulit. Saat ini juga sudah banyak tersedia minyak jintan hitam dalam bentuk kapsul lunak. Satu sendok minyak jintan hitam dicampur dengan madu bisa membuat kulit dan tubuh lebih sehat. Namun untuk wanita hamil, penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.

Asam lemak baik dan beberapa kandungan dalam minyak jintan hitam dapat membantu penyembuhan luka serta penyakit kulit seperti jerawat, psoriasis, eczema, serta berbagai iritasi kulit lainnya. Jika digunakan secara teratur, minyak ini juga bisa membantu melawat kerutan dini yang kerap muncul.

Minyak jintan hitam juga bisa digunakan untuk memperkuat kuku, rambut, serta mengurangi  radang pada kulit.

Minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan tentu sudah terkenal luas. Kandungan anti oksidan, vitamin E, K, polyphenol, serta asam lemak baik memberi manfaat yang luas bagi kulit. banyak selebriti yang menggunakan minyak zaitun sebagai rahasia kecantikannya.

Meminum minyak zaitun satu sendok makan sehari atau mengoleskannya pada kulit yang pecah merupakan beberapa cara mendapatkan manfaat minyak ini. Oleskan pada tumit yang pecah-pecah sebelum tidur lalu biarkan semalaman. Anda akan segera merasakan perubahannya jika dilakukan secara teratur. Untuk rambut kering, gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama satu jam lalu cuci bersih. Lakukan secara teratur paling tidak satu minggu sekali untuk hasil yang sempurna.

Minyak zaitun yang baik adalah minyak zaitun murni atau biasanya dilabeli extra virgin olive oil. Minyak zaitun jenis ini mengalami paling sedikit pemrosesan sehingga manfaat alaminya bisa dinikmati secara maksimal. Selain untuk perawatan kulit, minyak ini juga umum digunakan sebagai bahan masakan sehat karena bisa membantu menurunkan kolesterol dan memperbaiki sel-sel tubuh.

Minyak kelapa
Minyak yang satu ini juga populer sebagai pendukung kecantikan. Model seksi Miranda Kerr bahkan mengaku pengguna fanatik dari minyak ini. "Saya tidak pernah melewatkan hari tanpa mengonsumsi minyak kelapa. Saya bisa mengonsumsi sampai empat sendok perhari baik di salad, masakan, maupun minuman teh hijau," beber model seksi Victoria Secret ini tentang rahasia kulit mulus dan rambut sehatnya. 

Asam lemak, vitamin K, E, mineral, serta kandungan zat lain di dalamnya bisa berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, serta antioksidan untuk kulit. Minyak kelapa juga mengandung lauric acid seperti yang juga ditemukan pada air susu ibu yang kaya manfaat.

Minyak kelapa juga dikenal sebagai bahan alami untuk melawan jerawat serta berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk polusi dan sinar matahari. Untuk penggunaan sehari-hari, minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pembersih make-up yang lembut sekaligus pelembap. Jika dioleskan pada luka, minyak kelapa bisa membantu mempercepat penyembuhan dan perbaikan sel yang rusak.

Kini minyak kelapa telah diproduksi dalam berbagai jenis termasuk yang populer Virgin Coconut Oil. Pastikan Anda membaca dengan baik label yang tertera sebelum menggunakannya. Beberapa jenis minyak kelapa yang diproduksi hanya cocok untuk pemakaian kulit luar dan bukan untuk dikonsumsi, karena itu perhatikan baik-baik jenis yang Anda pilih.

itulah beberapa Minyak yang bisa di manfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan... tetap cantik dan tetap sehat Reader.. semoga artikelnya bermanfaat :)

 Sumber

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)