Nelfi Ibanes, Pelatih Wanita Pertama di Klub Profesional

Sangat jarang, seorang wanita menjadi pelatih sepakbola untuk pria, apalagi untuk sebuah timnas negaranya dan melaju hingga ke piala dunia.

Tapi sebentar lagi, hal itu bisa menjadi kenyataan. Nefi Ibanez, bisa jadi wanita pertama yang mampu melakukannya. Berawal hanya dari melihat timnas yang selalu kalah melalui Tv, Nelfi Ibane ingin merubah semua itu.

Dilansir dari FIFA.com (31/5), Nelfi harus melalui jalan yang panjang untuk hal itu. Tak mendapat tempat di negerinya sendiri, ia mencoba belajar sekolah kepelatihan di Paraguay.

Kemudian Nelfi belajar sekolah asisten pelatih di Barcelona, Spanyol. Memang, ia tidak mendapatkan langsung ilmu kepelatihan sepakbola dari Frank Rijkard atau bertemu dengan Lionel Messi, tapi Nelfi belajar sepakbola dari asosiasi sepakbola Catalan di Universidad de Montjuic, Barcelona.

Percaya atau tidak, wanita yang kini baru berusia 43 tahun tersebut kini menjadi pelatih di klub Hijos de Acosvinchos, divisi dua Peru.

"Tidak mudah mendapatkan simpati dan menjadi pelatih perempuan pertama yang menangani klub profesional, selalu ada diskriminasi, tapi saya optimis mampu melakukannya", ujar Ibanez.

Sumber - http://id.olahraga.yahoo.com/news/nelfi-ibanes-pelatih-wanita-pertama-di-klub-profesional-040000073--spt.html

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)