Trik Membeli Koper untuk Berlibur

 Musim liburan sudah semakin dekat. Salah satu benda penting yang tak boleh dilupakan adalah koper. Bagaimana cara memilihnya?

Anggaran keuangan tentu menjadi salah satu pertimbangan. Walau anggaran terbatas, usahakan pilih koper berkualitas sebaik mungkin sesuai batas pengeluaran Anda. Berikut beberapa trik untuk menentukan pilihan, bagi Anda yang akan menggunakan koper untuk bepergian.

Ukuran
Faktor yang satu ini berpengaruh ke banyak hal. Salah memilih, koper Anda bisa menjadi kurang fungsional untuk keperluan wisata. Pikirkan baik-baik gaya berwisata Anda. Apakah Anda golongan orang yang sering berlibur singkat? Atau sering menghabiskan waktu panjang? Selain itu pikirkan pula apakah Anda termasuk sering menghemat biaya bagasi atau selalu memilih membayar bagasi untuk memenuhi kebutuhan bawaan.

Kebutuhan Anda akan menentukan ukuran koper. Untuk yang senang membawa koper ke kabin, pilihan koper kecil tentu lebih tepat. Jenis ini biasanya dipilih oleh pebisnis yang sering bepergian dalam waktu singkat.

Pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah seberapa kuat Anda mengangkat atau membawa koper tersebut. Walau Anda selalu bepergian bersama, tetapi bukannya tidak mungkin suatu saat Anda dihadapkan dengan kondisi harus mengangkat koper tersebut sendiri ke dalam bagasi mobil atau misalnya ke tempat check-in bagasi.

Moda transportasi ketika bepergian juga merupakan pertimbangan saat memilih koper. Jika sering menggunakan mobil pribadi, sesuaikan dengan kapasitas bagasi sehingga barang bawaan lainnya tetap bisa terbawa saat perjalanan.

Salah satu trik yang bisa digunakan juga adalah memilih koper yang dapat diperbesar. Biasanya koper-koper ini didesain sedemikian rupa hingga pada saat dibutuhkan ukuran koper tersebut dapat sedikit diperluas dengan membuka resleting atau bagian tertentu pada koper tersebut. Bisa jadi pilihan fleksibel.

Lapisan luar
Terdapat berbagai pilihan lapisan luar koper. Ada lapisan keras (hard case) seperti yang sering digunakan oleh koper-koper model lama, lapisan lunak (soft case) yang banyak diunggulkan pada koper-koper masa kini, serta lapisan kain atau kulit sesuai dengan kebutuhan.

Untuk yang sering membawa barang yang rapuh, koper hard case sangat cocok. Kekurangannya, koper jenis ini lebih berat walau dalam keadaan kosong. Saat ini koper tersebut mulai jarang digunakan. Sementara itu, koper soft case kini banyak menjadi primadona. Selain desainnya yang menarik, koper ini juga tergolong ringan. Beberapa merek juga ada yang tahan banting seperti koper hard case.

Koper dari bahan kulit biasanya merupakan koper eksklusif yang tahan lama dengan desain yang menarik. Umumnya koper-koper ini diproduksi oleh merek atau rumah mode ternama dan lebih berat dari koper soft case atau kain dengan ukuran yang sama.

Jangan lupa memeriksa jahitan pada koper Anda. Koper yang baik setidaknya terdiri dari dua jahitan pada satu bagian untuk mengurangi risiko kerusakan. Kualitas jahitan akan sangat diperlukan untuk Anda yang sering mengisi koper dengan bawaan penuh dan bahkan melebihi kapasitas. Koper dengan jahitan yang kurang baik akan cepat robek jika diisi terlalu penuh. Jahitan ganda ini juga wajib diperhatikan pada bagian resleting.

Kelengkapan
Jika memilih koper yang beroda, pastikan Anda mencobanya berulang kali sebelum membeli. Perhatikan bahan roda koper. Roda dengan plastik kualitas kurang baik akan mudah pecah dan rusak. Koper yang bagus memiliki dinding pelindung agar rodanya tidak mudah rusak dan tersangkut saat melewati jalanan yang buruk. Roda yang terbuka dan tidak memiliki pelindung cenderung mudah tersangkut atau patah saat mengarungi kondisi jalanan yang buruk.

Layaknya kendaraan, saat ini koper pun tersedia dalam roda dua dan empat. Untuk kepentingan mobilitas tentunya roda empat lebih nyaman ketimbang roda dua. Koper dengan roda empat membuat beban pada tangan Anda saat menarik tidak terlalu berat. Sedangkan koper roda dua menumpukan sebagian bebannya pada tangan Anda saat menarik koper.

Saat memilih koper beroda, perhatikan bagian dalamnya. Biasanya rangka roda akan memakan sedikit tempat di dalam koper. Usahakan pilih rangka yang tidak terlalu menganggu kenyamanan Anda dalam berkemas. Walaupun demikian, sebaiknya pilih koper dengan rangka penarik dan roda yang terlindung dalam lapisan ketimbang yang menempel di luar. Rangka luar lebih berisiko lepas atau rusak karena sering bergesekan, tersangkut, atau terbentur saat proses perjalanan dan penyimpanan bagasi di bandara.

Koper dengan kunci internal yang menempel tentu memiliki keunggulan tersendiri. Pastikan Anda mengubah angkanya agar tidak mudah menjadi korban pencurian. Sebuah survei pernah menemukan, rata-rata pemilik koper masih menggunakan password asli dari produsen yaitu 0000. Sebaiknya segera ganti password koper setidaknya sebelum pemakaian pertama.

Garansi
Koper berkualitas baik biasanya memiliki garansi dari produsennya. Perhatikan dengan baik kondisi garansi koper Anda. Apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung dalam garansi tersebut. Jika Anda membeli koper tersebut di luar negeri, pastikan apakah tersedia pilihan garansi internasional yang bisa diklaim di dalam negeri.

Sumber - http://id.berita.yahoo.com/trik-membeli-koper-untuk-berlibur-.html

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)