Saturday, July 7, 2012

Cara Mengetahui Produk Kosmetik Palsu di Toko Online

Hai hai reader :) selamat sore.. kembali lagi bersama Miss Purple disini :). Miss Purple masih membahas tentang Zona Wanita. yap, enggak jauh lah dari Kosmetik. nah, pernahkah anda belanja online ? pernah dong ya.. dan apakah Anda pernah menemukan produk maskara atau bronzer merek terkenal dengan harga murah? Pikir-pikir lagi sebelum membeli produk tersebut. Saya tidak bermaksud menakut-nakuti Anda apabila ada penawaran produk yang murah namun jika produsen kosmetik terkenal dan dijual dengan harga murah, Anda harus waspada.



Ditambah, siapa yang tahu apakah ada bahan-bahan yang tidak direkomendasikan untuk digunakan terkandung dalam produk-produk murah tersebut? Penelitian terbaru mengungkapkan, beberapa produk kosmetik palsu yang dijual di toko eBay misalnya, mengandung bahan-bahan berbahaya yang dosisnya 20 kali melebihi ambang batas yang diizinkan.nah, terdengar sangat mengerikan bukan? Kendati begitu, ada beberapa cara agar Anda terhindar dari produk-produk kosmetik palsu tersebut saat membelinya di toko online.

Percayai naluri Anda
Jika Anda merasa penawaran tersebut sangat aneh, mungkin karena memang begitulah adanya! Produk yang diindikasikan dapat dipalsukan seperti MAC, Bobbi Brown dan Smashbox sudah sangat lazim ditemukan di eBay karena kemasan simpelnya sangat mudah dipalsukan.

Sebaiknya Anda memeriksa juga masukan dari penjual dan mencari tahu bagaimana pendapat dan saran pembeli yang lain, apakah produk tersebut palsu atau tidak. Jika naluri Anda mengatakan bahwa produk tersebut palsu, maka percayailah naluri Anda.

Mencari tahu informasi mengenai produk
Bandingkan informasi produk yang ingin Anda beli dengan mengunjungi situs resmi produk tersebut. Apakah informasi mengenai warna produk tersebut ada dan apakah kemasan produknya berbeda? Produk eye shadow bermerek MAC biasanya tidak menyertakan kuas dalam ukuran kecil dalam produk mereka.

Tapi banyak produk palsu menyertakan kuas yang kecil. Contoh tipuan lain yang dibuat oleh penjual adalah adanya logo merek yang terdapat pada kuas yang disertakan dalam produk. 

Mengamati gambar produk
Amatilah gambar produk yang ditampilkan pada toko online tersebut. Bandingkan dengan gambar produk asli yang Anda punya atau yang ada di situs resmi. Apakah tulisan pada kedua produk tersebut berbeda? Apakah gagang dari kuas yang ada dalam produk yang akan Anda beli terlihat lebih cerah atau kusam dibandingkan kuas dari produk asli?

Apakah ada perbedaan jarak tulisan pada kedua produk? Setelah melakukan pengamatan gambar secara online seperti itu, akan jelas terlihat jika Anda mengamati detail-detail kecil. Namun akan terlihat perbedaan antara produk yang asli dan produk yang palsu saat Anda membandingkannya secara nyata.

Berbelanjalah di situs dengan reputasi yang baik
Saat keadaan ekonomi sulit, Anda lebih memilih produk yang murah, namun tanpa Anda sadari ada risiko produk yang tidak asli. Berbelanjalah di toko online yang menjual produk resmi untuk menghindarkan Anda dari produk palsu.

Perusahaan besar biasanya melakukan pengecekan yang ketat saat barang akan dikirim, sehingga Anda yakin Anda mendapatkan produk yang asli. Tahun lalu, saya membeli produk maskara palsu dengan merek Bobbi Brown. Saat barang tersebut tiba, kemasannya terlihat sangat berbeda dan terlihat murah. Sekarang saya hanya membeli produk kosmetik asli dari situs resmi atau pergi ke toko kecantikan ketika ingin membeli kosmetik baru.

Laporkan
Dari penjelasan di atas, sangat jelas bahwa para penipu selalu berusaha agar produk palsu mereka terlihat asli. Jika Anda memesan barang yang diduga palsu (selain tidak memakainya, ingatlah akan risiko bahan-bahan berbahaya yang mungkin terdapat dalam produk tersebut yang akan merusak kulit Anda), maka laporkanlah!

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Orang Bijak akan selalu berfikir sebelum bertindak .. maka berfikirlah sebelum menulis :D Komentar yang nano-nano akan saya hapus. Blogger Kece akan meninggalkan komentar yang bermutu.

Copyright © 2013 Miss Purple Life: Cara Mengetahui Produk Kosmetik Palsu di Toko Online | Blogger Template for Kicauan Vina | Design by Ais Bertuah |Edit by Elvina Yanti | DMCA.com
Flower 55