Dahsyat, Robot itu Bisa Digerakkan dengan Pikiran

Robot Bisa di Gerakan dengan Fikiran


Hai, selamat siang :) Masih betah dong nimbrung di Blog Miss Purple. kali ini Miss Purple akan membahas tentang Robot yang bisa di gerakkan dengan Fikiran. makin lama dunia ini, semakin canggih aja, sayangnya ga seimbang dengan ke-Imanan dan ke-Taqwaan manusianya terhadap keyakinan yang di anut. hmmm.. yuk mulai membahas tentang Robot yang keren ini.

Peristiwa ini tak terjadi dalam film Avatar yang disutradarai James Cameron, bukan pula angan-angan penulis novel sains fiksi. Khayalan mengontrol gerak robot lewat pikiran kini semakin dekat dengan kenyataan.

Konsorsium peneliti yang tergabung dalam proyek Virtual Embodiment and Robotic Re-embodiment (VERE) telah membuktikan bahwa mengontrol gerak robot dengan pikiran itu mungkin dilakukan. VERE ini merupakan konsorsium para ilmuwan dari Italia, Spanyol, Jerman, Austria, Prancis, Swiss, Inggris, Portuga, dan Israerl.

Tirosh Shapira, mahasiswa Bar-Ilan University yang berada di Tel Aviv, Israel, berhasil menggerakkan robot seukuran manusia yang berada di B├ęziers Technology Institute, Prancis. Bagaimana caranya?

Dengan alat FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging), tim VERE memindai perubahan aliran darah dalam otak Tirosh. Untuk menerjemahkan setiap perubahan aliran darah di otak Tirosh, tim peneliti di proyek VERE meminta Advanced Virtuality Lab membuat aplikasi khusus.

Hasil pemindaian otak Tirosh beserta hasil intepretasinya itulah yang dikirim lewat internet ke Paris dan langsung tersambung dengan "otak" robot. Setiap kali Tirosh ingin memerintahkan robot itu bergerak atau melakukan sesuatu, dia tinggal konsentrasi memikirkannya. Beberapa puluh detik atau menit kemudian, sang robot akan mengikuti perintah otak Tirosh.

"Sungguh luar biasa...aku merasa seolah-olah ada di sana dan menggerakkannya sendiri," kata Tirosh, beberapa hari lalu, seperti dikutip PCMag. "Kalian perlu konsentrasi penuh dan berpikir beberapa langkah ke depan karena ada jeda waktu antara pikiranmu dengan saat gerakan itu terjadi. Tapi setelah terbiasa, kalian akan merasa seperti seorang dalang."

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)