Google Nexus 7, Tablet Pertama Google Dengan Jelly Bean

Miss Purple Life


Bersamaan dengan acara Google I/O 2012, Google mengumumkan tablet pertama mereka yaitu Nexus 7. Tablet Google yang dibuat oleh Asus ini nantinya akan menjadi tablet pertama di dunia yang menjalankan sistem operasi Android 4.1 atau Jelly Bean.

Ada beberapa fitur baru yang cukup menonjol yang akan diperkenalkan di Android versi 4.1 ("Jelly Bean") kali ini. Antara lain Offline Voice Typing, sistem pengetikan dengan suara yang tidak membutuhkan koneksi Internet. Juga ada Google Now yang merupakan sistem informasi dan pencarian berbasis suara dari Google, guna menyaingi Siri.

Nexus 7 juga dirancang dapat menyuguhkan hiburan multimedia yang lebih baik dibandingkan yang sudah ada di tablet Android saat ini. Selain mendesain ulang tampilan YouTube versi Android, Google juga menyempurnakan Google Maps yang lebih optimal.

Dengan begitu pengalaman lebih baik bisa didapat tidak hanya dari segi hardware saja.

Dari segi spesifikasi, Nexus 7 cukup menjanjikan. Tablet pertama Google ini telah dilengkapi prosesor quad-core Tegra 3, GPU 12-core, RAM 1GB serta layar HD IPS 7 inci dengan resolusi 1280x800 pixel dan NFC (Android Beam).

Google mengklaim Nexus 7 (yang bobotnya sekitar 340 gram) dapat memutar video HD selama 9 jam dan memiliki masa standby mencapai 300 jam. Ini berkat baterainya yang berkapasitas 4325mAh. Layar Nexus 7 juga telah dilapisi kaca Corning Fit dan menggunakan teknologi "TruVivid" dari Asus.

Untuk kamera, hanya ada di bagian depan dengan resolusi 1,2 megapixel. Absennya kamera belakang tentunya tidak menjadi masalah mengingat memotret dengan menggunakan tablet bukanlah hal yang paling ideal.

Yang mengejutkan adalah harganya. Nexus 7 rencananya akan dijual mulai dari $ 199 untuk versi 8GB dan $ 249 untuk versi 16GB. Seperti biasa, tidak ada informasi kapan perangkat ini akan dijual di Indonesia. Juga ada kover yang mirip seperti "smart cover" iPad yang akan dijual $ 19.99 dan tersedia dalam 6 pilihan warna.

Harga murahnya ini juga akan membuka pasar baru yang belum disentuh tablet murah keluaran Amazon yaitu Kindle Fire yang memang dijual di kisaran harga yang sama.

Bahkan Nexus 7 jauh lebih unggul dari sisi spesifikasi yang sudah mengemas GPU 12 core keluaran Nvidia. Dengan Google Nexus 7, produsen tablet Android lain sepertinya akan "terpaksa" menurunkan harga jual tablet Android 7 inci berikutnya yang berbasis Jelly Bean.

Jadi jika saat ini kebanyakan tablet Android dengan layar 7 inci dan mengusung spesifikasi di atas rata-rata masih bertengger di kisaran Rp 3 jutaan ke atas, tampaknya hal itu akan segera berubah setelah kemunculan Nexus 7.

Intinya, konsumen segera akan dimanjakan dengan penawaran tablet canggih tapi murah. Teka-teki terbesarnya, kapan tablet ini akan resmi masuk ke Indonesia dan apakah harganya akan sama seperti harga untuk pasar Amerika Serikat seperti yang diumumkan saat ini?

wahhh, semakin hari semakin banyak gadget yang akan di beli. hidup terus berkembang. makan bersiaplah anda untuk perkembangan selanjutnya :) tetap semangat, tetap membaca..

Sumber - http://id.berita.yahoo.com/blogs/jagat-pintar/tablet-pertama-google-dengan-jelly-bean.html

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)