Skip to main content

Kuota Nyaris Habis, Premium di Yogya Bakal Langka

Selamat siang reader!! kembali lagi bersama Miss Purple yang selalu semangat dan seria untuk memberikan info kepada pembaca setianya :) hahaha.. semangat semangat! waluapun kerja numpuk segunung, tetap senyum :) di postingan blog kali ini, Miss Purple akan membahas tentang BBM eits, bukan Blackberry Messenger yaa.. haha yuk dari pada dengerin Miss Purple bercuap-cuap terus, yuk simak informasinya berikut ini..


Miss Purple Life



Sisa kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2012 ini hanya tinggal sebesar 4 persen. Dengan kondisi itu, diperkirakan BBM bersubsidi bakal langka di Yogyakarta.
Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM DIY Edy Indrajaya dalam seminar "Rencana Umum Energi Daerah" di Grage Jogja Hotel akhir pekan lalu menyebutkan, pada 2012, DIY mendapatkan jatah Premium sebesar 486 ribu kiloliter. Dari jumlah itu, hingga Mei lalu sudah dipakai sebesar 462.408 kiloliter.
»Jadi sisanya sekarang tidak lebih dari 24 ribu kiloliter untuk dikonsumsi hingga akhir tahun nanti,” kata Edy.
Posisi Yogyakarta sebagai daerah kunjungan wisata juga mempengaruhi tingkat konsumsi Premium. Banyaknya kendaraan pribadi dari luar daerah yang membawa wisatawan di Yogyakarta, seperti pada musim libur sekolah saat ini, juga menambah beban konsumsi BBM bersubsidi.
Terkait imbauan Presiden SBY mengenai pembatasan BBM bagi kendaraan dinas, dia mengatakan, baru berlaku efektif pada Agustus nanti. »Agustus nanti, mau tidak mau kendaraan dinas tidak boleh lagi pakai Premium,” kata dia.
Data Dinas Pekerjaan Umum DIY mencatat realisasi penyaluran BBM bersubsidi di daerah itu terus melonjak dari tahun ke tahun. Pada 2008, konsumsi Premium mencapai 364.473 kiloliter. Sementara pada 2009 mengalami kenaikan sekitar 7,64 persen dengan tingkat pasokan Premium mencapai 392.320 kiloliter. Pada 2010, jumlah konsumsi Premium menjadi 425.688 kiloliter atau mengalami kenaikan mencapai 8,51 persen. Pasokan dan konsumsi kembali mengalami kenaikan pada 2011, karena dari catatan pemerintah, DIY menghabiskan 458.064 kiloliter Premium.
"Sepeda motor masih menjadi pengkonsumsi terbesar Premium," kata dia. Dinas ESDM DIY mencatat pemakaian energi pada 2007, sepeda motor menggunakan 1.015.229,49 selang bahan minyak (SBM-satuan). Disusul mobil penumpang yang hanya menggunakan Premium sebesar 726.016,91 SBM. Diprediksi, pada 2014 mendatang, kebutuhan energi jenis Premium di DIY akan mencapai 2.713.01 ribu SBM.
Pengamat ekonomi energi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Lilies Setiartiti, yang jadi pembicara juga mencatat konsumsi Premium di Yogyakarta paling tinggi untuk sepeda motor. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kendaraan roda dua tersebut yang dimanfaatkan masyarakat sebagai penunjang aktivitas. Dari penghitungannya, rasio jumlah sepeda motor di DIY mencapai dua unit untuk setiap satu keluarga.
»Kalau rasionya satu keluarga ada dua sepeda motor, maka setidaknya dengan 750 ribu keluarga di DIY, maka jumlah sepeda motor mencapai 1,5 juta unit. Sementara Premium harganya murah, hanya Rp 4.500 per liter. Akhirnya konsumsi Premium menjadi tinggi,” kata Lilies.

wah! rada rawan juga ya. kalau yang namanya bensin langka itu, haduh! bikin pusing, belum antrinya.. ntar udah antri ga dapat pulak.. haduh memang sangat menyulitkan.. coba aja Bensin itu bisa di ganti pake air, kan enak di rumah masih ada stok air  :) tetap membaca tetap semangat reader..

Comments

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …