Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar


Hai Hai selamat sore sobat setia pembaca Miss Purple :) kembali lagi dengan Miss Purple di sore hari yang berbahagia ini..mungkin ada yang lagi weekend dengan keluarga, temen, someone, atau lagi bergalau ria di depan kaca.. wkwkw *ngapain? mana tau mau membandingkan mana yang lebih cakep.. hihihihi Yuk Kita masuk ke topik.. artikel yang akan Miss Purple posting kali ini temanya tentang "Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar". Yang hobinya berwisata atau bahasa kecenya Traveling *muahahaha udah ga asing lagi deh dengan tempat ini, atau yang hobinya Hunting.. Ombak Bono sungai kampar termasuk wisata indonesia yang udah mulai di kenal diluar indonesia lo sobat.. Yap bagi warga Riau apalagi kan. Yuk Intip sejarah Singkatnya dulu.. Mungkin sobat pembaca ga semuanya orang Riau ya atau berdomisili di daerah Riau dan sekitarnya. jadi Miss Purple akan share sedikit info tentang Ombak Bono ini :)


Bono Sungai Kampar





Pertama Miss Purple akan membahas tentang Terjadinya Ombak Bono atau Bono Wave.

Proses Terjadinya Ombak Bono

       Sobat pembaca sekalian, dari segi Ilmiahnya, Ombak Bono ini terjadi karena adanya pertemuan antara arus sungai dengan arus laut yang menuju ke arah hulu dan hilir. uwuwuwu so sweet akhirnya mereka bertemu *okeh lupakan* yuk lanjut lagi.. hihihi~ Pertemuan antara arus sungai dengan arus laut ini menyebabkan satu gelombang besar. kalau belum pernah lihat, sobat pembaca pasti pernah traveling ke pantai dong ya, nah gelombangnya itu mirip sama gelombang yang ada ditengah laut sobat, wajar aja kalau beberapa warga agak takut pada awalnya. fiuh~~ dan woww nya lagi, fenomena ini terjadi sedikitnya di 4 dunia, dunia mimpi, dunia gaib, wkwkw, bukan dunia itu ya sobat, terjadinya di 4 daerah di dunia, dan salah satunya Indonesia iya Indonesia.. wawwww *terharu, tepatnya di daerah Desa Teluk Meranti, adakah salah satu dari sobat pembaca yang tinggal di sekitaran sana?? seru dong ya bisa lihat tiap hari :D hihihi,  dan pastinya masih wilayah Riau Indonesia, ya iyalahh -_-. dan ada lagi nih gelombang Bono yang lebih kecil ditemukannya di Riau juga, tepatnya di Sungai Rokan. Fenomena seperti ini juga terdapat di Pororoca, Sungai Amazon. 
       Ombak Bono atau Bono Wave tadi, terjadi di Sungai Kampar sobat.. biasanya terjadi pada saat pasang naik terjadi di laut. nah setelah itu air pasang tersebut kemudian menju ke Sungai Kampar. dan selanjutnya kecepatan atau speed dari arus di Sungai Kampar ini akan berbenturan dengan air pasang naik dari laut maka terjadilah gelombang yang dinamakan Bono Wave tersebut. kira kira sudah faham dong sedikitnya  tentang Bono Wave ini sobat :), ohiya,  Bono Wave terjadi apabila air laut pasang, semakin besar air pasang yang terjadi di laut, maka Bono Wave yang terjadi akan semakin besar. Kira-kira rumusnya begitu, hahaah :D dan faktor hujan juga dapat menentukan besar kecilnya gelombang yang terbentuk Sobat Purplicius bisa bayangkan apabila kondisi curah hujan tinggi dan air pasang di laut cukup besar, maka kondisi Bono Wave juga akan semakin lebih besar lagi.. wawwww yaaaa, yang jago surfing monggo kesiniii.. nanti Miss Purple bantuin tiup biar Bono Wavenya makin tinggi *eh infonya lagi Kecepatan dari gelombang ombak Bono mencapai 40 km/jam.. setara dengan Miss Purple bawa motor -__-

nah, diatas kan kita bahas proses terjadinya tuh~~  nah sekarang kita bahas sedikit sejarahnya, nih serba sedikit nih.. kalau banyak banyak takutnya ga muat -_- wkwkwk

Sejarah Ombak Bono

Nah, Sobat Miss Purple yang kecenya ga abis abis, Dulunya gelombang Bono ini ditakuti oleh masyarakat Desa Teluk Meranti, gimana ga takut coba kan, kalau anaknya main main kesana bawa papan cucian emaknya buat surfing kan ga lucu hihihi *lanjuttt~.Dulunya banyak kapal-kapal yang karam akibat gelombang raksasa ini. gak heran dong kalau masyarakat Teluk Meranti menyebut Bono sebagai jelmaan dari 7 mahluk halus. tapi, dibalik cerita agak seram ini, Gelombang Bono telah menyihir para peselancar internasional untuk datang dan membuktikannya sendiri. Seiring berkembangnya wisata selancar Sungai Kampar, masyarakatnya mulai menyadari manfaat atau peranan penting gelombang Bono dalam perekonomian mereka, jelas dong yaa, yang namanya wisata itu ga jauh dari perekonomian...  karena Bono Wave ini salah satu wisata terpendam didaerah Riau,, gelombang ini datang ada tandanya loh sobat, biasanya disertai dengan gejala alam yang tidak biasa. seperti  tiba-tiba yang nulis nih artikel mendadak kece, wkwkwkm ga deh bercanda.. tandanya langit menjadi berwarna gelap dan turun hujan rintik-rintik tik tik tik~~~ ..

Rute Menuju Ombak Bono

Untuk mencapai daerah wisata ini, kita dihadapkan oleh dua pilihan.. ya tergantung sih kitanya dari mana dulu,, kalau dari atas pake helikopter aja terus turun di tengah bononya :D hihihi.. Miss Purple dapat info kalau ada 2 Jalur untuk menuju ke lokasi ombak Bono Desa Teluk Meranti Kuala Kampar ini.. apa saja ? yuk scrolll teruss kebawah .. 

Pilihan Pertama kita bisa menggunakan Jalur darat. Kalau sobat starting dari Kota Pekanbaru, Sobat bisa menuju ke Kota Pangker atau Pangkalan Kerinci.. hihihi, yang juga sebagai ibukota Kabupaten Pelalawan, kemudian sobat bisa menuju Desa Teluk Meranti. Perjalanan ini bisa Sobat lakukan menggunakan transportasi darat seperti sepeda (kalau sanggup), mobil, bus, motor dan sejenisnya, selagi masih di darat masih bisa di pakai yang umum ya, ga tau deh kalau sobat mau coba pake odong-odong hihi xD. Waktu yang di perlukan antara 5 s/d 6 jam untuk sampai ke lokasi, kurang lebih mohon maaf ya.. tapi ini tergantung juga sih, kalau jalanan dipenuhi warga yang lagi demo masak, yang mengakibatkan jalan tertutup bisa menambah waktu sobat dijalan juga sih.. Perjalanan dari Pekanbaru - Pangker ini akan melalui Jalan Lintas Timur Sumatera yaph tempat Miss Purple sempat nyasar kemarin -_-, waktu tempuh sekitar 1-2 jam. next, dari Pangker to Simpang Bunut memakan waktu kira-kira, nih kira-kira yaa 30 menitan. lalu perjalanan dilanjutkan setelah sobat sudah memasuki Jalan Lintas Bono menuju ke Desa Teluk Meranti yang akan memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk sampai ke lokasi. lumayan juga ya -__-

Untuk Warga Indragiri Hulu dan Siak, maka Sobat juga bisa menempuh jalur darat, tapi harus ke Kota Pangkalan Kerinci dulu, baru  lanjutin rute di atas.

Pilihan kedua, Via Campuran nih.. melalui jalur darat - air. Kalau Sobat Miss Purple lebih suka menggunakan transportasi air, Sobat juga bisa mencapai lokasi ombak Bono Teluk Meranti. Caranya gimana?? cara yang harus Sobat lakukan pertama kali adalah via darat dulu menuju jembatan Kerinci yang letaknya setelah kota Pangkalan Kerinci kalau dari arah Kota Pekanbaru yaa. atau mungkin kalau sobat dari arah Indragiri Hulu maka letaknya pindah lagi, jadinya sebelum, ga jauh-jauh banget dari Kota Pangkalan Kerinci. nah setelah itu, dari jembatan yang di bawahnya mengalir air sungai tersebut, Sobat bisa naik speed boat untuk menempuh perjalanan air.  Seru kan, perjalanannya aja udah seru.. apalagi kalau sudah di tempat wisatanya .. waaaaah... nah, waktu yang dibutuhkan ke Pelabuhan Pulau Muda kira-kira 4,5 jam. Atau sobat juga bisa naik kapal yang menuju arah Tanjung Batu. 

Ombak Bono atau Bono Wave

Dan Wisata Bono ini pernah di pamerkan di ITB Berlin-Jerman,, bukan Institut Tekhnologi Bandung yaa.. tapi International Tourism Bourse. Yang laksanakan pada tanggal 5-10 Maret 2013 yang lalu di Berlin-Jerman.. Negara dimana Habibi banyak menciptakan Hak Patennya hoho.. Pembukaannya di buka secara resmi oleh orang nomor satu di Indonesia, Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono *matabelo* bersama Kanselir Republik Federal Jerman Angela Makel yang juga menjadi ajang pengenalan beragam destinasi wisata yang menarik dan kompetitif selain Bali, salah satunya adalah destinasi wisata gelombang Bono (Tidal bore) yang terdapat di Sungai Kampar – Riau, nah Orang dari negara luar aja ikut serta.. bayangkan~~ ternyata udah sampai di Luar Negri loh sobat.. amazing sekalii.. *terharu tisu mana tisu*..  ternyata masih banyak harta karun terpendam di Riau ini. tapi kenapa warga Riau malah pergi liburan sampe jauh banget yak?.. tapi yasudahlah .. inilah salah satu Wisata Asli Indonesia yang berada di Riau.. jangan lupa berkunjung dan Nikmati suasana naturalnya sobat :)

Apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata ombak bono? kalau menurut Miss Purple sih ya,, yang Hobinya Surfing, Hunting, dan semacamnya gitu.. bisa disini ni.. kayaknya keren juga tuh kalau hunting disini, apalagi tepat dibawah ombak bono nya *eh ahahaha yuk kita lestarikan, agar anak cucu kita nantinya juga bisa menikmati tempat wisata ini.

Baiklah berhubung Suara Adzan telah berkumandang, Miss Purple segenap kru yang bertugas pamit undur diri.. *anggaplagi jadi reporter mendadak* 
Demikian Laporan yang dapat Miss Purple laporkan dari Rumah. Salam terkece Sobat Miss Purple .. huahahaah

14 comments:

  1. Wah baru tau saya ada yang beginian, Padahal tadi lewat situ.
    Gak sempat photo-photo
    Rengat - Pekanbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckck .. vina udah tau tapi ndak pernah kesana -_-

      Delete
  2. ajiiib dah si bono
    keren mpe trekenal di seluruh dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om .. bertuah bentar lagi juga om :D

      Delete
  3. itu banner kontesnya kok dipaste di sidebar?
    dalam postingan seharusnya...!!
    mohon di edit segera ya...

    ReplyDelete
  4. Semoga Wisata Bono SUngai Kampar dapat lebih dikenal. Semoga berhasil dan sukses.

    ReplyDelete
  5. owuuooo aku tadi baru lewat pangker, hhe ternyata lewat sana ya lokasinya,,
    tapi kalau aku kesana, paling cuma ngambang,, wuakaka, moga menang ya vin :D

    ReplyDelete
  6. kereeeen hahaha semoga kita bisa masuk 2 post terbaik ya hehe:)

    ReplyDelete
  7. Kapan ya gw bisa jalan kesana?? mau hunting naik perahu dan helikopter... wkwkwk #mimpi. sukses ya

    ReplyDelete
  8. wih bener cocok tuh hunting mah wkwk *siapin SLR

    ReplyDelete
  9. wah aku orang pekanbaru yg dekat kampar belum pernah melihat langsung bono..haha
    semoga menang elvina :)

    ReplyDelete
  10. Kapan nih Vin kita maen ke situ... hahay...

    ReplyDelete
  11. Keren artikelnya Vin. lumayan detail, dan menggelitik. semakin banyak nulis , semakin dapat passion nya.
    Keep Calm & Win Giveaway! ^^

    ReplyDelete

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)