Hari ke #3 Pelatihan Blog "TOKO ONLINE" di UR oleh Bertuah

Hai hai pembaca setianya Miss Purple.. mau tau lagi dong bagaimana kelanjutan pelatihan di BEM UNRI...? nah ini lanjutannya.. ga kalah seru dari kemarin, karena hari ini adalah hari terakhir Pelatihan.. huft cukup lega, but happy ye yeeee....
Okelah, ini sambungan postingan kemarin.. sebelumnya, di hari terakhir ini para sesepuh bertuah pada hadir ni, seperti Om didit, Bang Embun, Bang Tommy, bang Rizky, Bang Kurnia, Bang Bujang dan masih banyak lagi yang ga kesebut -_-.
Well, kita masuk ke topik lagi, hari ini tanggal 25 May 2013 memang hari terakhir pelatihan, ga nyangka ternyata pesertanya lumayan banyak dari yang kemarin. karena hari libur kali yak.. bodo ah, yang penting rame.. dan pemateri pagi ini nyampur ada bang Embun dan Bang Rizky. di akhir pelatihan, ada tanya jawab nih.. dan lumayan banyak yang bertanya tentang Toko Online ini.. apa sih keuntungan dari Toko Online ini..? bisa ga ngeBlog ini dapat duit selain dari cara Toko Online? misalnya jadi penulis gitu.. dan masih ada beberapa pertanyaan lagi. yang Miss Purple tangkap dari mentor Bertuah : 

Keuntungan Toko Online ini pertama kita ga perlu buka toko offline, atau bagi yang punya model lebih bisa saja buka toko offline, dan memasarkan lewat blognya. jadi kita tidak perlu lagi menggunakan spanduk dan atau brosur-brosur lagi. lumayan menghemat kan? dan juga pengguna internet sudah semakin banyak tiap tahunnya bertambah, apalagi peminat belanja Online.dan seperti Masukan dari Mentor juga, jangan hanya menggunakan blog, tapi gunakanlah social media sebagai media pendukung pemasaran. seperti facebook dan juga twitter, atau BBM. semua pendukung tersebut bisa menjadi media untuk peningkatan usaha online kita. 

Dapat uang dari Blog ga cuma buka Toko Online aja, dengan menulis kita juga dapat mencari keuntungan, misalnya preview atau ulasan tentang buku. bisa aja kan? atau kita lagi hobi nulis nih, trus tiba-tiba ada anggota sebuah penerbit yang baca kan? mana tahu dia mau menawarkan.. huahahahaa :D

ohya, pasti ada yang bertanya, gimana sih caranya buka Toko Online.
1. Buat Blognya. tentukan nama blog, kalau bisa jangan terlalu panjang agar mudah di ingat.
2. Tentukan apa yang akan kita jual, kalau bisa yang kita jual ini barangnya jelas.
3. Lengkapi blog dengan :
  • contact us (bagaimana pembeli bisa menghubungi kamu untuk info lebih lanjut tentang barang, biasanya disini dilengkapi dengan No. Hp / Telp. akun YM atau Pin BBM)
  • How To Order (biasakan untuk menyediakan sebuah page berisi  tentang bagaimana cara mengorder barang yang kita jual, agar si pembeli tahu Tos nya, atau tata cara belanja di Toko Online kamu)
  • About us (ini juga perlu ada di Toko Online kamu, jadi si pembeli percaya kalau ini bukan toko abal-abal atau tipu-tipu. dan lengkapi dengan alamat toko asli dan foto tokonya apabila ada, atau alamat rumahnya sipenjual.. hihih ) 
  • Testimonial (testimonial ini diisi dengan komentar positif yang diberikan oleh para pembeli kamu)
  • lengkapi juga dengan memasang banner bank yang support dengan toko online kamu, serta tracking untuk jasa pengirimannya.
4. Beri label atau kategori pada setiap postingan, dan 1 postingan harus mempunyai 1 label. agar tidak membingungkan pada kategorinya.
5. tambahkan kolom komentar, tapi komentarnya di set moderasi agar komentar terkontrol tanpa adanya spam, atau hate yang dapat merusak citra Toko Online
6. atur tampilan blog sebagus mungkin, setidaknya pembeli mengerti apa isi dari blog kita, jangan sampai tulisannya terlalu unyuk jadi pembeli tidak dapat membacanya. kalau bisa tulisannya Jelas dan harganya juga jelas. jadi tidak ada kesalahpahaman untuk selanjutnya.
7. update terus Toko online kamu, dan jangan lupa update No. Resi pengiriman barangnya.

Maybe itu aja ya.. hihihi.. dan diakhir acara, Bem UR ngajak Tim bertuah Diskusi sekaligus pengenalan anggota bertuah dengan BEM Unrinya. bertuah sekalian share tentang bertuah, disana dihadiri juga oleh Presiden.. wahhhhh, Presiden Mahasiswa maksudnya.. hihihihi,... dan ya, pelatihan berakhir bahagia... jadi terharu *tisu mana tisu* dan ending diakhir dengan foto bersama BEM Unri dan Bertuah.

Miss-Purple-Life-Pelatihan-Blog
Foto Bersama Anggota Bertuah dan BEM Unri


Foto oleh : Irhas Ihsan

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)