Postingan kali ini dengan tema yang diberikan oleh Team AseanBlogger, akan membahas tentang Laos Tanah Yang Terkunci. Sedikit tentang Negara Laos.

Nama resmi : Rep. Demokratik Rakyat Laos
Ibukota : Vientiane
Luas wilayah : ± 236.800 km²
Jumlah penduduk : 5.635.967 (2002)
Kepadatan : ± 24 jiwa/km²
Agama : Mayoritas Buddha (50%) dan Tribal, agama-agama lain adalah Islam dan Kristen
Suku bangsa : Lao (48%), Mon Khmer (25%), Thai (14%), Meo dan Yao (13%).
Mata uang : Kip
Bahasa : Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai
Lagu kebangsaan : Sad Lao Tang Te Deum Ma’khun Sulu Sa You Nei Asie
Kemerdekaan : 19 Juli 1949 (dari penjajah Prancis)

Negara Laos memiliki sumber-sumber tambang mineral, seperti timah, tembaga, emas, dan perak. Laos juga mempunyai wilayah perbukitan dan pegunungan yang tertutup hutan lebat, sehingga menghasilkan kayu sebagai salah satu komoditasnya. Ini merupakan kekayaan alam yang di miliki oleh Negara Laos. Dengan kekayaan alam yang dimilikinya ini, Laos sangat berpotensi dalam bidang industri.

Dalam perkembangannya, Laos juga berencana untuk membuat Taman Nasional yang di perkirakan akan mendunia. Dan akan menjadi Taman Nasional terbaik di Asia. Coba bayangkan, di segi kekurangannya tidak memiliki daerah perairan, Laos banyak menyimpan kekayaan alam dan wisata. Di Laos, budayanya masih kental banget, masih banyak candi-candi dan masyarakatnya yang menjaga budaya dari segi bahasanya. 
 
Disana juga banyak candi-candi peninggalan sejarah kuno dari zaman zaman sebelumnya, yang masih terjaga dan tetap dilestarikan.


Budha Park Laos


Dengan kekayaan yang dimiliki oleh Laos ini, seharusnya banyak warga mancanegara yang mau berinvestasi disana. Dan Investasi Diplomatik yang dapat dilakukan adalah :

  1. Export bahan tambang seperti timah, tembaga, dan emas.
  2. Export bahan industri seperti kayu, dan bisa juga warga negara lain berinvestasi yang juga akan dapat memajukan ekonomi di Laos.
  3. Mulai membuka diri dengan bekerja sama dengan Negara - Negara lain dalam hal Ekspor dan Impor.
  4. Membuka lapangan pekerjaan untuk warga negara asing.
  5. Melakukan pertukaran pelajar maupun tenaga kerja dalam meningkatkan sumber daya manusia.
Dan bangkitlah Laos!! Negara indah kaya dan unik ^^ banyak hal yang bisa di lakukan untuk mengembangkan wilayah penuh peninggalan sejarah.
 


Malam ini adalah malam yang nggak jelas banget bersama manusia salah gaul bernama Tari. Awalnya nggak ada firasat apapun ketika bertemu manusia satu ini. Malam itu memang nggak terlalu indah ditambah lagi bertemu dengan makhluk yang bernama Tari.

Hari ini malam jum'at. Biasanya Tari mangkal, cuma kebetulan lagi cuti *lah?. Nggak Tari tetap dinas dengan Saya yang menjaga lilinnya.

Awalnya cuma mau ketemu Tari di tempat kerjanya, ada yang mau ditanyain juga sih. Eh ternyata malah kepikiran untuk ngajakin Tari makan malam bersama atau bahasa kerennya dinner bareng Tari. Hingga saat ini, firasat dan perasaan masih baik-baik saja tanpa ada hal yang mengganjal. Kecuali perutnya Tari. Tari adalah teman SMP yang sering dan akrab disapa 'Makwo'.

Waktu sudah menunjukan pukul 21.00 Wib, Jam kerjanya Tari udah selesai. Akhirnya Saya dan Tari melaju menuju lokasi yang menyediakan makanan untuk manusia. Yaa kami berdua, tapi ini bukan perjalanan romantis.

Dalam perjalanan mencari tempat makan, tiba-tiba firasat mulai nggak enak. Nggak tahu juga kenapa bisa tiba-tiba berubah secepat itu. Tari ngajakin makan di D'Panekuk yang berada di Jl. Cemara, agak jauh sih. Karena hari sudah terlanjur malam, jadinya Tari memutuskan untuk tetap dipilihan pertama. Di Warung Steak and Shake. 

Sesampainya di lokasi, kami langsung menuju tempat duduk bagi para tamu dan memesan menu yang diinginkan. 2 Hari sudah kami membalik-balikkan menu. Akhirnya Tari memesan Tenderloin Double dan Ice Lemontea, sedangkan Saya memesan Chicken Double dan Air mineral. Setelah memesan makanan ini, kami melanjutkan cerita bodoh dan hahahihi nggak jelas. Sambil menunggu pesanan yang 'agak lama ya' datangnya, kami masih seru-seruan sambil hahahihihi. Beberapa hari kemudian, pesanan kami datang. Tanpa babibu dan pikir panjang lagi, kami menyantap hidangan itu tanpa dosa.

Setelah semua hidangan habis, dan hanya tersisa hotplate kosong. Perasaan kenyang pun mulai menghampiri Saya dan Tari. Tak terasa malam sudah semakin larut. Kami masih menikmati malam berdua *Loh? dan akhirnya kami memutuskan untuk membayar tagihan agar dapat pulang kerumah masing-masing dengan selamat sentosa. Saya mengeluarkan sejumlah uang dan Tari masih sibuk grepe-grepein tasnya. Mau nyari wangsit mungkin.

"Makwo, ada uang seribu nggak?"
Tari masih krassak krusuk panik nggak jelas.
"Ngapa makwok ? seribu ada nggak ?"
"Mampus!! Aku lupa bawa dompet. Dompet ketinggalan di Toko" *panik stadium lanjut*

Hening

Suasana sempat hening sebentar. Hingga pada akhirnya Saya pun terkena virus paniknya Tari dan ikut grepe-grepein tas sendiri.

"Seriuslah makwok, Aku lagi nggak ada uang cash. lagian tanggal tua ni" *ikutan panik*
"Seriusss Vina, ngapain Aku bohong, tinggal di dalam laci Toko dompet Aku" *mencoba meyakinkan*
" Zzz, lewatlah ini. bentar Aku liat duit Aku dulu, cari masalah aja si makwok ni" *krasak krusuk*
" Pantasan tas Aku ringan, rupanya dompet Aku tinggal" *tampang tak berdosa*
" Emang seberat apa dompetnya.. zzz"
"Jadi gimana nih Vina??" *mata nanar*
"Bentar, Aku liat duit Aku dulu." *sambil keluarin uang sepuluh ribu-an* 

Beberapa saat kemudian, setelah grepe-grepein tas, akhirnya ada pencerahan. Karena Saya suka serakin duit kembalian gitu di dalam tas.

"Ini makwok, coba hitung dulu. Cukup nggak?"

Tari mecoba menghitung. Ketahuilah saat itu angka yang tertulis di bill kami sekitar Rp 41500,- 

"39000 masih Vin"
"Hitung bagus-bagus dulu, nggak ada uang Aku lagi"

Saya masih berusaha mencari uang yang terselip di tas dan dompet, kali aja ada keajaiban.

"Yes! dapat seribu"

Saya langsung memberikan uang yang di temukan dari dalam dompet kepada Tari. Itupun masih kurang, uang parkir belum ada. Saya masih berusaha mencari uang didalam tas.

"Tariii !! ada nih uang Aku 1000 lagi" Sahutku gembira seperti anak kecil diajak main ke Ragunan.

Lalu kami langsung menuju kasir. Abang-abang kasir yang melihat kami sudah panik seperti di kejar suami tetangga cuma cengar-cengir senyum nggak jelas.

"Kurang 500 lagi ini Mbak " Ngik.

Lalu Saya dan Tari berdiskusi kembali.

"Ada duit lagi makwok?" Aku berkata sedikit berbisik, ya mungkin Abang-abang itu masih dengar.
"Udah jelas dompet Aku tinggal Vin, mana ada uang Aku" balas makwok tanpa dosa.

Abang-abang kasirnya masih senyum-senyum.

"Ya udah dek, nggak apa-apa bawa saja" abang-abangnya sambil senyam-senyum.

Dan akhirnya kami keluar tanpa harus nyuci piring dulu. Tapi masih ada 1 problem lagi, UANG PARKIR!!. Tari masih mencoba mencari-cari benda yang biasa di sebut uang ditasnya, akhirnya ditemukan uang sejumlahh 700 rupiah.

"Yaa Salam Tariiiiiiiiiiiiii" teriakku lirih.

Saya kembali membuka dompet, kali aja menemukan uang seratus ribu meskipun itu hanya mimpi. Akhirnya Saya menemukan sejumlah uang dengan nilai dua ratus rupiah. Total uang yang sudah kami kumpulkan hingga saat ini adalah jreng jreng.. Sembilan ratus rupiah. Horeee!! Ya sudah, kami sudah menyerah dengan keadaan malam ini. Hanya bisa pasrah!

Dan akhirnya kami pulang, dengan memberikan sekumpulan uang terakhir kepada petugas parkir.

Dalam perjalanan pulang Saya dan Tari masih bisa tertawa karena kejadian di Warung Steak tadi.

"Untung tahunya dompet tinggal pada saat makanan udah habis, kalau belum habis, nggak selera Aku makan. Dan untung juga pesanan makwok ndak mahal-mahal ya. Untungnya lagi uangnya bisa di pas-paskan"

Orang Indonesia memang begitu, semepet-mepetnya hidup, masih ada kata "Untung".

"Iya Vin, anggap aja malam ini malam yang unik dan lucu ya Vin" Tari terharu.
"Coba pada saat mau makan tadi tuh Tar, mending kabur kita dari pada jadi tukang cuci piring"

Suasana hening dipecah oleh gelak tawanya makwok yang menggelegar.

Di tengah perjalanan Saya kembali membuka pembicaraan setelah Makwok selesai dengan ketawanya.

"Eh, hari ini hari apa ya??"
"Hari ini hari kamis, kenapa?.
"Wahh berarti malam ini bisa di bilang Tragedi Malam Jum'at"

Kami pun tertawa bersama. Akhirnya, kami pulang dengan rasa, antara sial, apes, unyuk, unik, dan ntah apalah lagi itu istilahnya. Berikutnya mesti hati-hati apabila bepergian dengan Tari.

Inti dari perjalanan dan kisah malam ini adalah, seberapapun kecilnya hingga uang recehpun, hargailah! Karena suatu saat pasti kita akan membutuhkannya. Begitupun kehidupan manusia, Kaya Miskin, Pejabat maupun orang pinggiran, suatu saat pasti bakalan saling membutuhkan.


   



Tragedi Malam Jumat

by on August 30, 2013
Malam ini adalah malam yang nggak jelas banget bersama manusia salah gaul bernama Tari. Awalnya nggak ada firasat apapun ketika bertemu ma...
Selamat pagi kicauers, hari ini kicauanvina bakalan menulis tentang Indonesia bersama Vietname menuju kopi mendunia. hhohoho, agak berat sih bahasanya tapi ya begitulah. tulisan yang di tulis sendiri oleh Elvina Yanti.
Yukk capcus kita mulai...
Sedikit cerita tentang Vietnam dan Indonesia tentang kopi. Siapa sih yang tidak kenal sama yang namanya Kopi? dari yang muda hingga yang tua rata-rata kalau nongkrong, kopi nggak pernah tinggal. Apalagi belakangan ini sudah semakin banyak kopi yang beredar. dapat dilihat dari Iklan yang ada. Nah, beruntungnya Negara kita Indonesia dan Negara sahabat Vietnam menjadi Negara penghasil Kopi terbaik di dunia. uwoww banget kan..

Indonesia dan Vietname sama sma mempunyai Kopi yang terkenal di Dunia. dimana posisinya Vietnam lebih unggul di posisi kedua sedangkan Indonesia ada di posisi ketiga. Tapi, hal ini tidak dapat di ambil sisi positifnya, persaingan yang baik antara dua Negara dapat di ubah dengan kerjasama. Dulunya, masyarakat Vietnam mengenal kopi dari Indonesia, karena rasa keingin tahuan yang tinggi mereka mencari tahu bagaimana budidaya kopi dan pelestarian, perawatan dan pengembangannya. Karena cuaca dan tanah yang cocok untuk bertanam kopi jarang ada dan susah di temukan di Vietnam, mereka merubah sungai Mekong menjadi lahannya. Hingga sekarang kopinya masih terkenal dan harumnya juga tersebar di Indonesia. Di Indonesia sendiri juga ada yang membuka Cafe untuk  citarasa kopi Vietnam ini. di Vietnam juga begitu. karena sudah mulai berkembang, di Vietnam pemerintahnya juga turut andil dalam melestarikan produksi kopi ini. Mereka terus mencari Sumber daya manusia untuk dilatih dalam pelestarian dan pengembangan kopi ini. ini sekilas tentang kopi Vietnam. www.kicauanvina.com

Untuk di Indonesia sendiri, yang mempunyai cuaca dan lahan yang bagus dan sangat cocok untuk bercocok tanam. Lahan yang bagus cuaca tropis dapat membantu kopi tumbuh subur dan dapat menciptakan citarasa kopi yang enak. berbeda dengan Vietnam yang susah mencari lahan dan cuaca yang berbeda denngan Indonesia. Di Indonesia pelestarian dan pengembangannya sangat di jaga, tapi oleh perusahaan atau pribadi.Pemerintah belum terlalu memperhatikan hal ini berbeda juga dengan Vietnam.

Kopi-kicauanvina-kopi-


Untuk menjadi Kopi yang mendunia, Indonesia dapat bergabung bersama Vietnam menjadi Partner dalam menciptakan kopi Khas Negara Asean. Dengan memanfaatkan sumber daya alam dan lahan yang memadai serta cuaca yang tropis di Indonesia mungkin Vietnam bisa bercocok tanam disini. Atau mungkin juga dengan berinvestasi atau turun secara langsung. kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh dua Negara ini dapat digabungkan dan ulalalaaaaa perfection!!
VISA dan Paspor adalah teman dekat dan erat. Tapi sebenarnya mereka ini berbeda apa emang sama..?
Pembukaan sedikit ya, Visa adalah Surat Izin untuk memasuki Negara lain yang di keluarkan oleh konsulat atau kedutaan. Sedangkan Pasport dikeluarkan oleh Badan Imigrasi Negara asal. uwowo, kira-kira begitulah..



" Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang ijin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. "

Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, dan Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor penerima.


 kicauanvina.com
Karena tema menulis hari ini tentang Visa dan Paspor dan Asean Blogger bertanya pendapat saya "Penting nggak sih penggunaan Visa??". dari hasil research *ceilahh. Infonya Negara Myanmar tidak memperbolehkan WNA masuk tanpa Visa. Kalau menurut Saya, kayaknya VISA itu perlu deh sebagai identias di Negeri orang, kita sebagai Pelancong jadi jelas. tapi kalau cuma Pasport nggak terlalu menjamin. Buktinya banyak teroris atau pengedar Narkoba keluar masuk nyantai aja. Malahan udah kayak Negara sendiri. Apabila ada pengurusan VISA, mereka kan nggak seenaknya aja keluar masuk. Harus punya izin dulu dari Negara yang akan di masuki. Pastinya banyak juga keuntungan dari VISA ini, mencegah orang yang tidak di inginkan masuk. Tapi setiap ada sisi positif, pasti ada sisi negatif. Sisi negatifnya mungkin seperti cara membuat Visa, atau bagaimana cara untuk mendapatkan Visa itu sendiri. Tapi sebagai Warga Negara yang baik, ya dipatuhi saja. Selain Myanmar masih banyak lagi Negara-Negara yang wajib mengurus VISA. VISA juga bisa di urus setelah kita sampai di Negara tujuan, atau biasanya di sebut VoA atau Visa on Arrival. tapi ini hanya untuk penggunaan sementara atau waktu singkat. Intinya Negara yang memberlakukan Visa itu untuk kenyamanan dan keamanan Warga Negaranya. Ngurus Visa kan bayar tuh, nah ada pemasukan deh Negaranya. heuheu..




Selamat pagi kicauers, pagi ini kepikiran buat nulis untuk ikut #10daysforAsean soalnya udah 2 kali ga ikutan. hohoho.. dan tema untuk hari ini adalah TAGLINE untuk Indonesia. Negara yang indah, kaya sumber alam dan kaya budaya serta berbagai macam tradisi yang ada. setiap daerah di Indonesia pasti punya tradisi sendiri. misalnya daerah batak, ada tradisi batak yang unik yang adanya hanya di Sumatera Utara, tradisi Sumatera Barat yang hanya ada di daerah Sumatera Barat, Bali, Aceh dan masih banyak lagi hal unik yang hanya ada di Indonesia.

Sebenarnya Indonesia Negara yang Indah dan kaya sumber alam. Kebanyakan kota-kota di Indonesia bisa menjadi pusat pariwisata yang bisa dikembangkan menjadi sumber pemasukan Negara. Tapi sayangnya, perhatian pemerintah masih ke daerah Bali. Misalnya Aceh, Aceh sendiri punya slogan "Aceh Madani, Serambi Mekah".

Indonesia juga di Juluki " Zamrud Khatulistiwa " dan juga beberapa pulau di indonesia ada yang di lewati oleh garis khatulistiwa dan membuat daerah Indonesia menjadi daerah tropis. Daerah yang subur dan apapun yang di tanam bisa tumbuh dengan subur. Wonderful Emerald Country, kenapa zamrud? karena zamrud sendiri melambangkan kesuburan dan kemakmuran untuk Indonesia. Dari segi budaya Indonesia masih banyak menyimpan situs-situs peninggalan sejarah dan masih banyak yang belum ditemui. Tropical Land Asia juga tepat untuk Indonesia, karena iklim di Indonesia tropis. Negara tropis, semuanya bisa tumbuh dengan subur disini, nggak seperti Negara lain. Gingseng dan Jahe, buah pala dan bahan lainnya ada yang di expor keluar. Bahan-bahan ini hanya di temukan di Indonesia. Bahkan Indonesia dulunya di jajah karena kekayaan Alamnya yang nggak habis berapapun turunannya.
www.kicauanvina.com
Indonesia harus mempunyai ciri khas sendiri untuk menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia. Dari jajanan khas Indonesia, kuliner yang penuh rempah, budaya dan sumber daya alam yang hmmmm olala.. contohnya Kepulauan Anambas yang berada di Kepulauan Riau, Anambas masih belum terjamah alian masih wow banget.

Pulau Anambas



Pulau Anambas
Pulau anambas Pulau tropis yang indah se-Asia. Ini baru pulau Anambas lho, belum Raja Ampat, kepulauan seribu dan lain-lainnya. ohh Indonesia, indah betul.. Emang pas banget "Wonderful Emerald Country" hihihi... kalau udah membahas keindahan Alam Indonesia, speechless deh. biarkan mata dan hati yang berbicara.

*Latepost* Yeayy!! Akhirnya bertemu dengan para makhluk ajaib nan kece lagi. Setelah sekian abad kami tidak bertemu, dan bertatap muka. Hanya melalui jejaring sosial, kami dapat berkumpul dan menikmati indahnya kebersamaan. Hari ini tanggal 24 Juli 2013, acara kumpul bersama, buka puasa bersama, sekaligus reunian bersama manusia keren TKJ SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru Angkatan 2008.

Sore ini, aku datang lebih dahulu dari mereka, mungkin karena faktor jarak juga kali ya, Yaa karena lokasi memang dekat banget sama kantor. Setelah sampai di lokasi aku langsung nyari meja yang udah di pesan sama Nia, sesuai dengan instruksi yang beliau arahkan sebelumnya via sms.
Vina : "nanti kan acaranya kania??"
Kania : " iya kapin cewet :*"
Vina : " Masalahnya vina lupa jalan ke pendowonya kania :3" (Note : meskipun dekat dengan kantor aku tetap lupa jalannya)
Kania : "Tau Mall Pekanbaru kan? disampingnya kan ada jalan, lewat sana aja" tutur kania datar.
Vina : "okehh" jawabku mantab.
Kania : " Nanti tanya aja meja yang atas nama Nia, Nia nanti datangnya jam 17.30 Wib karena tunggu si Ginda jemput" tuturnya lagi rada sedikit curhat.
Vina : " okeh vina datangnya jam 18.00 Wib ajalah, dekat soalnya"
Kania : "Atur mana baiknya aja Kapin" tutur Nia bijak.
Vina : " Sipp kania, nanti vina panggil aja nama kania, mana tau mejanya tiba-tiba nyamperin Vina" dengan gaya sok melawak meskipun emang garing. *kriuk
Kania : " Kan kapin lucu kan :* nanti kita ketemu disana aja ya kapin"
Vina : "Sipokeh" menutup pembicaraan.

Begitulah sejarah singkatnya sebelum acara berlangsung dan dimulai. tapi makhluk kece ini tak ada satupun yang terlihat dan mau menampakkan dirinya disini. Lalu aku mencoba menelpon Nia dan akhirnya beliau kembali memberi instruksi tambahan dengan memberi list pesanan teman-teman yang lain. Karena info kania yang datang -/+ 27 orang. Tanpa pikir dan memikir lagi aku manggilin mas-masnya.
Vina : " Mas mas, mau nambah pesanan yang atas nama Nia" tuturku lantang.
Mas-mas : " Oh iya Mbak, sebentar ya"
Vina : "Okeh masss~" jawabku santai.
tidak beberapa lama kemudia si Masnya datang ke meja.
Mas-mas : " Apa tambahannya mbak?" tutur si mas-masnya kepo.
Vina : " Mas kepo banget sih" tuturku dalam hati. " ini mas mau nambah (sambil nyebutin daftar pesanan yang dikasi sama Nia)"
Mas-mas : "Maaf mbak penanya macet, saya permisi ambil pena dulu ya"
Vina : "...... iya mas" udah nyebutin panjang kali lebar, malah macet.
beberapa hari kemudian, masnya kembali dengan membawa pena yang baru dan semoga nggak macet lagi.
Mas-mas : "Apa aja pesanannya tadi mbak?"
Vina : (nyebutin list yang dikasi sama Nia)
Mas mas : "eh sebentar mbak"
Vina : "iya? kenapa mas? penanya macet lagi?"
Mas mas : "Bukan Mbak, Ulangi sekali lagi mbak" masnya bingung.
Vina : (kembali menyebutkan pesanan yang ada di list)
Mas mas : "Okeh Mbak"
Vina : "Coba diulang kembali Mas pesanannya"
Mas-mas : (nyebutin semua yang aku nyanyikan sebelumnya).
Dan percakapan berakhir dengan masnya langsung menuju meja kasir.

Setelah itu aku kembali termenung dihadapan beberapa makanan yang sudah di sediakan. dan tidak beberapa lama kemudian Ayu datang. Lalu kita berkicau menghebohkan hal yang nggak penting tapi penting banget untuk diingat. Dan tidak beberapa lama kemudian, teman-teman yang lainpun datang. suasanya mulai heboh dan ramai banget. Pada saat detik-detik mau adzan tapi Lodia belum juga menampakan pemanisnya. Nia dan Baginda pun belum juga muncul. Aku dan Ayu mencoba nelpon Lodia, yang infonya baru berangkat. Yaa salam -_-.. dan adzan pun sudah berkumandang, tapi merekan masih juga belum menampakan diri. Dan Aku dan Ayu kembali nelponin si Lodia,  yang akhirnya berkata "Aku nyasar, lupa jalan".. dan meskipun nyasar beliau ini sempat singgah ke Indomaret belanja buat buka sementara, yaa no problem sih.  Coba telpon Nia, infonya belum di jemput sama Baginda. Coba telponin Baginda infonya ketiduran, puasanya melawan sambil ketawa cekikikan. zzz! dan Akhirnya Pergilan Ayu bersama Teem buat jemput Lodia yang masih nyangkut di tempat antah berantah. Dan setelah menjemput Lodia dengan selamat baru nyampai di depan jalan masuk ke lokasi tiba-tiba ada yang tabrakan. Aku mengira itu Teem, Ayu, Lodia. dan untunglah bukan mereka, tapi suara khas Lodia yang cempreng melantun dengan indahnya pada saat tragedi itu menyadarkan aku. lalu mereka masuk dan menuju meja tempat kami berkumpul. Mereka sampai di tempat disaat teman-teman lain sudah berhasil mengalahkan apa yang ada di depannya. dan Baginda serta Nia pun datang. Dan akhirnya aku dan mereka makan meskipun telat. Dan yaa setelah makan-makan bersantap ria, kami pun mulai menampkan tabiat aslinya. yaituuu narsis sana narsis sini, apalagi kalau bukan poco-poco photo-photo. Saking serunya kami tidak menyadari ntah ada berapa size yang sudah kami habiskan untuk ruang bagi foto kami ini, dan sebagai photografer karbitan saat itu adalah Eko Setelah itu kami masih sempat bercanda tawa dengan yang lain dan seru-seruan bareng. Rasanya udah lama banget nggak ada suasana seperti ini. Semoga masih berlanjut sampai tahun-tahun selanjutnya. Aamin..

Friendship Never dies!


#SaveEgypt and #PrayForEgiypt itulah yang banyak muncul di media sosial saat ini. Memang sangat memprihatinkan banget saudara Islam kita disana, mereka meninggal dengan hormat dan mulia aamiin.. Meskipun kita nggak berada disana, tapi dengan melihat dan menyaksikan di media massa elektronik ataupun membaca beritanya di surat kabar, miris banget memang. Kicauers coba bayangin, saudaara kita dibunuh dan mati didepan mata kita, dan ada yang dibakar hidup-hidup. Naudzubillahiminzalik. Seperti kata senior Vina di facebook yang di kicaukannya di statusnya "Meskipun kita nggak bisa berada disana, tapi kita bisa merasakan apa yang mereka rasakan. meski kita nggak bisa bantu dengan materi ataupun berjuang bersama mereka, tapi kita bisa membantu mereka di doa kita"..  dan juga ada kicauan dari senior Vina juga " “Hasbunallah wa nikmal wakil, Nikmal maula wa Nikman Nasir” yang artinya "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung" semoga mereka, saudara seagama kita diberikan ketabahan dan kesabaran yang extra untuk mereka para syuhada. Dan aku juga ingat "Innallaha Ma’ashabirin" yang artinya "Allah bersama orang-orang yang sabar" .. Aamiin..

kicauanvinacom-saveegypt

Selamat Pagi kicauers!!!! Pagi ini indah sekali, memang! apalagi ada something new dengan Blog ini. Tampilan sih masih sapa seperti dahulu kala dari zaman batu, tapi yang baru adalah. jreng jrenggg .. nama blog ini. Dari miss-purplelife.blogspot.com menjadi kicauanvina.com  semoga visitornya makin banyak. Aamiin.. Udah lama sih sebenarnya mau pakai nama kicauan ini, cuma baru kesampaian sekarang.. dan untuk sementara, blogspot.com nya di istirahatkan dulu, biar rada kece dan exclusive. mhuahahaha ..

Proses
Proses perpindahan nama juga dibantu sama teman, takut salah dan takut nih domain nggak bisa diakses karena salah DNS. lebih baik mencegah daripada mengobati.

Asal mula dapat nama kicauanvina.com ini juga nggak tahu dari mana. soalnya, tiba-tiba terlintas aja gitu.. dan terfikirlah, KICAUAN - Kisah dan cerita galAU, Unik, Asik dan Nyentrik. Sebenarnya sebelum dapat nama kicauan, masih banyak beberapa referensi lain dari kicauan.com dan berkicau.com tapi ternyata sudah ada yang pakai -_- . Dan disini juga nggak cuma tips dan trik aja, disini juga ada bagaimana cara Vina mengAplikasikan kegalauannya, menjadi sebuah kreativitias dengan caranya sendiri.


Akibat Yang di Timbulkan

Selain itu, setelah ganti nama baru, Header lama juga mesti di copot dan diganti yang ke yang baru.. hah! pindah rumah ini ternyata banyak hal yang harus dibenahi. dan ganti nama berarti harus ngulang dari awal lagi, ngebangun link lagi.. semua ini adalah proses pendewasaan Blog ini. *ceilehh

Perpindahan Blog ini, juga mewakili si pemilik blog. Dari segi nama yang digunakan dan suasana hati. Berikut cuplikan respon dari teman-teman bertuah :)

Yang pembukaannya oleh Ketua Blogger Bertuah Kurnia Rahman




Celoteh dari beberapa Petinggi Bertuah



Header sederhana made in Elvina Yanti
Walaupun sederhana, tapi buatan sendiri, maklum masih belajar :D


Terus, Vina dapat bantuan lagi dari teman untuk buat Logo : )



VIYA ini singkatan dari elVIna YAnti :)
Filosofi : Warna Orange Hijaunya melambangkan Kota Pekanbaru - Warna Melayu.

bisa masak dengan smartphone .. yuk capcus lihat video ini kicauers ..

Coba aja kicauers bayangin apple ipad aja bisa masak telur -_- .. lama-lama kompor atau kompor gas bisa update status ..
Hai hai reader :) selamat pagi semua.. udah mau lebaran aja ya! ga terasa sudah hampir 1 bulan kita menjalankan Ibadah Puasa di tahun ini. rasanya singkat banget dan udah mau Lebaran. sebenarnya sih, saling memaafkan itu bukan hanya pada saat Hari Raya Idul Fitri aja, seharusnya setiap hari kita harus saling memaafkan. seiring bertambahnya umur, Miss Purple jadi terfikir masalah dimasa silam. Miss Purple mau mencoba untuk memaafkan seseorang, ya walaupun itu agak sulit sih, tapi Allah aja bisa dengan mudah memaafkan Umatnya, masak Miss Purple yang cuma manusia biasa ga mau.. ya kan ? dah Miss Purple juga belajar untuk ikhlas :) semoga tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu. dari segi fikiran semakin dewasa dan lebih taat lagi ibadahnya :). Aamiin..

Nah, dari pada Miss Purple curhat ga jelas, mending kita lanjut ke topik Saling Memaafkan itu Sehat Lho!! kenapa Miss Purple bilang sehat? ya jelas dong.. kita mampu memaafkan orang, dan pasti kalau kita memaafkan orang kita ga punya dendam dong ya.. karena dendam itu bisa membawa penyakit berbahaya yang mungkin bisa menjadi penyakit hati. karena hati adalah pusat dari segalanya. jika hati kita rusak, maka rusaklah semuanya. kira-kira sih begitu :) kalau ga salah ya.. Miss Purple udah punya keslahan besar tahun ini, karena nyimpan dendam dan kebencian kepada sesama umat muslim hanya karena masalah ya, mungkin buat Miss Purple agak berat ya.. tapi Miss Purple akan coba ikhlas dalam memaafkan. di Alqur'an pun udah di jelaskan, bagi siapa yang memutuskan Tali Silaturrahim sesama umat islam, maka Surga akan dijauhkan darinya, dan Miss Purple ga mau dong ya.. dengan solat tiap hari aja belum tentu Miss Purple bisa masuk surga. apalagi memutuskan tali silaturrahim yang akan menambah dosa menumpuk di tahun ini. Nah, Jangan hanya meminta dan berbagi maaf saat Idul Fitri saja. dan menurut psikolog pun, ternyata memberikan maaf itu  menyehatkan, baik secara fisik maupun mental. nah, benarkan ?? :)

Saling Memaafkan itu Sehat Lho!!

“Rasa marah, benci, dan dendam yang dipertahankan dalam hati akan berpengaruh besar terhadap kesehatan mental, juga berimbas pada kesehatan fisik,” kata Psikolog dari Univesitas Islam Bandung, Ice Shofiyyatulloh. itu emang benar adanya. Miss Purple udah pernah merasakan soalnya :)

Kesehatan mental sendiri didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, orang lain, masyarakat, serta lingkungan di mana dia hidup dan berinteraksi. “Bila dalam diri seseorang tersimpan emosi negatif, tentu ini akan menghambat kemampuan individu menyesuaikan diri,” kata Ice.

Menyimpan rasa marah, katanya, secara psikologis membuat diri sendiri tidak tenteram dan orang lain pun merasa tak nyaman. Seseorang yang tidak memiliki ketenteraman batin atau ketenangan, biasanya fisiknya mudah lelah.

“Sebab emosi negatif berpengaruh besar pada sistem kerja organ tubuh yang mengakibatkan seseorang mengalami masalah kesehatan,” jelasnya.

Berbagai masalah kesehatan berpotensi muncul jika hati dipenuhi emosi negatif. Salah satunya stres. Kemudian, rasa tidak nyaman ini bakal berimbas pada lingkungan sekitar.

“Bila seseorang sudah mulai tidak mampu memberikan rasa nyaman pada lingkungan, otomatis kesehatan fisik dan mentalnya akan terganggu,” ujar Ice.

Memelihara emosi negatif juga bisa menyebabkan terganggunya kesehatan fisik, seperti munculnya penyakit jantung, maag, asma, gangguan kulit (jerawat), liver dan berbagai penyakit lain. “Jadi ada korelasi tinggi antara menyimpan emosi negatif dengan munculnya berbagai penyakit fisik,” tambah Ice.

Perilaku individu juga akan terpengaruh. “Mereka jelas tidak adaptable dengan diri sendiri dan lingkungan. Sebab, akan muncul emosi lain yaitu rasa malu, khawatir, sedih, dan takut sebagai akibat munculnya penyakit fisik,” tandasnya.  

Dalam situasi seperti itu, perilaku yang tampak adalah tidak menemukan harmoni dengan orang lain. Alhasil, individu penyimpan rasa marah cenderung menarik diri dari lingkungannya atau justru sebaliknya, lebih agresif terhadap lingkungan dalam rangka melindungi dirinya.

Cara terbaik untuk keluar dari masalah tersebut, lanjut Ice, adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain. Mungkin bagi sebagian orang memaafkan tidak mudah, tapi sebenarnya gampang jika ingin dilakukan.

“Menulis kata memaafkan saja sudah membawa rasa tenang dan tenteram di hati, apalagi mengucapkan secara verbal dan mengaplikasikannya,” tambah konsultan psikologi lepas ini.

Menurut dia, memaafkan itu bukan memaklumi, melupakan, pembenaran, ataupun menenangkan diri. “Memaafkan adalah proses untuk kembali pada kondisi nol seperti sebelum terjadi apa-apa. Dia akan kembali merasa tenang, harmoni, tidak terpicu atau terstimulasi lagi oleh masalah yang telah lewat meski ia tidak melupakannya tetapi dirinya tetap tenang,” urainya.

Di sinilah, mengapa orang-orang yang mudah memaafkan hatinya selalu bahagia. Jika hati bahagia, jiwanya merasa tenang, tenteram dan tidak dihantui rasa marah. Secara otomatis mentalnya akan sehat. Itulah makna besar yang terkandung dalam ritual saling memaafkan.

Ice berbagi tips mudah memaafkan. Kata dia, tanamkan dalam diri, tidak ada untungnya memelihara rasa marah, benci dan dendam. Tidak ada masalah dan persoalan apa pun yang selesai dengan kemarahan, kebencian, dan dendam. “Justru yang ada, perasaan tersebut akan merusak diri sendiri, baik fisik maupun mental,” tegasnya.

semoga dengan kamu membaca artikel ini.. kita semua akan semakin Ikhlas untuk memaafkan dan mudah untuk meminta maaf. Dan ini adalah Postingan Miss Purple yang sebelumnya sudah ada juga sih :D hanya repost aja .. hihihihi .. disini