Penting atau Tidak Pemberlakuan VISA ??? - [ #10daysforASEAN ]

VISA dan Paspor adalah teman dekat dan erat. Tapi sebenarnya mereka ini berbeda apa emang sama..?
Pembukaan sedikit ya, Visa adalah Surat Izin untuk memasuki Negara lain yang di keluarkan oleh konsulat atau kedutaan. Sedangkan Pasport dikeluarkan oleh Badan Imigrasi Negara asal. uwowo, kira-kira begitulah..



" Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang ijin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. "

Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, dan Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor penerima.


 kicauanvina.com
Karena tema menulis hari ini tentang Visa dan Paspor dan Asean Blogger bertanya pendapat saya "Penting nggak sih penggunaan Visa??". dari hasil research *ceilahh. Infonya Negara Myanmar tidak memperbolehkan WNA masuk tanpa Visa. Kalau menurut Saya, kayaknya VISA itu perlu deh sebagai identias di Negeri orang, kita sebagai Pelancong jadi jelas. tapi kalau cuma Pasport nggak terlalu menjamin. Buktinya banyak teroris atau pengedar Narkoba keluar masuk nyantai aja. Malahan udah kayak Negara sendiri. Apabila ada pengurusan VISA, mereka kan nggak seenaknya aja keluar masuk. Harus punya izin dulu dari Negara yang akan di masuki. Pastinya banyak juga keuntungan dari VISA ini, mencegah orang yang tidak di inginkan masuk. Tapi setiap ada sisi positif, pasti ada sisi negatif. Sisi negatifnya mungkin seperti cara membuat Visa, atau bagaimana cara untuk mendapatkan Visa itu sendiri. Tapi sebagai Warga Negara yang baik, ya dipatuhi saja. Selain Myanmar masih banyak lagi Negara-Negara yang wajib mengurus VISA. VISA juga bisa di urus setelah kita sampai di Negara tujuan, atau biasanya di sebut VoA atau Visa on Arrival. tapi ini hanya untuk penggunaan sementara atau waktu singkat. Intinya Negara yang memberlakukan Visa itu untuk kenyamanan dan keamanan Warga Negaranya. Ngurus Visa kan bayar tuh, nah ada pemasukan deh Negaranya. heuheu..




No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)