Skip to main content

Review - Buku Asem Manis Cinta


Mungkin Aku salah udah baca buku ini. "aaaaaaaaaaaaaaaaakkk" teriakku. Setelah baca buku ini, di beberapa babnya buat Aku kangen mantan!!. Okeh, ini bukan sesi curhat. Baru baca Bab pertamanya aja, udah langsung playback otomatis dikepala masa-masa Aku masih normal dulu. Masa-masa masih punya pacar. Okeh guys, saatnya kita review bukunya. Yuk capcus!

Buku ini Aku beli tanggal 20 Juli 2014. Ya, buku yang Aku beli ketika tiba-tiba melihat tulisan toko "GRAMEDIA" kemarin pada saat buka bersama dengan Voni dan Mega.


Vina dan Buku Ajaib



Tulisan pertama dari @sandalpedottt 

Disini ceritanya beliau diputusin dihari ulang tahunnya. Sungguh kado ulang tahun yang romantis banget. Disini beliau menjelaskan kalau pacaran itu bukan sekadar mesra-mesraan doang. Baru jadian aja dia udah kena tampar, sweet banget kan. Dia menjelaskan kalau cinta itu  sakit dan perih. Jadi dari awal kita menjalin sebuah hubungan mesti dan kudu tahu hal ini. Kalau nggak mau sakit nggak usah dulu. Mungkin begitu. 


Cinta bisa datang kepada siapa saja dan dari siapa saja bahkan dari seorang sahabat. Cinta bukan cuma tentang kebahagiaan, tapi juga tentang penderitaan. Cinta butuh kenyamanan bukan paksaan. Dan cintalah yang menyatukan bahkan memisahkan..

Membaca bab ini membuat Aku tersadar selama ini. Mungkin ini yang buat Aku masih betah sendiri. Dalam fikiran ini terus berfikir dan merindukan dia. Iya, dia yang dulu pernah ngisi sebuah ruang yang disebut hati, yang kini terkunci rapat.

Tulisan kedua dari kak @meifariwis 


Mungkin Aku belum pernah merasakan ini. Tapi Aku pernah melihat kejadian yang seperti ini disekitarku. Kak Mei menceritakan bagaimana cintanya tersandung oleh adat istiadat. Adat memang nggak bisa disalahkan karena memang sudah dari zaman nenek moyang yang hingga kini harus dilestarikan.
Tapi, kalau sudah menyangkut hati mungkin bingung juga. Adat memang beda dengan aturan agama. Kejadian ini bakalan mengakibatkan galau mendalam  bagi korbannya. Bingung mungkin milih ikutin adat apa ikutin kata hati yang terus mempertahankan rasa itu.

Tulisan ketiga dari bang @edotzherjunotz agak rempong nulis namanya ini yaa -_-

Pada bab ini, bang Edot cerita gimana kedekatan dia dengan temannya yang bernama Arif. Kedekatan untuk mendapatkan seorang gadis tentunya. Bukan kedekatan untuk menjalin hubungan sesama jenis. 

Bang Edotz ceritanya rada nyesek. Udah dibawa terbang tinggi-tinggi, lah karena nggak diisikan pulsa malah nggak jadi pacaran hanya jadi ttm-an, teman tapi maruk  eh mesra maksudnya. Tapi itu hanya kesimpulan dari bang Edot saja. Dan bengeknya lagi, ternyata bang Edotz salah ngirim pulsa, apa itu tandanya yang nerima pulsakah yang akan menjadi jodohnya bang Edot? kita tunggu cerita dari bang Edot yang bergoyang.

Tulisan keempat @Fauezhiie ini juga mesti dua kali bahkan tiga kali agar tidak salah penulisan.

Disini Fauzi yang seorang santri juga sebagai penyandang fakir asmara menceritakan kisah dan kegelisahannya kala melihat sepasang kekasih melambai didepannya. Bahkan dia juga pernah mengiringi temannya pacaran. Sungguh teman yang baik.

Kalau dia lagi galau, dia bakalan teringat pacar temennya. Hati-hati buat temannya Fauzi. Demi terlihat nggak ngenes didepan para pasangan kekasih, Fauzi nggak nolak buat mesraan dengan temannya. Meskipun dia sadar temannya itu sejenis. Anehnya, dia pengin punya pacar tapi takut sama yang namanya perempuan yang menjadi ciptaan Tuhan yang paling indah.

Ketika dia nemu cewek yang nyentuh hati dia, dari sebuah facebook dan dekat dari hasil chattingan, dan udah dekat. Lah ternyata si cewek suka sama temannya Fauzi. Miris bener nasib elu jikk. Dan parahnya lagi, ketika Nisa sms-in dia dengan bahasa Inggris, lah dia malah makai bahasa jerman yang isinya bilang suara Nisa kayak tapir kejepit pintu. Ntah karena dia khilaf ntah bagaimana. Hah, kaum buta asmara terkadang memang begitu. Khususnya Fauzi! Semoga dia cepat sadar.

Tulisan kelima dari @terlahir_cupu

Nahh, bagi kalian yang korban PE-HA-PE baca ini deh. Ngenes! udah disayang-sayang lah siwanita ternyata udah punya pacar yang udah lama, tapi menjalin hubungan LDR atau long distance relationship.

Kalau orang yang baru putus, dan dilanda galau memang mudah banget kalau udah di sentuh dengan perhatian. Kadang nggak mikir lagi kalau sedang di PHP-in. Emang sih, tanda-tanda php ini susah banget bedainnya. Mana yang modus dan mana yang beneran tulus susah banget. Tapi dibab ini php-nya beda. Mungkin si cewek memang punya rasa sama si cowok, tapi sayangnya si cewek udah punya pacar. Malahan sempat ketemuan dan dinner bertiga, si cewek dan pasangan dan si cupu ini.

Tulisan keenam dari  Bang @yooghas_

Ceritanya Bang Yoga yang sudah lama jadi  pemain hati. Suatu ketika dia nemuin perempuan yang bener-bener fix dan ngebuat dia sadar dari kelakuannya yang playboy selama ini. Disini Aku sadar, mungkin cowok yang hobi pacaran dan dalam waktu dekat putus dan punya pacar lagi mungkin karena dia belum nemuin ruang yang pas. Atau mungkin belum nemuin yang bener-bener buat dia nyaman. Mungkin begitu.


Mencintai seseorang secara tulus membuat kita belajar untuk lebih dewasa. Rela mengubah apapun yang ada dalam diri kita hanya untuk orang yang kita cintai
 Berawal dari sebuah sosial media yang bernama facebook hingga semakin hari semakin dekat.Yang tiba-tiba mengeluarkan kata-kata aneh sedikit gombal atau sambilan, ternyata ngena di wanitanya ini.  Lah mereka jadian dan mengajarkan tentang sebuah kepercayaan hingga pada akhirnya memilih break.

Memahami sebuah takdir tuhan yang memberikan cinta yang benar diwaktu yang salah. Yang mengajarkan memakai dengan benar pada orang yang ternyata salah

Tulisan ketujuh dari @ichsanrmdhni

Nah, disini memang rada beda suasananya. Disini Ichsan cerita tentang beberapa hal sepele yang mengakibatkan putusnya sebuah hubungan. Hahah sambil senyum kecut baca tulisannya si Ichsan. Bagaimana gombal itu nggak selamanya indah, bagaimana telat itu asyik tapi menyebalkan bagi cewek. Hmmm

Tulisan kedelapan dari bang @bayubuna_

Bang Bayu disini juga ceritain tentang Cuplis. Bagaimana Cuplis lebih normal ketimbang bang Bayu. Sicuplis cuper normal suka sama cewek dan beda banget sama Bang Bayu yang mungkin bisa jadi penyuka sesama jenis. Mungkin.  Dan saking nggak handalnya dalam urusan percintaan sampai-sampai Bang Bayu didahuluin sama temannya sendiri. Ini baru namanya terlambat sudah terlambat sudahhh semuanya tlah berlalu, eh lupa ini lagunya siapa.

Dan pelajaran yang dapat kita ambil disini adalah, kalau emang suka yang ungkapin aja. Toh, ditolak ataupun diterimanya nanti urusan belakangan meskipun hati teriris dengan suasana terburuk. Tapi setidaknya udah lega bisa ungkapin perasaan yang udah nyesek banget. Jangan sampai ada kata-kata yang terucap dengan awalan kata "KENAPA" itu nggak bakal nolong.

Seganas-ganasnya Bang Bayu, tapi tetep aja backsoundnya lagu Monita - Kekasih Sejati. Iya, Bang Bayu rada unyu, ya!.

Tulisan kesembilan dari @amii_potaboga

Ceritanya pada saat ikut berorasi dalam penolakan kenaikan BBM, Kak Ami ketemu pangerannya. Disaat hujan gerimis dan orasi yang berakhir dengan ketegangan. Dan Kak Ami memilih meninggalkan lapangan, dan kembali ke kampus dengan derasnya hujan yang membasahinya waktu itu. Tiba-tiba ada seorang pria yang mendekatinya dan berjalan bersamanya. Sambil melindunginya dari air hujan. Ow ow sweet moment banget. Tapi sayang, itu hanya sekejap. Karena Kak Ami nggak nanya namanya siapa, dan nggak pernah tau namanya siapa. heuheu, sedih.
Lagi, lagi. Pelajarannya, kalau udah suka sama orang atau dekat sama orang jangan lupa tanya namanya. Kamu bakalan penasaran seumur hidup.

Tulisan kesepuluh dari @nurulprayoga
Panggil saja Nurul, eh maksudnya Bang Oga. Bang Oga sempat pernah hampir jadian. Dan dengan penuh penghayatan dia nolak cewek itu. Bang Oga keren! pada akhirnya ketika umurnya sedikit uzur dia sadar dan nyesal banget. Hingga pada akhirnya dia dapat teman, yang mampu nyentuh hati dia lagi. Bang Oga nggak mau menyia-nyiakan itu. Akhirnya Bang Oga nembak cewek itu, dan ternyata nggak seperti yang diharapkan. Mereka berakhir dengan tetap berteman. Iya, cintanya Bang Oga bertepuk sebelah jari.

Memang ada yang dari sahabat bisa jadi pacar. Tapi nggak semua bisa seperti itu. Seperti ceritanya Bang Oga, terkadang perhatiannya seorang teman yang berlebihan karena memang Sayang, tapi sebatas teman. Tapi bang Oga keren, gentle meskipun menghadapi resiko terburuk. Meskipun nggak terjadi pencakaran setelah penembakan itu.

Disini tulisannya Bang Oga yang paling panjang dan jleb banget. Aku menghayati banget. Hiks!

Tulisan kesebelas dari @eva_dino

Ceritanya Eva suka sama adik kelasnya. Adik kellasnya yang unyu banget dengan atribut serba Pinknya. Eva menyadarkan Aku kalau cerita dunia Disney nggak bakalan bisa seperti dunia nyata. Hingga pada akhirnya mereka jadian dan ya mereka berdua manis banget. Aku tersentuh, waktu Eva jengukin si pinkyboynya yang terbaring lemah dirumah sakit. Aku jadi teringat waktu datang kerumah si pacar ngobatin tangan dia yang terjepit pagar rumahnya sampai kukunya lepas dan darahnya seember. Juga nemanin dia nyari alkohol dan nemanin dia keklinik. Tapi itu dulu haha.. itu cuma sekedar flashback masa dahulu kala. Kak Eva berhasil buat Aku mellow!

Tulisan keduabelas dari @efnumu

Disini ceritanya Bang Efnu punya pacar yang punya kelebihan gitu. Rada seram. Dan ceritanya berhasil buat Aku merinding dan membuat daun pintu pun bergoyang melambai dengan indah. Bang Efnu sempat punya pacar yang punya kelebihan lihat makhluk halus gitu. Dan ketika suasana mencekam ketika si pacar kedatangan tamu dari alam lain, ini pas bacanya seriusan Aku terhipnotis berasa merinding juga. Bang Efnu ditanyain gitu, mungkin bang Efnu rajin baca Quran dan Shalat kali makanya si makhluk halus itu nggak bisa baca fikiran Bang Efnu. Mungkin gitu. Bang Efnu bener, kita harus bisa nerima kelebihan maupun kekurangan pasangan, apapun itu. Karena masa depan milik bersama. Gitu deh kayaknya.

Dan cerita selesaiii

Setelah selesai baca buku ini, Aku masih terbayang masa-masa indah ketika sama si pacar pada masa itu. Ini perasaan normal yang bisa dirasain sama setiap manusia yang pernah punya pacar. Dan Aku senang ternyata dulu pernah punya pacar, dan bisa ngebuktiin kalau Aku pernah normal. Huahahaha!

Ketika hidup sendiri memang lebih indah, tapi Aku yakin bakalan lebih indah kalau Aku udah punya kamu, Iya kamu yang bisa buat Aku nyaman. Sihiyyyy. Seketika hati Aku berbunga. Aku mesti nyari pelaku yang nulis buku ini, yang ngebuat hati Aku nggak karuan gini.

Pantas aja buku ini judulnya Asem Manis Cinta. Disini semua cerita cinta dari yang manis hingga pahit dan kecut semuanya ada.

Awal Aku beli buku ini juga agak rempong, nanya sama Mas-mas yang di Gramedia.

"Mas, bukunya Asem Manis Cinta masih ada nggak?" tanyaku.
"Hm, bentar ya Mbak, Saya cari dulu" jawab mas-mas.
 "Ya" jawabku singkat.

Awalnya Aku ikutin si mas ini kearah komputer yang bakalan nunjukin dimana keberadaan buku ajaib ini. Ketika diketik Asem, nggak ketemu bukunya. Nah ketika di ketik Blogger Energy baru ketemu. Ternyata didatabase nya dibuat Asam Manis Cinta. Untung aja yang keluar bukan resep masakan Asam Manis Ayam batu bata goreng mentega.

Kirain udah pasti rak bukunya. Lah! empat kali muter-muter rak nggak nemu. Aku tetap muter-muter kali aja ketemu bukunya. Ketika sedang baca-baca buku lain, eh mas-masnya manggil.

"Mbak, mbak. Ada kabar gembira"
"Apaan"
"Beli buku di gramedia sini gratis cowok ganteng lho"

okeh lupakan

"Mbak, mbak ini bukunya udah ketemu" sembari ngasih bukunya sama Aku.
"Makasih ya mas" mata nanar.

Dan setelah buku ada ditangan, Aku langsung menuju kasir dan bayar. Keluar dari sana Aku langsung lompat-lompat girang masih sempat beli buku ini.

Ketika ngetik tulisan bagian terakhir ini, Aku dengar lagunya mastin. Jadikan hari mastin, mastiin goood :|

Sekian~




  


Comments

  1. Ahhh akhirnya beli dan review juga. Keren deh.. ini baru bener-bener cinta BE. Asiikkk.

    Udah agak lupa cerita bab perbabnya tapi setelah baca ini jadi inget lagi. Emang openingnyaAMC keren banget, tulisannya sandal pedott.

    Ya begitulah cuplis, selalu jadi penghalang dikehidupan saya, apalagi percinttaan. Huh banget deh pokoknya

    Sama, ditoko buku tempat saya juga Asam, kalo ketiknya asem gak keluar sama sekali. Lumayan berat juga perjuangan beli AMCnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, Bang. Kepo bingit. Dan ternyata setelah baca, bab per babnya ini emang nyata banget.
      tapi ceritanya efnumu rada seram, tapi seketika hilang ketika dia nanya bola sama tuh makhluk halus :|

      hahaha, sabar bang, badai pasti berlalu. semoga cuplis bisa berjodoh sama bang bayu, biar nggak jadi penghalang lagi. hauhahah

      Iya, sama kalau gitu. Kenapa ya dibuat asam :|
      kan judulnya asem :3
      Lumayan bang, nyeretin kaki ke Gramedia itu susah banget.

      Delete
    2. Haha, iya cuma punya efnu yang agak beda, biar gak statis ceritanya.

      Ceileh doanya gitu amat, hehe

      Iya, padahal cuma beda satu huruf doang tapi bikin susah nyarinya.

      Delete
  2. gue palung suka sama ceritanya EVA dan si Arie.. kayaknya gue kalo baca cerita mereka berdua ngalamin sendiri ke sikan dan deg2annya jatuh cinta. tapi semunya bagus, makannya sampe di muat d buku AMC. kamu harusnya mention BE di twitter biar di sebarin :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha iya bang, sampe typo gitu bang :D hihihi
      iya bener kan, ternyata bukan hanya vina yang merasa. hiihii
      udah bang, makasih udah infohh ya :D

      Delete
  3. Replies
    1. tapi nggak segaul tulisannya bang oga :D
      sipp abanggg :D

      Delete
  4. Lengkap banget reviewnya. Ini mah enggak usah beli bukunya juga udah ngerti isinya tentang apaan. Haha. *piss

    Harusnya dimention emang biar disebar sama mimin BE di twitter"D

    ReplyDelete
  5. hahaha itu belum lengkap kak, kan yang belum beli dan belum baca nggak tahu kisahnya bagaimana. hihi
    semoga makin penasaran yakk.. huahahaha :D
    udah di mentionin sih kemarin :D nggak enak tiap hari mention :3

    ReplyDelete
  6. Kayaknya ada yang beda nih sama blognya kak Vina... :D
    Headline-nya ganti ya kak?
    Atau emang tema blognya juga udah berubah. hehe

    Eniwei, apakah cuma aku satu-satunya Gyer yang nggak punya buku ini? Semua pada punya, tapi aku nggak punya. :( huehuehue
    Di sini nggak ada kak, kemarin muter2 Cepu, tapi nggak ketemu juga bukunya anak BE.
    Semoga distribusinya sampe sini juga ya kak. :(
    Review-nya keren kak, cuma punya Bang Ichsan Ramdhani yang kurang greget. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuu... template blog masih sama.. cuma lebih ke personalnya aja, biar blog itu menggambarkan vina sebagai pecinta warna merah dan ungu.. cuma bingung cara menggabungkan ungu dan merah ini gimana -_-

      hahahaha, semoga cepat ada disana yak..
      itu yang tulisannya si ichsan, takut reviewnya kebablasan jadinya bukan review, nanti malah jadi re-write. jadi dibuat gantung gitu. huhu :D

      Delete
    2. Jadinya merah maroon ya kak, merah darah gitu, biar horor tapi tetep ada kesan manis dan unyu-nya. Tapi headline yang diatas bagus banget kok kak, meskipun itu berarti udah nggak bisa lihat muka Kak Vina yang unyu badai jadi penyambut setiap pembaca yang mampir. #Kode

      Sip deh, kak! Bagus banget review-nya. Bener banget, kalo diceritain,, ntar malah kebablasan jadi re-write. :)

      Delete
    3. huahahahah... iya .. ini masih kekeuh mau majang muka yang nggak seberapa ini .. huahahah :D

      hahah iya, kalau gantung gitu kan pada banyak yang beli *trik marketing :D

      Delete
  7. Wih, lengkap sekali nge-reviewnya nih. Padahal gue udah beli bukunya dari pertama kali baru-bari keluar. Dan lucunya adalah, sampai saat ini gue belum pernah membacanya. Buku asem manis cinta masih terlekat plastik dari gramedia . Masih stay cool berdiri kokoh di rak buku. Maka, tidak ada alasan lagi, minggu ini saya harus membaca sampai kelar. Reviewnya bikin penasaran sih! Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya elahh :3
      mau di musiumkan kaliya bukunya :|
      penulisnya aja yang di musiumkan :3
      huahahaha
      buruan baca biar tahu gimana serunya asem kecut membahananya "CINTA" huahahah

      ntah sejak kapan jadi bisa marketing gini *uhuk

      Delete
  8. sekarang kamu udah pantes jadi anak gaul, kaerna sudah beli buku Asem Manis Cinta, yeah! udah di review pula keren laaah.
    emang ga nyesel kan yaa udah beli buku tersebut. isinya emang gokil, dan banyak rasa banget tentang cinta. pelajaran dan hikmah yang bisa diambil pun juga banyak banget. aku aja ga rugi sama sekali habis baca buku tersebut, kamu tentunya ga rugi juga kan hehe.
    emang buku Asem Manis Cinta itu buku yang paling keren banget. kamu emang harus punya buku tersebut kalo pengen terlihat keren haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, udah naik satu level tingkat kegaulan vina.. sihiiy~~
      kibas poni tetangga :\

      iya, nyeselnya pas keingat mantan aja :|
      huahahahah

      tapi overall nya seru. dan emang natural banget. nggak kayak ti tipi tipi yang ketabrak eh bisa pacaran dan nikah ;\
      huahahaah

      Delete
  9. jadi masa normal itu, ketika punya pacar ya mbak?
    Waduh selama ini saya gak normal ternyata -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaahha itu bagi vina yang buta asmara ini mbak..
      hiahahahah
      kalau mbaknya sih kayaknya normal, bedalah sama vina ..
      hiahahahah

      Delete
  10. cie buku asem manis cinta cie. aku juga udah nguntit dari gramed.
    openingnya sandalpedottt *t nya ada berapa ya* emang keren banget.
    kalo aku paling suka cerita bang yogha. akh itu nyentuh banget.
    terus kalo cerita yang terakhir itu, ceritanya bang efnu. aku sampe baca berkali kali.
    setengah takjub gimana gitu aku sama cerita tentang pacarnya, eh mantan ya
    yang punya kelebihan bisa ngeliat makhluk halus, sampe kedatengan tamu segala lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, overall ceritanya berasa banget di kehidupan Vina.
      beberapa ada yang pernah vina alamin, hah, kalau dibahas mungkin vina bisa curhat dan komentar ini bakalan lebih mirip postingan berita :\

      Delete
  11. yang aku tangkep disini adalah tentang kak vina yang gak normal....
    semakin pengen beli bukunya karena dari kemaren-kemaren ada aja halangannya waktu mau beli bukunya huft abiz kan.
    btw aku kira si mbak bakalan bilang "kabar gembira untuk kita semua kulit manggis kini ada ekstraknya" oke ini garing (lupakan)
    oh iya, Maaf lahir bathin ya viiin, Taqabalallahu Minna Wa Minkum!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, -____- aseemmm.. Vina normal cuma sekarang-sekarang aja jadi ab gitu -_- jadi luar biasahhhh

      hayuk beli, terus review, rasakan ekstrak buku asem manis cinta .. hiahahahha *jiwa marketingnya muncul*

      -___- jangan bahas manggis dong, perih nih. kemarin aturannya kan vina yang jadi modelnya *plak

      iya sama sama.,,, maaf lahir bathin jiwa raga yak :D

      Delete
  12. eh vina bikin ringkesannya hehe thanks!
    jadinya aku tau nih ringkasannya semua cerita (bukan sekedar review lagi)
    soalnya aku juga beli bukunya...belum lama...sekitar 20 juli-an gitu juga :))
    tapi ni baru mau dibaca besuk.
    kemaren baru baca ceritanya nurul aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sma dong, vina juga tanggal 20.
      tapi kita kok nggak ketemu ya pas beli bukunya :\

      hahahah, iya hihi :D
      semoga bermanfaat ya :D

      Delete
  13. Cie akhirnya beli juga bukunya. Gimana? Bener-bener nggak nyesel kan ya? Iya aku juga bener-bener nggak nyesel beli buku itu. Keren banget! Better late than never Vin :D

    Aku suka semua ceritanya. Itu padahal curhat tapi nggak kayk curhatan ya. Bahasanya rapi dan menarik. Lucunya juga dapet^^ cuma buat cerita Bang Efnu aku agak telat bacanya soalnya takut baca di kosan sendiri. Emang lengkap deh "Asem Manis"-nya Cinta~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kak Dwi, behhhhh nyesel ketika baca itu berasa kali sendirinya -____-
      iya, certanya mengalir indah ke hati.
      aaaakkkkkkk, andai saja ada vina .. behhhhhhh *sesat
      hahahahaha

      iya bang Efnu rada serem ceritanyah, tapi pas udah mau ending nggak serem lagi, soalnya dia sempat nanya tentang pertandingan bola -_-

      Delete

Post a Comment

Orang Bijak akan selalu berfikir sebelum bertindak .. maka berfikirlah sebelum menulis :D Komentar yang nano-nano akan saya hapus. Blogger Kece akan meninggalkan komentar yang bermutu.

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …