Event NextDEV - Indonesia Road to Digital Economy

Masih beberapa bulan yang lalu juga, event NextDev ini juga diadakan bulan yang lalu. Event ini diadakan di Gedung Rektoran Universitas Riau. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di seluruh Pekanbaru, bahkan ada yang dari Padang. Keren!

Pekanbaru merupakan kota tujuan ke 3 di pulau Sumatera dan ke-12 di Indonesia. Acaranya WAH sekali. Dengan dihadiri orang-orang yang luar biasa menginspirasi. Juga dihadiri Pejabat Universitas Riau dan Pejabat Provinsi dan kota Pekanbaru tentunya. Pemerintah Kota Pekanbaru juga menyampaikan akan dibangun Smart City yang bertujuan memberi meudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menyelesakan urusannya.


Sanny Gaddafi berbagi informasi tentang 8Villages

Nah, Apa itu NextDev? NextDev adalah sebuah ajang kompetisi pembuatan aplikasi teknologi, baik website maupun mobile bagi anak muda Indonesia untuk membantu pemecahan masalah yang dihadapi kota-kota di Indonesia.(source : thenextdev.id)

Misi utama dari NextDev adalah membantu terwujudnya Smart City di perkotaan Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan dan transportasi. (source : thenextdev.id)

Peminat acaranya, banyak sekali. Di Registrasi pintu masuknya saja sampai berdesak desakan gitu. Dan ruangan yang berada di Gedung Rektorat lantai 3 apa lantai 4, maaf lupa. Audiensnya memenuhi ruangan, bahkan ada yang berdiri dan listrik padam. Aduhai ya panas. wwkwkwk..

Registrasi Ulang the NextDev


Acara ini juga dihadiri Sanny Gaddafi sebagai narasumbernya yang merupakan founder dari 8Villages. Karyanya luar biasa menginspirasi. 8Villages ini membuat applikasi memudahkan para petani yang ada didesa-desa untuk mengupdate informasi harga, produk maupun jual belinya. Sehingga produktivitas petani dapat meningkat dan lebih baik. Dari niat membantu inilah tercipta 8Villages ini. Dan 8Villages nggak cuma di Indonesia, tapi juga untuk internasional, lho!. Luar biasa ya. Mas Sanny juga berbagi tips dan trik perihal pekerjaannya ini. Dimulai dari beberapa orang hingga berkembang pesat saat ini. Salut.

Berbagi Ilmu dengan Juri the NextDev(kiri) dan Pemenang the NextDev(kanan) tahun lalu


Nggak salah banget buat bisa ikutan ini. Sayang banget malah kalau nggak ikutan. Diacara ini juga ada kompetisi Rocket Pitching yang terdapat 6 finalis. Pemenangnya yaitu Appskep yang merupakan Applikasi perawatan yang isinya menerjemahkan buku tentang keperawatan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Nah, ini nih yang dari Padang, Appskep dan menang. Selamat ya ! Dan kakak muthe yang merupakan blogger heitttsss Pekanbaru dapat doorprize atas kelihaiannya memanfaatkan media twitter sebagai mikroblogging alias aktif ngetwit selama acara berlangsung, syukuran Mut! :D . Lalu ada pemenang Favorit 1 aplikasi / startup Modis yang merupakan / manfaatnya mempertemukan model / endorser dengan pemilik produk untuk diiklankan, lalu ada Koskosan sejenis web yang dapat digunakan untuk mencari kos-kosan berdasarkan tempat atau jalan, dan favorit yang ke 3 ada aplikasi yang berbasis Augmented Reality dalam pembelajaran. 

Keseruan dalam beberapa jam, dan menambah wawasan bagi mahasiswa yang ingin memulai membuat startup nya sendiri untuk bisnis maupun hal yang berguna lainnya. Bagi yang hadir mendapatkan Marketeers Magz, yang aduhaiiii isinyaa para penguasa IT :D


Source foto : Jepretan pribadi

No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)