Gathering Rekanan Media & Blogger Pekanbaru by Awal Bros Panam

Beberapa bulan yang lalu, Rumah Sakit Awal Bros Panam Pekanbaru mengadakan event "Gathering Rekanan Media dan Blogger Pekanbaru". Memang seharusnya di post juga beberapa bulan yang lalu, tapi dengan status blogger Ma-Ger, jadilah begini.

Dalam acara gathering tersebut juga ada sharing info mengenai penyakit batu ginjal dan bagaimana penanganannya. Materi ini disampaikan oleh Dr. Pietramala D. DJaprie, SpU. Nah, sebelum presentasi ada beberapa pembukaan dulu seperti sambutan dari Direktur RS Awal Bros Panam, Ibu Mutiara Acha dan juga ada penjelasan tentang RS Awal Bros Panam itu sendiri atau bahasa kerennya Company Profile. oleh Dr. Rumatha Veralisa Sacha. 

Acara ini turut dihadiri dari oleh PWI Riau yang diwakili oleh Bapak Tun Akhyar (Wakil Kabid. Organisasi), Blogger Bertuah, rekan media nggak tahu dari mana aja, ramai wartawannya :D Acara dilaksanakan di Hotel Kyriad Pesonna Hotels Pekanbaru.

Penandatanganan Mou

Acara ini juga digunakan sebagai kerjasama antara RS Awal Bros Panam dan Rekan Media dan Blogger. Jadi MoU juga dilaksanakan demi terciptanya kerja sama yang baik antara kedua belah pihak. Rekan Media  yang menjadi jembatan informasi antara RS. Awal Bros Panam dengan masyarakat. Kira-kira seperti itu. Sedikit informasi untuk RS Awal Bros Panam, infonya berdiri / Buka pada tanggal 22 Januari 2014. Rumah Sakit Awal Bros juga sudah ada Akreditasinya, lho! Awal Bros Panam juga merupakan rumah sakit yang aktif di sosial medianya. Terlihat pada akun instagramnya yang update terus.
Sebelum kalian lelah membaca postingan ini, mari kita masuk ke informasi yang lebih menarik. Tentang batu ginjal. Serem yah, kalau udah membahas permasalahan yang menyangkut tentang penyakit. 
Berikut Gejala dan Penentuan Terapi batu ginjal yang disampaikan oleh Dr. Pietra :
Nyeri hebat yang berasal dari pinggang
    - Cek / Periksa Urin
    - Cek / Periksa Asam Urat
    - Cek Radiologi

Penentuan Terapinya dapat dilihat dari Ukuran batu, posisi batu, apa akibat yang akan ditimbulkan dan bagaimana pertimbangan nonmedisnya. Terapi batu ginjal dapat dilakukan jika, batu ginjal ukurannya < 5mm dan tanpa sumbatan, nyeri atau infeksi.

Terapi Eradikasi Batu non medicamentosa sbb :
ESWL yang merupakan singkatan dari Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy yang merupakan terapi dengan adanya gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal. Untuk terapi ini tidak mengakibatkan luka, batu akan keluar beserta urin.
PCNL yang merupakan singkatan dari Percutaneous Nephrolithotomy. Ini mulai operasi kecil dengan cara memasukkan telescope khusus kedalam ginjal melalui sayatan kecil di pinggang. Batu kecil dapat mudah diambil, jika batunya besar maka harus dipecahkan terlebih dahulu. Hih! seram. Operasi ini menurut Saya, Technology sekali. Dengan telescope yang dihubungkan dengan kamera lalu ditampikan ke layar televisi, tindakan ini akan secara langsung di monitor oleh seorang ahli urologi.
RIRS yang merupakan singkatan dari Retrograde Intra Renal Surgery. Caranya Alat medis uang dilengkapi camera yang sangat mini dimasukkan kedalam melalui saluran kecing lalu menyusuri lalu lintasnya hingga menemukan batu ginjal tersebut. Kalau batunya sudah ditemukan maka batu dihancurkan menggunakan gelombang suara
Bedah terbuka. ya namanya bedah terbuka, efek sampingnya apalagi selain masa penyembuhan / pemulihan yang lama. perut di oret-oret pisau medis, -_- seram yah..

Dan begitulah, pembahasan hari itu. Ngeri-ngeri nggak ada sedapnya. Yang namanya sakit itu, aduhayyyy sakitnya. Jadi, tetap mesti jaga kesehatan, kalau kita sudah menjaga tapi masih diberikan sakit, itu pertanda yang maha kuasa masih sayang banget sama kita. Semoga yang diberikan sakit, sakitnya dapat melunturkan dosa-dosanya. Aamin..

View Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru from 12th Floor

Foto Bersama Rekan Media, Blogger dan Pihak RS Awal Bros Panam

Source foto : Jepretan pribadi, perdana merasakan desak-desakan diantara wartawan. -_-

2 comments:

  1. wah berkelas banget dong ya bertuah... jempoll
    eh itu bg putra di ujung. vina kok gak ikut foto?

    seram awak dengar tanda2 nya. soalnya aku sering sakit pinggang juga ni....

    ReplyDelete
  2. Asyik ya bisa gathering kayak gini.

    ReplyDelete

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)