Pahami Rute Sebelum Banjir

Assalamu'alaikum ^.^
  



Beberapa hari yang lalu Aku dapat informasi tentang IWIC 11 (Indosat Wireless Innovation Contest).
IWIC adalah program tahunan yang diadakan Indosat Ooredoo sejak 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11. Tujuan IWIC ini diadakan adalah untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen. Menciptakan ide aplikasi mobile yang bisa berguna bagi banyak orang, menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, dan bahkan yang bisa bersaing dengan produk digital dunia global. Lomba ini tidak hanya terbuka untuk developer professional saja, namun siapapun yang punya ide (anak-anak, orang tua, siswa, karyawan, dsb), apapun idenya, bisa dituangkan di program IWIC 11 ini.

Latar Belakang 
 
Beberapa minggu belakangan ini di Kota Pekanbaru selalu dilanda hujan deras. Hal ini menyebabkan banjir dibeberapa wilayah Pekanbaru. Memang nggak semua lokasi banjir, tapi beberapa lokasi yang rawan banjir merupakan jalan utama yang dilewati oleh warga Pekanbaru termasuk Aku. Hal yang Aku takuti kalau sudah hujan besar adalah Banjir. Sebagai pengguna setia motor, hal ini menjadi momok banget. Karena Akaii (sebutan untuk motor Aku) udah tiga kali ngambek kalau dibawa nyelam di tengah banjir yang lumayan tinggi. Kadang kasihan juga sama Akaii, motor legend. Motor pertama kali yang bisa Aku beli dengan uang hasil kerja sendiri.Nah, kadang kalau udah hujan agak lama dengan curah hujan yang besar sudah sibuk nyari rute alternatif untuk pulang dari kantor. Kadang agak susah juga nyari informasinya, karena nggak semua titik bisa didapatkan dengan  mudah. Hal inilah yang menjadi latar belakang yang  akhirnya muncullah ide tentang aplikasi banjir. Namanya yang tepat belum ketemu, sih. Ditambah lagi, nggak cuma kota Pekanbaru aja yang sering mengalami banjir. Kalau sudah banjir, jalanan menjadi macet dan banyak motor mati. Nggak jarang juga mobil pun ikutan mati. Kan repot. Kadang nggak cuma kendaraan roda dua saja yang suka mogok ditengah banjir, tapi kendaraan roda empat juga ada. Bayangin aja, Hujan lebat, udah jalanan macet, banjir, dan motor mogok. Lengkap sudah.

Fitur Aplikasi Alternatif Rute Banjir

Berbicara rute, pasti nggak jauh-jauh dari google maps, nah pada aplikasi ini bisa di sinkronisasikan dengan google maps sebagai penunjuk rutenya. Dalam fitur ini pastinya berisi informasi seperti lokasi atau titik banjir, lalu menunjukkan rute yang dapat dilewati oleh pengguna dari posisinya saat ini atau bisa disebut sebagai Rute Aman. Terdapat fitur perbaharui informasi dari pengguna juga. Jadi sesama pengguna bisa memperbaharui informasi mengenai titik lokasi banjir. Sehingga bisa meminimalisir kemacetan akibat banjir di titik-titik lokasi banjir.

Apa sih keuntungan yang didapatkan ?

Banyak hal yang akan didapat dari aplikasi ini. Pertama, mereka pengendara motor yang biasanya suka takut sama lokasi titik banjir bisa menemui rute amannya, meskipun kadang rute tersebut agak memutar dari jalur biasanya. Tapi daripada mesin motor mati, ya kan? Kedua, warga dan pemerintah setempat bisa bersinergi dalam pencegahan banjir. Misalnya Titik A, titik ini sering dilalui karena sebagai jalan utama, jadi pada tahu dimana lokasi titik banjir terparah padahal jalannya sangat dibutuhkan. Membantu para pengguna jalan menemukan rute aman mereka otomatis ini merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan, dikala banjir melanda.  Manfaat dari segi lain seperti penghasilan dari layanan iklan yang dipasang pada aplikasi.

Nah, ini sebagian kecil ide dari Aku. Bagi teman-teman yang punya ide yang lebih berguna dan bermanfaat bagi kehidupan dunia digital ini dan mau ikutan kompetisi ini, yuks bisa check link ini :) Pendaftaran IWIC

Credit : Vector Awan - Pixabay.com



2 comments:

  1. Salah satu cara menghindari jalanan yang banjir yang paling ampuh adalah dengan tidak keluyuran saat hujan-hujan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leh ughaaa tuh saranya kak ath :3 makasih ya kak athri lope..

      Delete

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)