[ Cooking with Vina ] Resep Kue Lumpur Ajaib

Aassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ^.^

Agak panjang nih salamnya, biar lebih baik. Oiya, hari minggu kemarin ribet dan repot banget cek resep kue lumpur. Ketemulah resepnya Mommy Wong, check aja akun Instagramnya. Disana, sukak sama cara sharingnya. Nggak yang serius-serius banget, tapi ada candanya juga.

Untuk resep nggak sama persis. Beda takarannya beberapa sih, mueheheh.. dan caranya juga berbeda sehingga jadilah Kue Lumpur Ajaib ini. Langsung aja ke resepnya.

Bahan
Tepung Terigu 250g
Kentang 250gr
Santan 200 ml
Gula 100 gr
Susu kental manis 100gr
Blue Ban 100gr
Jagung (opsional, terserah mau berapa gr)
Telur 2 Butir

Cara memasak

Aku menggunakan mixer biar aman dan ramah ditangan, pertama kukus / rebus kentang lalu haluskan kentang hingga halus banget, lalu campurkan dengan santan, sisihkan biar adonan dingin dulu. Lanjut step kedua masukkan 2 butir telur dan gula. Mix sampai mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya. Setelah tercampur rata, masukkan adonan kentang yang sudah tercampur dengan santan. Aduk lagi hingga merata. Lalu, tambahkan margarin dan susu. Mix lagi hingga semua bercampur baur. Adonan sudah jadi.

*Ngik! Ternyata gas dirumah habis tsayy~ apalah daya, malas kemana-mana dan hampir putus asa. Terlihat disudut meja dapur sebuah Magic Com bersinar pertanda dia memberi solusi terhadap masalah dipagi minggu yang aselik membingungkan.  Ini bukan kali pertama sih masak kue menggunakan Magic Com, sudah berulang kali~

Iya! Akhirnya Aku masak adonan tadi dengan Magic Com. Anak kos bisa nyoba nih! Seharusnya pakai cetakan yang diletakkan diatas kompor itu, apalah daya gas tiada. Jadi, maksimalkan sajalah apa yang ada.

Pertama, lumuri wadah pemasak nasinya dengan blueband dan tepung terigu agar tidak lengket. Lalu masukkan adonan. Hidupkan Magic Com lalu pilih untuk memasak nasi sekitar 15 menit. Lalu biarkan sekitar +/- 15 menit di posisi warm. Sambil di cek aja, kadang suka beda. Kalau terlihat sudah matang angkut aja. Ketika adonan setengah matang, taburi dengan jagung yang sudah dipipil sebagai toping.

Dannn jadilah! Tampilannya memang lebih mirip martabak jagung. Teksturnya lebih mirip bolu kemojo, untuk rasanya juga agak miri-mirip bolu kemojo. Tapi ini lebih   smooth syahdu gitu. Enak aja udahhh~ Nggak kemanisan yang paling penting. Kalau kue begini mah, Aku nggak suka terlalu kemanisan. Eneg!

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

kicauanvinacom




No comments:

Post a Comment

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)