[Kota Pekanbaru] Tugu Selais Tiga Sepadan Cerminan Masyarakat Melayu




Foto ini diambil pada tanggal 27 Agustus 2011, 1hari sebelum Hari Idul Fitri 1432. Di foto ini ada namanya patung Ikan Selais. Dulunya tempat ini bernama Bundaran Kaca Mayang / Air mancur (cmiiw). Bundaran? iya ini dulunya sebuah bundaran. Baru-baru ini sudah dirombak dan tidak menjadi Bundaran lagi, waktu Saya mengabadikan foto ini, Tugu Ikan Selais ini masih menjadi Bundaran. Dan nama lengkap dari tempat ini adalah Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan. Suasana yang indah, apalagi kalau malam hari, mengundang banyak masyarakat untuk berkunjung atau untuk mengabadikan nya kedalam sebuah foto. Yang datang pun dari usia muda hingga tua. Kadang ada badut juga sebagai hiburannya.
 




Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan ini berada di depan Kantor Walikota dan di depan taman rekreasi Putri Kaca Mayang dan berdekatan juga dengan Hotel Premiere.
Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan mengandung falsafah yaitu  tiga ekor ikan Selais yang diabadikan dalam bentuk saling bersentuhan sekan-akan berangkulan dengan mesra serta ditampilkan dalam gerak dinamis dan penuh kelemah lembutan; mencerminkan pelaku orang Melayu yang selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, saling berkasih sayang dalam kelincahan dan kepiawaian pergaulannya, sedangkan Air yang bergelombang diibaratkan cerminan samudera luas yang penuh ombak dan badai kehidupan yang selalu menghadapi cabaran dan tantangan, masalah dalam berbagai cobaan dan ujian - See more at: http://www.riaudailyphoto.com/2011/08/tugu-ikan-selais-tiga-sepadan.html#sthash.erC42n5q.dpuf


Sumber : www.riaudailyphoto.com
Dikutip dari riaudailyphoto.com, Tugu Ikan Selais Tiga sepadan ini mengandung Falsafah, yaitu tiga ekor ikan Selais yang diabadikan dalam bentuk saling bersentuhan sekan-akan berangkulan dengan mesra serta ditampilkan dalam gerak dinamis dan penuh kelemah lembutan; mencerminkan perilaku orang Melayu yang selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, saling berkasih sayang dalam kelincahan dan kepiawaian pergaulannya, sedangkan Air yang bergelombang diibaratkan cerminan samudera luas yang penuh ombak dan badai kehidupan yang selalu menghadapi cabaran dan tantangan, masalah dalam berbagai cobaan dan ujian.

Foto dikanan atas ini adalah penampakan Dari Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan pada siang hari.

Disamping Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan ini ada Tugu Adipura. Tugu Adipura ini dibangun untuk memperingati keberhasilan Kota Pekanbaru dalam Meraih Piala Adipura selama 7 kali berturut-turut dari tahun 2004 hingga 2011.
Ini bentuk Tugu Adipura Pekanbaru.

Sumber : www.riaudailyphoto.com

Selain Tugu diatas masih ada lagi Tugu Songket, Tugu ini berada di Jalan Tuanku tambusai yang juga jalan menuju Terminal Bus Payung Sekaki.

Dikutip dari riaudailyphoto.com, Ada 8 (Delapan) motif songket melayu yang terdapat di " Tugu  Songket "  ini , yaitu Motif Siku Keluang, Motif Siku Awan, Motif Pucuk Rebung Kaluk Pakis Bertingkat, Motif Pucuk Rebung Bertabur Bunga Ceremai, Motif  Siku Tunggal, Motif Daun Tunggal Mata Panah Tabir Bintang, Motif Wajik Sempurna, Motif Pucuk Rebung Penuh Bertali. Motif serta maknanya ini ditulis pada pondasi atau pada dasar Tugu.

Tugu Kemilau Songket

Sumber : www.riaudailyphoto.com


Cica Aisyah(Pink) - Vina(Biru)
Tambahan :D hihihi.. Foto ini diambil saat Member dari Blogger Bertuah selesai dari Kopdar. Langsung melancong ke  @burgerGabohPKU yang tentunya masih berada di Pekanbaru. Muehehe.. tepatnya di 2nd Venue Burger Gaboh  yang berada di Jl Suka Terus No 30 (Depan Hotel Nilam Sari, belakang SMKN 3).




Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Giveaway #7 Bertuah : Share your story about Pekanbaru.

Sponsor by : @burgerGabohPKU dan GitarGaul.com



1 comment:

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)