Skip to main content

[Kota Pekanbaru] Tugu Selais Tiga Sepadan Cerminan Masyarakat Melayu




Foto ini diambil pada tanggal 27 Agustus 2011, 1hari sebelum Hari Idul Fitri 1432. Di foto ini ada namanya patung Ikan Selais. Dulunya tempat ini bernama Bundaran Kaca Mayang / Air mancur (cmiiw). Bundaran? iya ini dulunya sebuah bundaran. Baru-baru ini sudah dirombak dan tidak menjadi Bundaran lagi, waktu Saya mengabadikan foto ini, Tugu Ikan Selais ini masih menjadi Bundaran. Dan nama lengkap dari tempat ini adalah Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan. Suasana yang indah, apalagi kalau malam hari, mengundang banyak masyarakat untuk berkunjung atau untuk mengabadikan nya kedalam sebuah foto. Yang datang pun dari usia muda hingga tua. Kadang ada badut juga sebagai hiburannya.
 




Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan ini berada di depan Kantor Walikota dan di depan taman rekreasi Putri Kaca Mayang dan berdekatan juga dengan Hotel Premiere.
Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan mengandung falsafah yaitu  tiga ekor ikan Selais yang diabadikan dalam bentuk saling bersentuhan sekan-akan berangkulan dengan mesra serta ditampilkan dalam gerak dinamis dan penuh kelemah lembutan; mencerminkan pelaku orang Melayu yang selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, saling berkasih sayang dalam kelincahan dan kepiawaian pergaulannya, sedangkan Air yang bergelombang diibaratkan cerminan samudera luas yang penuh ombak dan badai kehidupan yang selalu menghadapi cabaran dan tantangan, masalah dalam berbagai cobaan dan ujian - See more at: http://www.riaudailyphoto.com/2011/08/tugu-ikan-selais-tiga-sepadan.html#sthash.erC42n5q.dpuf


Sumber : www.riaudailyphoto.com
Dikutip dari riaudailyphoto.com, Tugu Ikan Selais Tiga sepadan ini mengandung Falsafah, yaitu tiga ekor ikan Selais yang diabadikan dalam bentuk saling bersentuhan sekan-akan berangkulan dengan mesra serta ditampilkan dalam gerak dinamis dan penuh kelemah lembutan; mencerminkan perilaku orang Melayu yang selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, saling berkasih sayang dalam kelincahan dan kepiawaian pergaulannya, sedangkan Air yang bergelombang diibaratkan cerminan samudera luas yang penuh ombak dan badai kehidupan yang selalu menghadapi cabaran dan tantangan, masalah dalam berbagai cobaan dan ujian.

Foto dikanan atas ini adalah penampakan Dari Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan pada siang hari.

Disamping Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan ini ada Tugu Adipura. Tugu Adipura ini dibangun untuk memperingati keberhasilan Kota Pekanbaru dalam Meraih Piala Adipura selama 7 kali berturut-turut dari tahun 2004 hingga 2011.
Ini bentuk Tugu Adipura Pekanbaru.

Sumber : www.riaudailyphoto.com

Selain Tugu diatas masih ada lagi Tugu Songket, Tugu ini berada di Jalan Tuanku tambusai yang juga jalan menuju Terminal Bus Payung Sekaki.

Dikutip dari riaudailyphoto.com, Ada 8 (Delapan) motif songket melayu yang terdapat di " Tugu  Songket "  ini , yaitu Motif Siku Keluang, Motif Siku Awan, Motif Pucuk Rebung Kaluk Pakis Bertingkat, Motif Pucuk Rebung Bertabur Bunga Ceremai, Motif  Siku Tunggal, Motif Daun Tunggal Mata Panah Tabir Bintang, Motif Wajik Sempurna, Motif Pucuk Rebung Penuh Bertali. Motif serta maknanya ini ditulis pada pondasi atau pada dasar Tugu.

Tugu Kemilau Songket

Sumber : www.riaudailyphoto.com


Cica Aisyah(Pink) - Vina(Biru)
Tambahan :D hihihi.. Foto ini diambil saat Member dari Blogger Bertuah selesai dari Kopdar. Langsung melancong ke  @burgerGabohPKU yang tentunya masih berada di Pekanbaru. Muehehe.. tepatnya di 2nd Venue Burger Gaboh  yang berada di Jl Suka Terus No 30 (Depan Hotel Nilam Sari, belakang SMKN 3).




Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Giveaway #7 Bertuah : Share your story about Pekanbaru.

Sponsor by : @burgerGabohPKU dan GitarGaul.com



Comments

Post a Comment

Orang Bijak akan selalu berfikir sebelum bertindak .. maka berfikirlah sebelum menulis :D Komentar yang nano-nano akan saya hapus. Blogger Kece akan meninggalkan komentar yang bermutu.

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …