Skip to main content

Member Bertuah at Event Kelas Berbagi Akberpekanbaru - "Basic Travel Blogging" with Ariev Rahman

Selamat sore, *karena postingnya sore* Saya Elvina Yanti melaporkan event pagi ini yang dilaksanakan di Pustaka Wilayah Soeman-HS tepatnya di lantai 4 di Ruangan Chevron Energy Corner.. Ngapain? Acaranya apa? akan kita bahas disini. 
Pastinya udah nggak Asing lagi dengan travelblog, yang isinya tentang perjalanan si empunya blog, bagaimana cara ke lokasi, budget untuk pergi kesuatu tempat dan banyak hal yang akan di share sama si empunya blog di blognya yang bergenre traveling. Yaa travelblog emang nggak jauh dari yang namanya jalan-jalan. Dan di blognya bakalan ditumpahin segudang pengalaman yang dirasakan selama trip yang dilalui oleh si empunya blogger. Agak berat nih bahasanya, dan ntah kenapa bisa begini.
Okay, mari kita masuk ke pembahasan. Lho? yang tadi bukannya udah mulai pembahasannya. Belum teman, itu masih cuapcuap aja. oke kita lanjut. Kali aja ada yang mau jadi travelblog. Ini rangkuman dari ceramah dari mas Ariev Rahman yang jadi narasumber di di kelasberbagi nya Akber Pekanbaru dengan Tema " Basic Travel Blogging ".
Bagi yang mau jadi travelblog nyimak ya cyinnn..
1. Why Blog?
disini maksudnya, kenapa harus medianya blog? kenapa nggak youtube, flickr, dll. Karena di Blog, kita bisa tumpahin semuanya, dari kumpulan foto, tulisan, video dll. Kita bisa pilih platform blog apa aja, dari Wordpress, Blogspot, tumblr dll.

2. What is Traveling Blog?
Apa sih traveling blog itu? travelblog itu semacam senyawa yang bisa buat kamu happy. lah kok senyawa? okeh salah. Travelblog itu adalah pengalaman seseorang selama perjalanan yang dia tempuh, misalnya kita mau pergi ke Kota Pekanbaru, nah dari perjalanan menuju lokasi yang kita tuju ini pasti ada pengalamannya. Misalnya, ketinggalanan Bus, ketinggalan dompet, ketinggalan pacar atau di tinggal pacar. Bisa jadi ketemu jodoh. Kita juga bisa jadi petunjuk untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan. misalnya ada yang lagi nyari, berapaan sih budget kesini? nah kali aja dia ada nanya, di Pekanbaru ada apaan sih? nah bisa aja nyemplung di blog kamu yang ada tentang apa aja yang ada di Pekanbaru yang udah kamu share sebelumnya. Dan semua perjalanan kamu selama di Pekanbaru. Intinya sih, Traveling Blog itu adalah pengalanan seseorang tentang perjalanannya.

3. Ada tiga element dari Travel Blog
Apa aja sih?
  • Blog, ya blog. seperti yang sudah di jelaskan. Untuk menjadi TravelBlog kamu harus punya blog. Blog yang fungsinya sebagai media untuk kamu berbagi kepada khalayak ramai.
  • Story, pengalaman kamu dalam sebuah trip atau perjalanan mau senang, sedih lucu dll. karena hal ini yang akan kamu share di blog. Bagi seorang travel blogger hal copas adalah hal yang tabu banget, jadi jangan kamu copas. Meskipun kamu terinspirasi dengan tulisan seseorang jangan sampai deh ya copas atau meniru gaya tulisannya. itu namanya plagiat! kamu harus bisa menemukan style kamu sendiri agar ngeh di kamunya. Di story ini juga harus ada informasi, misalnya budget, akomodasi apa yang bisa di gunakan, kuliner dan banyak yang lainnya. tapi jangan sampai ngebosenin si pembaca.
  • Photo, seperti yang kita ketahui, no pict = hoax. dan bubuhi lah beberapa foto di blog yang kamu pelihara. Mas Ariev bilang, kalau mau masukin foto jangan terlalu banyak yang selfie. Tapi perbanyak foto pemandangan/landscape dll. Dan kalau bisa foto yang di posting jangan terlalu banyak, kamu ga mau nyakitin para fakir quota kan :) dan kalau misalnya nggak ada foto, kamu bisa cari fotonya di internet, dan cantumkanlah source atau sumber foto tersebut karena status kita minjam foto. ya kan :)
Untuk themenya cocokan hal tersebut dengan mood dan gaya kamu. Yang buat kamu nyaman. dan si pembaca juga nyaman.

Ada 3 cara mudah untuk memulai menulis sebuah travelblog. Apa itu? Apa ini..
  1. Topik : Tentukan topiknya.
  2. Foto-foto : tentukan foto yang akan di post dan ceritakan apa yang ada di foto. karena dengan adanya foto, kita akan mudah menceritakan sebuah perjalanan.
  3. Dan kalau udah ada semuanya, lets do it.. Buatlah cerita dari 2 hal yang udah di sebutkan di atas.
Dan tadi Mas Ariev Rahman juga ada nampilin Quote dari Dan Poynter " If you wait for inspiration, you're not a writer, but a waiter"

Dan quote ini agak ngena, karena kebanyakan saya posting tergantung mood dan inspirasi yang didapatkan.

Content yang ada di dalam sebuah Travel Blog
  • Culinary
  • Destination
  • Tips & Trick
  • Transportation
  • Accomodation
  • Budget
  • Fashion
  • Story
  • Gadget
  • Experience
  • Culture
  • History
  • Nature
  • Achitecture
  • Music
  • etc
Dan hal yang dituliskan diatas adalah beberapa content di dalam sebuah Traveling Blog.

Bagaimana cara mengembangkan Travel Blog?

Dalam sebuah pengembangan blog itu sendiri kamu harus Konsisten, jangan sampai hari ini nulis 2 tahun kedepan baru nulis lagi. buatlah jadwal misalnya seminggu sekali atau dalam sebulan harus ada minimal 10 artikel. Karena travel blog juga nggak mesti kamu harus jalan-jalan dulu, misalnya dari mendengar cerita dari teman atau rekan dll.
Bergabung dengan sebuah komunitas agar kamu dapat sharing ilmu dan sharing pengalaman.
Share the link, atau bagikan di sosial media apa yang udah kamu tulis agar dapat mendongkrak visitor. Respect Your reader, dalam hal ini misalnya kamu selalu memberikan respon yang baik terhadap pembaca dengan membalas komentar mereka. Komentar mereka adalah suatu penghargaan dari si pembaca.

Apa sih fungsi dan manfaat atau Apa sih keuntungan yang di dapat dari Travel Blog?

1. Jurnal untuk diri kamu sendiri, jadi ketika kamu membaca postingan kamu kamu bisa ingat kembali tentang sebuah perjalanan yang udah kamu lalui. dan hal ini akan jadi petunjuk bagi orang lain.

2. Bisa mendapatkan pemasukan dari sini, dengan kamu konsisten kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sini. misalnya, kamu mau berkunjung ke mana gitu, nah pada waktu mau ke tempat hiburannya membutuhkan dana dan setidaknya dengan kamu konfirmasi dengan si pengelola sebelumnya kamu bisa aja dapatin potongan atau discount tapi kamu harus punya hal yang dapat menguntungkan mereka juga, dengan share pengalaman kamu disana. atapun kamu dibayar, misalnya mengunjungi suatu tempat dan kamu share lagi untuk promosi dll. begitu manteman :) dan nggak hanya itu kamu juga bisa dapatin teman baru, dan pengalaman yang awesome banget..
Dan itulah rangkuman yang menurut saya emang panjang, tapi ya gitu..
Thanks to Mas Ariev Rahman yang udah share pengalamannya.

Dan di akhir acara kami berfoto bersama, ada Cica Aisyah, ada Saya, ada Mas Ariev Rahman yang tentunya pasti ada di tengah make baju biru, ada Irhas, dan Kak Neyna yang salah satu relawan Akber juga.

Foto Bareng Mas Ariev Rahman
kalau penasaran sama Mas Ariev, bisa langsung ontheway ke Situsnya - www.backpackstory.me 

Baiklah, begitulah laporannya yang dapat Saya sampaikan hari si sore hari yang berbahagia ini. Salam Blogger Kece.. mhuahaha

Comments

  1. Manfaatnya emang banyak sih, lebih mengenal lagi dengan tempat-tempat yang ada di Indonesia pastinya. Dan yang terpenting memberi info bagi mereka yg ingin berkunjung ke tempat yang sudah dikunjung oleh orang lain.

    Kunjungan perdana nih kayaknya. Salam kenal yah.

    ReplyDelete
  2. iya, tergantung si empunya blog nya aja lagi gimana cara ngembangin dan memanfaatkannya :D

    makasih bewenya.. salam kenal kembali ..

    ReplyDelete
  3. nanti blogger keren kayak saya akan melaporkan hasil jalan-jalan ke Alam Mayang yang merupakan salah satu destinasi keren di Pekanbaru, sore dan cacawwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. haseekkk .. bisa bisa ... nanti rekrut vina juga ya :D

      Delete
  4. Alhamdulillah, baru tahu namanya kalau blogger yg posting tentang perjalannya menuju ke suatu tempat di sebut dgn tema TravelBlog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak bener.. vina juga baru tau.. jadi sekalian sharing deh :) makasi udah mampir ..

      Delete

Post a Comment

Orang Bijak akan selalu berfikir sebelum bertindak .. maka berfikirlah sebelum menulis :D Komentar yang nano-nano akan saya hapus. Blogger Kece akan meninggalkan komentar yang bermutu.

Popular posts from this blog

Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket. Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.
Ketika Membalikkan Makanan Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ik…

Contoh Paper Nilai - Nilai Pancasila Terhadap Tuhan YME

Hai guys, Miss Purple beberapa hari ini di pusingkan dengan tugas makalah dan paper.. bingung ga au apa beda paper sama makalah -___-.. duaduanya sama sama membingungkan.. bisa nyari ngeNet ga masalah sih.. tapi meski dari buku ┌(_o_)┐ sesuatu banget~~ tapi untuk yang satu ini untungnya Miss Purple ga mesti dari buku nyarinya.. Yukk Capcus liat karya yang ga seberapa ini :D




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat.
Harapan Kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca dan pendengar persentase Kami, sehingga Kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, dan untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.

Makalah ini Kami akui m…

Fakta Tentang Member BTOB

selamat sore reader, hari ini admin mau membahas tentang BTOB lagi, yaph! bagi para melody mendengar semua tentang BTOB pastilah hal yang sangat di tunggu. yuk mari baca beberapa fakta dari BTOB.


BTOB live debut pada tanggal 22 Maret 2012 di M! CountdownPada tanggal 22 Maret 2012 juga BTOB meluncurkan  2 debut lagu berjudul Insane dan Imagine.BtoB memiliki 4 vokalis (Sungjae, Changsub, Hyunsik, Eunkwang) dan 3 rapper (Minhyuk, Ilhoon dan Peniel)Peniel lahir di Chicago dan pindah ke Korea selama kurang lebih dua tahun dari sekarang (2012).BTOB dikenal untuk menjadi baik dalam harmonisasi.Peniel dulu adalah peserta training di JYPE dan kemudian ditransfer ke CUBE pada tahun 2011.Member BTOB bisa berbahasa Inggris dan Mandarin dengan lancar.Minhyuk pandai dalam akrobatik.Changsub bisa memainkan drum.Peniel dan HyunSik bisa bermain gitar.Hyunsik adalah anak laki-laki dari penyanyi Im Ji Hoon.Sungjae belajar di Cebu, Filipina.Peniel muncul di MV San-E “맛좋은 산” sebelum ia memulai debutnya di …