Friday, April 30, 2021

Pemanfaatan Cloud Computing di Era Industri 4.0

Hallo! Kali ini Vina mau berbagi informasi yang berbobot, nih. Tumben. Semakin kesini, zaman itu semakin berkembang. Termasuk cara bekerja, cara berkomunikasi dan juga cara transaksi jual-beli. Semua sudah serba via internet. Untuk apa? Efisiensi dan lebih mudah aja gitu. 



Pemanfaatan Cloud Computing di Era Industri 4.0


Apa itu Cloud Computing ?

Bytheway, sudah pada tahu belum tentang Cloud Computing?. Jadi, Cloud Computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses, mengelola data, dan dapat update informasi tentang data yang ada secara realtime kapan saja, dan dimana saja. Mau lagi bengong di kamar kecil juga, hayuu~ Cloud Computing juga dapat memberikan efisiensi pada financial para pelaku dan penggiat usaha dalam dunia digital. Dan sumber daya yang paling penting dimiliki oleh Cloud Computing adalah memiliki internet. Yaiyalah yakan.. 


Jadi, secara teori Cloud computing dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga applikasi pengguna.


Cara Kerja Cloud Computing ?

Nah! Cara kerja Cloud Computing begini. Internet menjadi pusat server dalam mengelola data. Segala sumber daya dan juga data terpusat pada internet. Cukup terkoneksi dengan internet dan memiliki layanan cloud computing user atau pengelola dapat mengakses program dan applikasi tanpa harus diinstall pada perangkat fisik yang ada. Hal ini karena media penyimpanan yang ada merupakan media penyimpanan virtual. Jadi ngga perlu takut kehabisan media penyimpanan pada perangkat fisik yang kita punya. Contohnya saja Telegram. Semua dokumen yang dibagikan akan tersimpan pada penyimpanan virtual atau cloud computing yang kapan saja bisa diakses kembali. Juga penyimpanan dokumen tidak membebani perangkat seluler yang kita gunakan. Contoh yang lebih dekat lagi seperti Google Drive. Kita bisa menyimpan data apapun yang bisa diakses kapanpun tanpa perlu takut kehilangan data dengan batasan media yang diberikan oleh kebijakan Google.


Kenapa memilih Cloud Computing ?

Sejauh mata membaca artikel ini, apa sih fungsi dan manfaatnya? Untuk fungsinya sendiri mengurangi penggunaan perangkat secara fisik tapi memiliki kinerja yang maksimal. Saat ini cloud computing menjadi solusi dari kebutuhan hardware pada setiap bisnis yang bergerak dibidang digital. Selain bagus dan murah, aksesnya juga mudah serta mampu meringankan pekerjaan para IT. Sistem yang bisa diakses selama 24 jam bagi para pekerja IT yang bekerja lebih banyak via remote. Memudahkan para IT juga dalam proses perawatan dan maintenance.


3 Hal yang harus kamu ketahui tentang manfaat dari penggunaan cloud computing


  • Media penyimpanan yang terpusat 

Seperti namanya cloud computing merupakan media virtual yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengelola data. Jadi, para pemilik bisnis tidak perlu lagi memikirkan infrastruktur yang dibutuhkan karena sudah tersedia secara virtual pada layanan cloud computing.

    
  • Keamanan data
Cloud computing tidak serta merta membagikan semua data bisnis dan data privasi ke dunia internet. cloud computing  juga dilengkapi sistem keamanan yang mumpuni. Dapat terhindar dari yang namanya data corrupt yang biasanya sering terjadi pada media fisik yang digunakan karena kurangnya perawatan pada perangkat fisik.


  • Lebih murah dan lebih mudah

Cloud computing memanfaatkan sistem penyimpanan secara virtual, jadi ngga perlu lagi mikirin "eh harddisk udah full nih" atau "Yah! Harddisk bad sector, gimana, dong!". Para IT rentan stres juga nih kalau sudah bermasalah dengan hardware. Sekarang sudah banyak provider yang menyediakan layanan Cloud Computing.


Pemanfaatan Cloud Computing di Era Industri 4.0
source : IDCloudhost



Cloud computing terbagi dalam 4 jenis.


  • Private Cloud
Private cloud biasanya lebih banyak digunakan untuk pemilik bisnis yang memanfaatkan sistem cloud computing. Biasanya digunakan untuk data internet, seperti mail list dan data internal yang hanya digunakan untuk transaksi data pada perusahaan yang sama. Seluruh infrastrukturnya hanya digunakan oleh perusahaan terkait tanpa berbagi dengan perusahaan lainnya yang tidak berafiliasi. Hal ini untuk mejaga keamanan data dan infrastruktur lebih teratur.

  • Community Cloud
Pada community cloud biasanya digunakan pada sebuah organisasi tertentu. Aksesnya digunakan secara sharing yang bisa saja dikelola oleh third party secara internal maupun eksternal. Jadi bisa sharing biaya pada penggunaan layanan cloud computing. Biasanya seperti organisasi gitu kebanyakan menggunakan cloud jenis ini.


  • Public Cloud
Public cloud biasanya juga sering kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dulu ada namanya mediafire atau media tempat penyimpanan online yang bisa diakses oleh siapa saja. Twitter dan Instagram juga merupakan sebuah public cloud. Semua bisa mengakses data yang kamu bagikan disana. Kelemahan cloud jenis ini ya pasti pada keamanan. Karena semua orang bisa mengakses datanya. Jadi, kita perlu banget memilah provider yang trusted untuk jenis cloud ini.


  • Hybrid Cloud
Berbeda dengan jenis lainnya, biasanya penggunaan cloud jenis ini pada penggunaan yang sangat serius dan sangat penting. Berhubungan antar perusahaan yang interaksinya antara B2B atau Business to Business seperti contoh antara provider yang bekerja sama menyediakan sebuah layanan. Lalu ada B2C yang merupakan Business to Consumer yang berarti langsung berhubungan dengan kebutuhan consumen atau user yang akan menikmati layanan. 



Contoh dari pemanfaatan cloud computing di Era Industri 4.0 

Sebut saja E-Commerce yang sudah rame banget! Salah satunya Buka Lapak lalu ada Tokopedia. Peranan cloud computing pada bisnis ini sangat penting. Segala data consumen, data penjual dan data komoditas yang diperjual belikan berada pada cloud computing. Nggak kebayang kalau mereka harus menyediakan sendiri secara perangkat hardware, software untuk setiap kebutuhan mereka. Belum lagi kinerja IT yang super duper ekstra keras. Tapi dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh layanan cloud computing.

Kamu juga bisa bangun bisnis kamu dengan cloud computing dengan cara memilih provider yang terpercaya dan mumpuni untuk menunjang usaha kamu. Pastikan semua manfaat dari cloud computing dapat kamu fungsikan dengan baik dan benar. 

Bagaimana, sudah mulai ada pencerahan apa itu Cloud Computing? Yuk berbagi komentar apa aja manfaat yang udah kamu rasakan, atau bahkan mungkin kamu seorang penyedia layanannya ?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^