Saling Memaafkan itu Sehat Lho!!

Hai hai reader :) selamat pagi semua.. udah mau lebaran aja ya! ga terasa sudah hampir 1 bulan kita menjalankan Ibadah Puasa di tahun ini. rasanya singkat banget dan udah mau Lebaran. sebenarnya sih, saling memaafkan itu bukan hanya pada saat Hari Raya Idul Fitri aja, seharusnya setiap hari kita harus saling memaafkan. seiring bertambahnya umur, Miss Purple jadi terfikir masalah dimasa silam. Miss Purple mau mencoba untuk memaafkan seseorang, ya walaupun itu agak sulit sih, tapi Allah aja bisa dengan mudah memaafkan Umatnya, masak Miss Purple yang cuma manusia biasa ga mau.. ya kan ? dah Miss Purple juga belajar untuk ikhlas :) semoga tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu. dari segi fikiran semakin dewasa dan lebih taat lagi ibadahnya :). Aamiin..

Nah, dari pada Miss Purple curhat ga jelas, mending kita lanjut ke topik Saling Memaafkan itu Sehat Lho!! kenapa Miss Purple bilang sehat? ya jelas dong.. kita mampu memaafkan orang, dan pasti kalau kita memaafkan orang kita ga punya dendam dong ya.. karena dendam itu bisa membawa penyakit berbahaya yang mungkin bisa menjadi penyakit hati. karena hati adalah pusat dari segalanya. jika hati kita rusak, maka rusaklah semuanya. kira-kira sih begitu :) kalau ga salah ya.. Miss Purple udah punya keslahan besar tahun ini, karena nyimpan dendam dan kebencian kepada sesama umat muslim hanya karena masalah ya, mungkin buat Miss Purple agak berat ya.. tapi Miss Purple akan coba ikhlas dalam memaafkan. di Alqur'an pun udah di jelaskan, bagi siapa yang memutuskan Tali Silaturrahim sesama umat islam, maka Surga akan dijauhkan darinya, dan Miss Purple ga mau dong ya.. dengan solat tiap hari aja belum tentu Miss Purple bisa masuk surga. apalagi memutuskan tali silaturrahim yang akan menambah dosa menumpuk di tahun ini. Nah, Jangan hanya meminta dan berbagi maaf saat Idul Fitri saja. dan menurut psikolog pun, ternyata memberikan maaf itu  menyehatkan, baik secara fisik maupun mental. nah, benarkan ?? :)

Saling Memaafkan itu Sehat Lho!!

“Rasa marah, benci, dan dendam yang dipertahankan dalam hati akan berpengaruh besar terhadap kesehatan mental, juga berimbas pada kesehatan fisik,” kata Psikolog dari Univesitas Islam Bandung, Ice Shofiyyatulloh. itu emang benar adanya. Miss Purple udah pernah merasakan soalnya :)

Kesehatan mental sendiri didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, orang lain, masyarakat, serta lingkungan di mana dia hidup dan berinteraksi. “Bila dalam diri seseorang tersimpan emosi negatif, tentu ini akan menghambat kemampuan individu menyesuaikan diri,” kata Ice.

Menyimpan rasa marah, katanya, secara psikologis membuat diri sendiri tidak tenteram dan orang lain pun merasa tak nyaman. Seseorang yang tidak memiliki ketenteraman batin atau ketenangan, biasanya fisiknya mudah lelah.

“Sebab emosi negatif berpengaruh besar pada sistem kerja organ tubuh yang mengakibatkan seseorang mengalami masalah kesehatan,” jelasnya.

Berbagai masalah kesehatan berpotensi muncul jika hati dipenuhi emosi negatif. Salah satunya stres. Kemudian, rasa tidak nyaman ini bakal berimbas pada lingkungan sekitar.

“Bila seseorang sudah mulai tidak mampu memberikan rasa nyaman pada lingkungan, otomatis kesehatan fisik dan mentalnya akan terganggu,” ujar Ice.

Memelihara emosi negatif juga bisa menyebabkan terganggunya kesehatan fisik, seperti munculnya penyakit jantung, maag, asma, gangguan kulit (jerawat), liver dan berbagai penyakit lain. “Jadi ada korelasi tinggi antara menyimpan emosi negatif dengan munculnya berbagai penyakit fisik,” tambah Ice.

Perilaku individu juga akan terpengaruh. “Mereka jelas tidak adaptable dengan diri sendiri dan lingkungan. Sebab, akan muncul emosi lain yaitu rasa malu, khawatir, sedih, dan takut sebagai akibat munculnya penyakit fisik,” tandasnya.  

Dalam situasi seperti itu, perilaku yang tampak adalah tidak menemukan harmoni dengan orang lain. Alhasil, individu penyimpan rasa marah cenderung menarik diri dari lingkungannya atau justru sebaliknya, lebih agresif terhadap lingkungan dalam rangka melindungi dirinya.

Cara terbaik untuk keluar dari masalah tersebut, lanjut Ice, adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain. Mungkin bagi sebagian orang memaafkan tidak mudah, tapi sebenarnya gampang jika ingin dilakukan.

“Menulis kata memaafkan saja sudah membawa rasa tenang dan tenteram di hati, apalagi mengucapkan secara verbal dan mengaplikasikannya,” tambah konsultan psikologi lepas ini.

Menurut dia, memaafkan itu bukan memaklumi, melupakan, pembenaran, ataupun menenangkan diri. “Memaafkan adalah proses untuk kembali pada kondisi nol seperti sebelum terjadi apa-apa. Dia akan kembali merasa tenang, harmoni, tidak terpicu atau terstimulasi lagi oleh masalah yang telah lewat meski ia tidak melupakannya tetapi dirinya tetap tenang,” urainya.

Di sinilah, mengapa orang-orang yang mudah memaafkan hatinya selalu bahagia. Jika hati bahagia, jiwanya merasa tenang, tenteram dan tidak dihantui rasa marah. Secara otomatis mentalnya akan sehat. Itulah makna besar yang terkandung dalam ritual saling memaafkan.

Ice berbagi tips mudah memaafkan. Kata dia, tanamkan dalam diri, tidak ada untungnya memelihara rasa marah, benci dan dendam. Tidak ada masalah dan persoalan apa pun yang selesai dengan kemarahan, kebencian, dan dendam. “Justru yang ada, perasaan tersebut akan merusak diri sendiri, baik fisik maupun mental,” tegasnya.

semoga dengan kamu membaca artikel ini.. kita semua akan semakin Ikhlas untuk memaafkan dan mudah untuk meminta maaf. Dan ini adalah Postingan Miss Purple yang sebelumnya sudah ada juga sih :D hanya repost aja .. hihihihi .. disini

6 comments:

  1. dan tidak saling memendam dendam akan lebih baik untuk kesehatan...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bener .. baik juga untuk hati :D

      Delete
  2. Yup, sehat psikis, sehat juga fisik kita. Sehat ruhiyahnya, sehat juga raga kita.
    Selamat Idul Fitri!

    ReplyDelete
  3. Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Hari Raya Idul Fitri :)

      Salam Blogger Kece :D

      Delete

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)