Sering Kesal dengan Wajan yang Lengket? Inilah Solusinya!

Masalah di dapur biasanya selalu dirasakan oleh para pemula yang baru belajar memasak. Tetapi khusus masalah yang satu ini, orang yang sudah mahir memasak juga kerap mengalaminya. Masalah itu tak lain adalah wajan yang lengket.
Segera dapatkan wajan berkualitas sesuai kebutuhan di MatahariMall. Keunggulan belanja online di MatahariMall bukan hanya dari segi harga terjangkau saja, tetapi juga kemudahan akses situs yang serba cepat dan praktis. Agar wajan kesayangan tidak lengket ketika digunakan, coba praktikkan beberapa tips ini, yuk.

Source : Google


Perawatan Pertama untuk Wajan Anti Lengket
Wajan anti lengket yang baru dibeli harus dirawat dengan perawatan pertama yang tepat. Didihkan air pada wajan tersebut kemudian bubuhkan sedikit cuka. Diamkan sesaat sebelum mematikan kompor. Selanjutnya, wajan yang sudah dingin bisa dicuci seperti biasa dan siap untuk digunakan.

Ketika Membalikkan Makanan
Usahakan untuk membalikkan makanan ketika teksturnya sudah kering ya, teman-teman. Ketika menggoreng daging, ikan, atau ayam biasanya permukaannya membutuhkan waktu agak lama supaya kering sempurna. Oleh sebab itu, pastikan salah satu sisi makanan yang digoreng sudah kering. Sehingga tidak ada lagi bahan makanan basah yang menempel di wajan.

Menggunakan Spatula Kayu
Penggunaan spatula berbahan kayu sangat penting ketika memasak menggunakan wajan anti lengket. Spatula kayu akan membuat lapisan anti lengket pada wajan menjadi lebih awet. Penggunaan spatula dari stainless steel malah berisiko membuat lapisan anti lengket terkelupas. Sehingga lama kelamaan wajan menjadi lengket dan sisa-sisa lapisan yang menempel di makanan dapat membahayakan kesehatan.

Agar Tidak Lengket Saat Menggoreng Ikan
Banyak orang yang enggan menggoreng ikan sebab bahan makanan kaya protein ini mudah lengket di wajan. Untuk mencegahnya, lumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan. Kemudian panaskan minyak goreng di wajan dan letakkan selembar daun pisang. Terakhir, letakkan ikan yang akan digoreng di atas daun pisang supaya ikan tidak langsung bersentuhan dengan wajan. Tampilan ikan goreng pun jadi lebih menggugah selera karena tidak menempel di wajan.

Sekarang gak perlu ragu lagi dong untuk belajar memasak setiap hari. Perkara wajan lengket tidak akan lagi menyusahkanmu kalau kamu sudah mengetahui cara mengatasinya. Selamat memasak!

2 comments:

  1. Huaaa bener juga aku juga bete banget kalo wajan di dapur lengket. thanks for the tips sis ^^

    ReplyDelete
  2. Pake spatula kayu? wah iya juga, tak pernah terpikir sampai kesitu.. Makasih mbak infonya. Nice info gan! X)

    ReplyDelete

Bijaklah dalam berkomentar di sosial media :)