Friday, July 15, 2022

Tepis Galau, Balik Lagi Melakoni Pekerjaan Lama

Dua tahun yang lalu. Suasana tenang, dan cuaca pun cerah. Diiringi suara khas dari ketukan keyboard, Aku kembali memikirkan dan memantapkan hati untuk menyampaikan niatku yaitu, resign. Aku memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebagai Network Administrator. Dengan suhu tangan yang berubah menjadi dingin seolah membeku, serta takut bercampur sedih semua bergabung menjadi satu. Sumpah! Berasa ingin mengakhiri hubungan dengan kekasih hati. Eaaa!


Delapan tahun bukanlah waktu yang sebentar. Dengan lancangnya Aku mengakhirinya. Butuh waktu dua tahun untuk memutuskan perkara resign ini. Tenang, resignya tentu mengikuti aturan yang berlaku dan etika yang baik.


Alih-alih berfikir pindah pada kompetitor, tapi diri ini merasa sudah lelah untuk bekerja dibidang ini. Aku memilih untuk mencari kerja dibidang lain. Tapi, kenyataannya, Aku gagal move on. Wkwkwwk!


Dua tahun menjadi pengangguran banyak acara, tiada hari tanpa memikirkan pekerjaan yang lama. Jika, kebanyakan wanita galau mikirin pasangan, tidak dengan seorang Vina. Galaunya mikirin kerjaan dan ingin kembali. Coba gimana itu! Boro-boro balik ke mantan, malah balik ke kerjaan. lol.


"Jika Aku kembali, lalu untuk apa Aku memutuskan untuk pergi?" Gumamku dalam hati.

 

Tepis Galau, Balik Lagi Melakoni Pekerjaan Lama



Sore itu, diawal tahun 2020, Aku kembali memantapkan hati untuk kembali bergelut dibidang NetAdmin, Kita singkat aja, ya sebutannya menjadi NetAdmin. Ntah memang sudah jalannya, semuanya berjalan lancar dan mulus banget! Aku kembali. Disambut dengan keyboard yang telah ku tinggalkan sebelumnya. Jodoh memang tidak kemana.


Sekembalinya menggeluti bidang NetAdmin, semua pekerjaan yang ku tinggalkan kembali ku kerjakan. Walaupun pekerjaan ini sangat menyita waktu dan perasaan. Tahu istilah No Life? Itulah yang ku jalani saat ini. Tapi, hanya dengan melakukan pekerjaan ini perasaan galau itu memudar.


Hari-hari berkutat di depan monitor. Bahkan untuk beranjak dari kursi pun bisa dihitung jari tangan kanan. Tiada keheningan yang lepas dari suara ketikan keyboard serta deringan telpon. Ah! Bahagianya bisa kembali. 


Berbicara tentang pekerjaan sebagai Network Administrator, tahukah kamu apa itu Network Administrator ? Yuk! Kenalan dengan bidang pekerjaan satu ini. Dan alasan mengapa seorang Vina jatuh cinta sama pekerjaan ini.


Apa itu Network Administrator ?


Network administrator adalah salah satu profesi di bidang IT yang berperan penting dalam mengatur jaringan sebuah perusahaan. Sebagai Network Administrator, mereka harus memiliki pengetahuan mendasar mengenai jaringan. Semakin besar jaringan dan sistemnya, semakin besar tanggung jawabnya, semakin gila NetAdminnya.


Berikut peran seorang Network Administrator


  • Memahami Dan Merancang Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah hal yang wajib banget. Ada aja celah kecil, kelar udah perusahaannya. Bayangin aja jadi NetAdmin di sebuah Bank. Kebobolan, gawat banget, bukan? Analoginya pada sebuah rumah. Jika ada 1 jendela aja yang tidak terkunci, akan memudahkan maling untuk masuk ke rumah.

  • Mengkonfigurasi Jaringan Dan Sistem Komputer

Segala perangkat server harus dipahami konfigurasinya. Agar internet serta koneksi antar komputer di dalam sebuah perusahaan dapat berjalan sebagaimana fungsinya. Dari koneksi internet hingga sharing antar komputer. Penggunaan IP address dan pembagian bandwith.

  • Mengidentifikasi Masalah Jaringan

Ngga cukup dibagian konfigurasi, ketika terjadi masalah para NetAdmin harus melakukan identifikasi masalah dan solusinya. Bayangin, udah ngecek masalah berjam-jam tau-tau koneksi atau sistemnya normal sendiri. Salah satu hal yang bikin galau! Belum lagi kalau masalah itu karena ada looping di dalam sistem jaringan komputer. 

  • Memberikan Tawaran Solusi Mengenai Masalah Komputer

Setelah menemukan kendala, harus bisa memberi solusi untuk penanganan dan pencegahan masalah terjadi kembali. 

  • Berkomunikasi Dengan Klien

Perkara berkomunikasi dengan klien ini juga PR banget. Kita harus memberikan penjelasan dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh klien atau end user. Banyak analogi yang disampaikan untuk membuat klien mengerti apa kendala dan solusi yang telah dan perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Seperti yang kita ketahui bersama, banyak instilah dalam dunia IT yang tidak semua kalangan bisa mengerti.

  • Memantau Jaringan Dan Sistem Komputer

Nah! Bagian yang ngga kalah bikin deg-degan. Dijam-jam mau pulang adalah jam paling sakral. Tiga puluh menit sebelum pulang, dipantau masih aman, damai, sentausa. Tapi, di 5 menit mau melangkah menuju mesin absen, drama dimulai. Duar! Suara petir menggelegar, membuat layar monitor gelap semua alias time out!. Langkah harus terhenti dan kembali duduk di singgahsana. 

  • Bekerja Sama Dengan Petugas IT

Sebagai NetAdmin, berkomunikasi dengan petugas IT adalah hal yang paling wajib. Petugas IT melaporkan kendala yang ada untuk dapat diproses oleh NetAdmin. Bahkan saling membantu untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam sistem jaringan.

  • Memelihara Penunjang Jaringan

Untuk menjaga kualitas koneksi internet dan jaringan komputer, maintenance berkala pada infrastruktur adalah hal yang wajib. Jangan sampai server atau router keburu down dan mengakibatkan koneksi blackout. Apalagi diakhir atau awal bulan, crowded.


Apa yang Membuat Seorang Vina Jatuh Cinta dengan Network Administrator ?

Ini agak sedikit gila memang. Pernahkah kamu menangis saat meninggalkan tumpukan server atau router? Menangisi keyboard yang akan ditinggalkan dan berfikir tidak akan bertemu lagi ? Yes! I do. Seorang Vina menangisi benda-benda itu saat memutuskan untuk resign. Sebenarnya hati ini menjerit dikala hari terakhir kerja. Pedih.

  • Pekerja di Balik Layar


Bekerja sebagai NetAdmin membuat Aku jauh dari kegalauan, bahkan kesepian. Hari-hari berteman dengan komputer. wkwkwkwk! Biasa dikenal dengan sebutan No Life oleh kebanyakan orang. Bekerja dibalik layar, tanpa harus bertatap muka dengan warga yang ramai. Tidak harus berdandan lengkap warna-warni. Cukup dengan terlihat fresh, wangi dan rapi.

  • Work From Anywhere


Hal yang sangat penting, pekerjaannya bisa via remote. Kamu bisa bekerja dari manapun selagi masih bisa terhubung dengan koneksi internet. Jauh dari masa pandemi, para NetAdmin sudah banyak yang WFA, Work From Anywhere. Nah! Untuk mendukung pekerjaan remote ini, pastinya butuh banget yang namanya koneksi internet

Bersyukur banget, Internetnya Indonesia sudah maju. Dari infrastruktur serta teknologi yang digunakan. Bahkan saat ini sudah ada yang menggunakan perangkat yang mendukung WiFi 6. Infrastruktur yang mumpuni serta teknologi terbaru membantu penggunaan internet dapat lebih baik. Dari segi speed atau kecepatan hingga kapasitas data.

Di Indonesia, warga pasti sudah mengenal Internet Provider IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Hampir 2 tahun menggunakan koneksi internet dari IndiHome untuk penggunaan di rumah. Memudahkan pekerjaan agar dapat dilakukan dari rumah, jadi walaupun di rumah Aku tetap bisa terhubung untuk cek koneksi jaringan.


IndiHome saat ini juga sudah didukung teknologi Fiber Optic untuk menghantarkan koneksi internetnya ke setiap rumah ataupun perkantoran. Dengan pemanfaatan fiber optic ini, para user IndiHome dapat memiliki bandwith yang besar. Jangan heran jika internet saat ini udah berasa murah banget. Beda saat di awal-awal internet masuk ke Indonesia. Harga per 1Mb untuk bandwith itu melejit!. Sekarang mah, ngga usah khawatir, paketan dari IndiHome sudah tersedia berbagai rupa dar puluhan MB hingga ratusan MB dengan harga yang worthed! Sebagai NetAdmin yang harus siap siaga terhadap gempuran masalah yang datang tiba-tiba, always connected wajib jadi semboyan.


Manfaat Internet

Berbicara soal koneksi internet, apa aja manfaat internet yang sudah dirasakan?

Buat Aku, seorang NetAdmin, manfaat internet luar biasa banget. Selain menjadi sebuah pekerjaan berikut manfaat internet yang dirasakan warga pada umumnya.

  • Berbagi informasi dan bertukar kabar dengan orang-orang di seluruh belahan dunia dengan cepat.
  • Dapat melakukan transaksi paymen tanpa ribet, bahkan bisa melakukan transaksi di malam hari sekalipun.
  • Pekerjaan dibidang internet yang luas 
  • Tetap dapat menjalin silaturahmi dengan keluarga walaupun terpisah jarak.
  • Menemukan ilmu baru dan sumber hiburan
  • dll
Pasti banyak manfaat internet jika digunakan dengan baik dan benar. Seperti pisau yang memiliki 2 mata. Tajam dapat mengiris untuk membantu kegiatan manusia, dan ketajamannya pun dapat membunuh manusia. Gunakan internet dengan bijak, ya..


Internet adalah..

Sebelum membahas apa itu internet, yuk! intip seberapa banyak pengguna internet di Indonesia dulu, ya. Dikutip dari katadata.co.id, Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022. Jumlah itu naik tipis 1,03% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 202,6 juta.


Tren jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, saat ini jumlah pengguna internet nasional sudah melonjak sebesar 54,25%.


Sementara itu tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% dari total penduduk pada awal 2022. Tercatat, total penduduk Indonesia berjumlah 277,7 juta orang pada Januari 2022.



source : katadata.co.id


Dari grafik terlihat lonjakan penggunakan internet dari tahun 2019, seperti yang kita sama-sama tahu, 2019 adalah masa pandemi covid dimulai. Banyak WFH, serta PHK yang menuntut masyarakan untuk lebih kreatif. Terlihat dengan banyaknya konten yang hadir di Internet.

Dari tadi ngebahas perkara koneksi internet serta manfaatnya. Internet ini sebenarnya apaan, sih? Wujudnya gimana? Kenapa berpengaruh banget dengan kehidupan masyarakat saat ini.


Masih ingat ngga sama kejadian kebakaran di Centrum Telkom Pekanbaru ? atau kebakaran di Gedung Cyber? Efek samping dari kejadian ini adalah blackout. Kejadian paling dahsyat adalah saat terjadinya kebakaran di Centrum Telkom Pekanbaru. Koneksi sama sekalian tidak bisa digunakan. Hingga ponsel pintar kamu yang canggih sekalipun berasa tidak berguna.


See? Internet adalah nyawa dari setiap perangkat yang kita gunakan saat ini. Tanpa koneksi internet smartphone  atau perangkat elektronik / telekomunikasi yang digunakan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.


Source : instagram.com/elvinayanti


Source : instagram.com/elvinayanti



Source : instagram.com/elvinayanti


Salah satu pelopor Internetnya Indonesia adalah Pak Onno W Purbo beserta teman-temannya yang menjadi pejuang internet untuk Indonesia kala itu. Yuk! Mari kita bersyukur dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini dengan menggunakannya dengan bijak.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^