Thursday, July 14, 2022

Manfaat Bermain Game Online Hingga Peluang Menjadi Atlet E-Sport

"Anaknya mana, Bu ? Lagi main game, ya? Ngga dilarang, Bu ?"

"Itu, di kamar lagi main game. Main game terus, heran!. Dibilangin ngga pernah mau dengar"


Suara yang tidak lain dan tidak bukan adalah suara ibu serta tetangga yang sedang bertamu ke rumah. Terdengar samar namun lumayan mengganggu. Yak! Pasti teman baca yang hobi bermain game sering mendengar kalimat-kalimat sejenis ini. 


Manfaat Bermain Game Online


Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak bermain game. Biasanya yang membedakan hanya pada genre gamenya saja.  Betul, tidak? Setiap orang yang bermain game pasti mempunyai tujuan. Angkutan umum aja punya tujuan, masa main game ngga punya tujuan. Cukup kamu sama dia aja yang ngga ada tujuannya. *eh


Biasanya bermain game untuk killing time atau menghabiskan waktu agar tidak suntuk atau gabut. Adapula yang bermain game dengan tujuan menghilangkan stress, mencari teman, bahkan jodoh. Tidak dipungkiri, dengan bermain game online kita bisa bertemu teman baru bahkan jodoh sekalipun. Dan tak lupa yang lagi marak saat ini adalah menjadi Atlet E-Sport. Kapan lagi bisa bermain game tapi dibayar bahkan menjadi sumber penghasilan.


Dibalik banyaknya keributan dan pemberitaan tentang pemblokiran game, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam sebuah permainan game. Kadang suka heran dengan orang-orang yang dengan ketidaktahuannya hanya bisa menghakimi orang-orang yang bermain game. Padahal bisa saja game adalah mata pencahariannya. Tapi, harus diingat kembali, bermain game harus punya tujuan dan ingat waktu juga.


Menjadi seorang gamer memang menyenangkan. Dibalik sisi yang menyenangkan pasti akan selalu ada sisi yang kurang menyenangkan. Apalagi jika berniat menjadi seorang Pro Gamer tentunya harus banyak meluangkan waktu bahkan menghabiskan waktu di depan layar gadget.


"Apa sih serunya bermain game? buang-buang waktu saja".


Tenang, tarik nafas, dan jelaskan perlahan. 

 

Manfaat Bermain Game Online


Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Hal yang jarang terfikir oleh orang tua bahwa bermain game mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Salah satunya, di game yang pernah Saya mainkan. PUBG Mobile. Dalam game ini dapat melatih pemain untuk berfikir bagaimana solusi dan strategi yang harus dilakukan agar dapat memenangkan sebuah match atau pertempuran. Dari senjata yang akan digunakan, menentukan peran dalam tim, dan strategi defends ataupun counter dalam menghadapi lawan. Mampu mengetahui kemampuan diri dengan memilih peran yang diambil dalam sebuah tim.


  • Melatih cara berfikir dengan logis
  • Mengambil keputusan
  • Mengesampingkan ego dalam tim
  • Mendengarkan pendapat setiap anggota dalam tim
  • Mengasah kemampuan leadership
  • Meningkatkan responsibilitas dan tingkat kepekaan terhadap suasana / lingkungan


Padahal, bermain game itu lumayan banyak dampak positif pada anak dengan pengawasan orang tua tentunya.


Meningkatkan Komunikasi dan Koneksi Sosial

"Udah lama main game?" tanya suara dibalik character yang merupakan teman satu tim denganku.
"Ngga, juga. Ini juga diajak temen" jawabku ala kadarnya.

Kalimat diatas contoh kalau lagi main sama temen baru yang nemu random.

"Pin! Buru.. Lobby" suara seorang teman yang sudah pada mati dan hanya bisa menonton.
"Pin! Revive! buruuuu... malah nge-loot!". Suara seorang teman yang nyawanya tinggal segaris.

Nah, kalimat diatas adalah contoh kalimat kalau udah mabar alias main bareng sekian match. Padahal awalnya juga nemu random.

Bermain game online juga bisa melatih kemampuan komunikasi. Dalam bermain game kita harus memiliki komunikasi yang baik dengan rekan satu team, lho. Dengan tujuan bisa memenangkan sebuah match atau pertandingan.


Bagaimana jika komunikasi buruk?. Sudah dapat dipastikan timnya sulit keluar dari masalah. Salah komunikasi bisa merusak sebuah permainan bahkan pertemanan. Percayalah!




Source : Dok. Pribadi

Bertemu dengan orang-orang baru yang belum dikenal sebelumnya, terkadang membuat kita kikuk dan takut tidak sopan. Dengan adanya teman-teman baru membuat kita harus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik, setidaknya memahami bagaimana harus bersikap dan bertutur kata yang baik. 


Dalam satu tim, memiliki lebih dari satu suara dan fikiran. Semuanya ingin didengar, dengan begitu kita bisa mengesampingkan ego masing-masing dan mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi untuk mencapai tujuan, menjadi pemenang dalam game.


Komunikasi yang baik membuat kita bisa menemukan teman baru, hingga circle baru. Hal ini penting banget bagi mereka yang kurang percaya diri atau para intovert di dunia nyata untuk menemukan teman baru. Memiliki teman dalam sebuah game, adalah anugerah. Dengan latar belakang, suku dan bahasa yang berbeda, kita bisa menambah pengetahuan. 


Hal yang ngga kalah penting, para gamers tidak pernah merasa kesepian. Jadi bagi para jomblo yang merasa kesepian, cobain deh, main game. Wkwkwkw! Bahkan, bisa membuka peluang buat kamu dalam mencari jodoh, lho. eaaa!


Mengurangi Stress

"Itu di kiri.. kiriiiiii! yaaak! kanan dikit.. nah itu ada yang lagi nge-prone
"Lihat, itu lagi perang. Ayok, sampahin!"

Suara panduan dari teman yang sudah mati tapi ngotot banget jadi pemandu lengkap dengan kehebohannya yang gemesin. Siapa nih, yang sering begini kalau main game atau malah jadi pelaku?


Dalam sebuah game yang sering Aku mainkan, ada kendaraan seperti mobil, motor, becak, dan tuk-tuk, hingga glyder. Hal ini sering kali menjadi bahan lucu-lucuan warga di dalam game. Ngga jarang, bukannya perang malah muterin map ngga jelas dan ngakak bersama.

Sepengalaman Aku sendiri, bermain game memang benar-benar mampu menghilangkan stress. Setidaknya mengistirahatkan fikiran dari keributan dunia nyata. Seolah memasuki dunia lain, kita bisa menjadi diri kita dari sisi yang berbeda. Didukung dengan teman yang seru tentunya, kamu bisa menikmati permainan dengan nyaman. Meredakan saraf-saraf yang udah pada tegang karena tekanan kehidupan. Stress relief! Saat bisa berbaur dengan teman dan menikmati alur permainan dengan santai itu rasanya, plong. Trust me..


Daripada melampiaskan emosi pada hal yang tidak menguntungkan, lebih baik melampiaskannya ke dalam sebuah game. Lebih aman.


Melatih Konsentrasi dan Fokus

Dalam sebuah game FPS yang mengharuskan playernya untuk konsentrasi dalam permainan dan memaksa kita untuk dapat fokus demi meraih sebuah kemenangan. Salah strategi, ataupun lengah sedikit, bisa saja melewatkan kesempatan untuk menang. Walaupun dalam sebuah permainan menang atau kalah adalah hal yang biasa, tapi selebrasi kemenangan itu menghasilkan rasa puas tersendiri. Bener, Kan?


Berpeluang Menjadi Seorang Gamers

Para gamers Indonesia pasti sudah ngga asing dengan Bang Alex, dan Benny Moza. Salah satu Youtubers yang cukup hits. Beliau ini bermain game sembari merekam kegiatan bermain gamenya. Lalu, hasil rekaman tersebut diunggah ke channel youtubenya. Duar! Ramai dan mampu meramaikan saldonya juga tentunya.


Dengan bermain game seharian bahkan terkadang suka lupa waktu, sebaiknya kita fikirkan tujuan kita bermain game untuk apa. Jika hanya sekedar melepas penat, bermainlah sewajarnya agar tidak menjadi candu yang kurang baik. Tapi jika memang tujuannya untuk menjadi seorang gamers bermain dan berlatihlah dengan baik dan benar. Tidak ada yang tahu, bisa jadi dengan hobi bermain game yang dimiliki mampu mengantarkan seseorang menjadi seorang gamers. Jangan salah! Saat ini dunia gamers sedang seru-serunya. Lagi dipandang banget dengan income yang tidak main-main. 


Menjadi Atlet E-Sport

Kenal sama Luxxy? Zuxxy? Ryzen? Nah. Mereka merupakan para Atlet E-Sport Nasional yang namanya sudah mendunia. Sudah memenangkan beberapa pertandingan internasional dengan membawa nama Indonesia. Asli! Ngetik ini sambil merinding, bangga banget, lho.

Untuk menjadi Pro Gamers ataupun Gamers dalam sebuah aplikasi streaming, tentu membutuhkan perangkat dan koneksi yang mendukung pastinya. Saat ini sudah banyak perangkat gawai yang mumpuni dengan harga yang masih terjangkau sesuai kebutuhan para gamers. Selain gawai yang bisa digunakan bermain game wuuzzzz-wuuuzz, para gamers juga harus memikirkan koneksi internet yang dapat mendukung kebutuhan bermain gamenya.


Nah! Dibalik keseruan bermain game. Tentu ada yang namanya infrastruktur pendukung. Selain gadget ada yang namanya koneksi internet. Yuk! Mengenal apa itu Internet serta manfaat internet. 


Apa itu Internet ?

By the way, pernah kepikiran ngga, sih. Kenapa kita bisa bermain game, mengakses Instagram, Tiktok, Blog, applikasi chat, dan melakukan pencarian informasi tentang apapun hanya menggunakan gadget / perangkat komunikasi yang tentunya bisa terkoneksi dengan internet, ya. Kalau kita gali proses hingga kita bisa internetan seperti sekarang ini, rumit banget pasti.


Manfaat Bermain Game Online Hingga Berpeluang Menjadi Atlet E-Sport
Source : https://www.instagram.com/p/CaUteS9pPG9/



Source : https://www.instagram.com/p/CaUteS9pPG9/




Source : https://www.instagram.com/p/CaUteS9pPG9/



Manfaat Internet

Internet mendukung komunikasi jarak jauh, buat para pelaku LDR (Long Distance Relationship) misalnya. Bisa terhubung dengan berkomunikasi dengan pengguna bumi di seluruh dunia. Bahkan berbagi informasi dengan cepat. Ngga heran, kalau berita hoax ngebut banget!. Tapi jangan diterusin, ya.

Selain berbagi informasi, koneksi internet juga sudah bisa mengurangi resiko nyasar dengan adanya google maps. Jangankan berikirim informasi, berkirim uang juga bisa. Perasaan dia ke kamu aja yang ngga bisa ditransfer.


Memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil memang salah satu harapan bangsa. Untuk koneksi Internetnya Indonesia, saat ini sudah memiliki IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia sebagai Provider Internet Nasional. 






Nah! Untuk mendukung koneksi internet kamu selama bermain game, IndiHome memiliki paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para gamers, nih. Pengertian banget, ngalah-ngalahin Doi. Selain koneksi internet yang stabil, Indihome Gamer juga menyediakan berbagai benefit berupa item game dalam setiap paketnya. Coba intip deh Indihome Gamer


Benefit dan IndiHome Gamer

source : https://indihomegamer.id/


source : https://indihomegamer.id/


Keuntungan Indihome Gamer

source : https://indihomegamer.id/


Paket IndiHome Gamer


source : https://indihomegamer.id/


Nah! Kalau internetnya udah lancar dan stabil. Main game apapun jadi aman, dan damai. Sudahkah kamu menggunakan dan memanfaatkan koneksi internet dengan bijak hari ini?



No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^