5 Langkah Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan di Pekanbaru

Assalamu'alaikum ^.^

Selamat siang Sobat Bacaque!

Oh iya, kali ini mau berbagi informasi seputar cara klaim / pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Berhubung Aku sudah resign dan belum tahu mau kerja apa dan sementara masih bahagia dulu jadi pengangguran. Jadi, mau cairin dulu deh dananya. Semoga informasinya bermanfaat, ya..

www.kicauanvina.com


Kemarin, tepatnya hari Rabu, 10 Oktober 2018 Aku mulai proses klaim dana di BPJS Ketenagakerjaan (selanjutnya akan disingkat menjadi BPJK). Untuk di Pekanbaru, kantor BPJK sendiri ada dua; di Jl. Tengku Zainal Abidin dan di Jl. HR Soebrantas, Panam. Nah, kebetulan kemarin taunya yang di Jl. Tengku Zainal Abidin masuk dari Jl. Kuantan. Dua kantor ini sama-sama bisa proses klaim. Tapi, infonya untuk yang HR Soebrantas antrian lebih sepi dan pencairan lebih cepat.
Aku memilih untuk proses secara offline di kantor BPJK yang ada di Pekanbaru. Tepatnya di Jl, Tengku Zainal Abidin. Untuk proses Klaim bisa via Online ataupun Offline. Pengurusan via online bisa dengan download applikasi BPJSTKU di Playstore, untuk IOS belum tau, maapkeun.. 

Lagi pengin sok sibuk aja, daripada nggak ada kegiatan. Pengurusan offline juga nggak ribet dan paling sabar nunggu antrian saja. Yang penting lengkapi dulu persyaratannya. Apa aja persyaratannya ?

5 Dokumen Untuk Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan

  1. 1 Lembar Fotocopy dan Asli Kartu Identitas / KTP
  2. 1 Lembar Fotocopy dan Asli Kartu Keluarga
  3. 1 Lembar Fotocopy dan Asli Buku Tabungan (wajib yang aktif)
  4. 1 Lembar Fotocopy dan Asli Surat Keterangan Kerja (jangan lupa stempel perusahaannya)
  5. 1 Lembar Fotocopy dan Asli kartu BPJS Ketenagakerjaan

Setelah dokumen lengkap, berangkatlah ke kantor BPJK. Jangan lupa baca doa dan berikan senyuman terbaik. Parkirkan kendaraan di tempatnya, dan masuklah ke gedung pengurusannya. Saat masuk sudah disambut ramah oleh Petugas Keamanannya. Ditanya keperluan dan langsung diarahkan untuk mengisi form klaim dana. Ohiya, disana sudah disediakan map yang rapi, jadi ngga perlu repot lagi bawa map lebih.

5 Proses Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan


  1. Isi Formulirnya sesuai data yang ingin mengajukan klaim dana. Isi formulirnya nggak ribet, kok.
  2. Masukkan dokumen ke dropbox yang sudah disediakan. Jangan lupa, sebelum dimasukkan ke dropbox, rapikan terlebih dahulu dokumennya dan masukkan kedalam map yang sudah disediakan.
  3. Tunggu hingga nama dipanggil untuk mengambil nomor antrian. Pada tahap ini, jika ada dokumen yang kurang, akan diberitahu oleh petugasnya. Jika dirasa bisa dikejar untuk kelengkapannya, nomor antrian akan diberikan sambil nungguin pihak pengaju melengkapi kekurangan dokumennya, tentunya nomor antrian berlaku dihari yang sama. Cek kembali dokumen asli agar tidak tercecer.
  4. Saatnya menunggu nomor urut antrian. Oiya, di kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru ada disediakan air mineral gratis, lho.
  5. Nomor urut dipanggil, bertemu dengan petugas. Isi data kembali dan kamu akan di foto oleh petugasnya. Dan silahkan menunggu dananya masuk ke Rekening kamu. Katanya, proses transfer memakan waktu 5 hari kerja. Sebelum meninggalkan gedung cek kembali dokumen asli agar tidak tercecer.

Dengan begitu kamu tinggal berdoa agar segera masuk transferannya. Cukup mudah bukan? Dan sebelum kamu meninggalkan gedung, kamu diminta untuk memberi semacam rating gitu untuk pelayanannya. Tentunya Aku memberikan rate paling tinggi, dong. Hahahaha. Dan Aku belum terima dananya, ya. karena baru kemarin pengurusannya. Nanti Aku Update kembali. Semoga informasinya bermanfaat :)

Update! Dana sudah cair hari jum'at yaaa!! 2 Hari doang, Kak! huahahahaha..

1 comment:

  1. Waaah details sekali kakak, kalo mau parkir aman ya kak, ada ac gak ya di parkiran nya ??? ��

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberika komentar di kicauanvina.com ^.^