Kampung Bandar, Wisata Kota Tuanya Pekanbaru

Assalamu'alaikum ^.^

Halooooo Teman Bacaku!

Lama tidak bersua, dan kali ini Aku ingin berbagi informasi mengenai destinasi wisata di Kota Pekanbaru. Padahal udah lama ada, tapi belum banyak yang tahu potensi lokasi wisata satu ini. Apa itu? Sesuai judulnya, Kampung Bandar.

Kampung Bandar ini terletak di Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, Riau. Kampung Bandar ini masih berada dekat dengan kawasan Pelindo. Kampung Bandar ini sebelumnya pernah terbakar dan saat ini sudah mulai bangkit kembali. Meskipun saat ini masih terlihat puing-puing bekas kebakaran. Saat ini Kampung Bandar bangkit dengan wajah baru. 

Beberapa komunitas dan seniman di Pekanbaru berkolaborasi membangun wajah baru bagi Kampung Bandar. Dengan konsep dan tujuan Wisata Sejarah tapi masih dapat melekat dengan kaum Milenials saat ini.

Rumah Panggung Khas Riau


Terlihat dari hasil mural yang diciptakan di tembok dan dinding rumah warga yang berada di kawasan kampung bandar ini. Mural yang ada pun bukan sembarang mural. Tapi tetap ada pesan yang terkandung dalam setiap mural. 

Tak lupa, di kampung bandar ini terdapat Rumah Tenun asli Riau. Pembuatannya pun masih manual alias "homemade". Masih menggunakan alat tradisional yang sudah dapat dijamin kualitasnya. Orang-orang yang ada di Rumah Tenun ini juga ramah-ramah. Kita dapat melihat bagaimana cara pembuatannya, melihat hasil tenunannya, dan karya lainnya. Dan yang paling penting, kita bisa beli karya mereka.

Proses Pembuatan Kain Tenun

Lokasi Kampung Bandar ini bisa banget jadi Destinasi Wisata Kota Tuanya Pekanbaru. Dan yang jelas, lokasi ini juga nggak jauh dari Pasar Bawah yang kalau ada turis domestik ataupun turis mancanegara pasti bakalan mampir kesana. Jadi, nggak ada salahnya buat sekalian mampir dan berfoto juga berinteraksi dengan warga sekitar.

Warga di Kampung Bandar juga ramah-ramah, anak-anak yang ceria dan aktif dengan orang baru. Berinteraksi dengan mereka seakan menjadi turis lokal, wkwkwkw..
Salah Satu Mural di Dinding Rumah Warga Kampung Bandar
Oiya, kita juga bisa duduk santai di pinggiran sungai siak untuk sekedar menikmati angin sore sambil menunggu senja tiba. Bisa juga sambil melirik jembatan yang menghubungkan Rumbai dengan Jl. Jend. Sudirman yang masih baru banget di resmikan itu. Lumayan untuk melepas penat dan ingin rehat sejenak dari hirukpikuknya dunia.
Santai dulu Sambil ngemil Tahu Gejrot
Ngomong-ngomong soal Kampung Bandar, tepatnya tanggal 11 April 2019 diselenggarakan Event Riau Festival. Apasih Riau Festival itu ? Riau Festival merupakan event yang mengenalkan wisata budaya dengan pendekatan modern yang bisa diterima oleh anak muda generasi milenial di Kampung Bandar.
Seniman Pekanbaru Proses Pembuatan Mural
Apa aja sih yang ada di Event Riau Festival? Banyak banget. Dari standup comedy, para seniman beraksi membuat sebuah mural yang bermoral, hingga malam hari sebagai puncak acara juga dimeriahkan oleh bintang tamu seperti Grup Jazz Geliga, Bintang Indrianto, Bonita, Kadek Rihardika, dan Freza n Friends. Tidak hanya itu, penonton juga disuguhkan penampilan Randai Kuansing, Penampilan tarian dari Wan Dance Studio. Teruuuuuuuus, ada Doorprizenya juga, lho. Seru banget kan.

Freza n Friends

Bintang Indrianto
Bonita
Kamu warga Pekanbaru, ikutan acara ini nggak ?

Post a Comment for "Kampung Bandar, Wisata Kota Tuanya Pekanbaru"