Wednesday, May 12, 2021

ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming 16-inci dalam Bodi 15-inci

ASUS Republic of Gamers (ROG) memperkenalkan Zephyrus M16, laptop gaming terbaru dengan layar immersive 16-inci dan ditenagai oleh prosesor Intel terbaru yang powerful. Menariknya lagi, semua itu dibalut dalam bodi super ringkas dan super tipis setara dengan laptop 15-inci pada umumnya.





Layar 16-inci dalam Bodi 15-inci

ROG Zephyrus M16 hadir dengan layar 16-inci namun dibungkus dalam bodi super ringkas yang ukurannya bahkan 5% lebih kecil dari ROG Zephyrus M15 tahun lalu. Berkat teknologi Ultra-narrow bezel, ROG Zephyrus M16 dapat mengususung bezel layar berukuran hanya 4,6mm pada empat sisi layarnya. Berbekal desain baru yang memungkinkan kabel layar untuk dialihkan agar ukurannya lebih ringkas, ROG Zephyrus M16 pun dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 94%.


Layar ROG Zephyrus M16 juga dirancang untuk gaming berkat resolusi layar WQHD, serta dukungan refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Kedua fitur tersebut memungkinkan game dapat berjalan pada framerate tinggi dan memiliki respon yang kencang. Sementara teknologi Adaptive-Sync juga membuat sesi bermain game lebih nyaman berkat kemampuan untuk mensingkronisasikan refresh rate dengan GPU framerate.


Ditenagai Prosesor Intel yang Powerful

Prosesor Intel Core i9-11900H merupakan prosesor terbaru dengan spesifikasi tinggi yang mampu berjalan pada clockspeed hingga 4,9GHz. Memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread, prosesor terbaru ini telah disiapkan secara khusus untuk menemani beragam aktivitas yang membutuhkan performa pemrosesan kencang seperti game streaming, video rendering, dan kegiatan content creation lainnya. ROG Zephyrus M16 sendiri mampu menjalankan prosesor ini hingga 45W secara terus menerus, sementara GPU-nya dapat berjalan di 80W.


ROG Zephyrus M16 mampu menopang RAM DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 48GB, membuatnya tampil sebagai salah satu mesin multitasking terbaik yang ada saat ini. Menambah performanya, sebuah PCIe 4.0 SSD dengan kapasitas hingga 2TB membuat para content creator serta gamer dapat membuka aset, aplikasi, dan game dengan lebih cepat. Sementara slot SSD kedua di laptop ini memungkinkan upgrade media penyimpanan menjadi lebih mudah.


Kehadiran chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070 di ROG Zephyrus M16 tampil sebagai mesin gaming yang sangat powerful. Sistem pendingin yang sangat efisien memungkinkan GeForce RTX 3070 dapat berjalan pada clock speed 1390MHz dan daya 80W melalui ROG Boost. Sementara fitur Dynamic Boost mampu memberikan daya tambahan hingga 20W untuk GPU ketika CPU sedang tidak pada kondisi full-load.


Teknologi ROG Intelligent Cooling terdiri dari berbagai fitur pendingin eksklusif yang hanya dapat dijumpai di laptop ROG. Liquid metal kini menggantikan thermal paste berbahan silikon dan dapat menurunkan suhu CPU hingga 10 derajat Celcius. Enam heatpipe dirancang khusus agar panas dari CPU, GPU, dan komponen penting lainnya dapat disalurkan ke heatsink yang sudah dibekali dengan kipas Arc Flow terbaru. Kipas tersebut hadir dnegan 84 bilah khusus yang dirancang menggunakan prinsip aerodinamika sehingga dapat menghasilkan aliran udara lebih kencang namun dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Dilengkapi 0db Technology, kipas di ROG Zephyrus M16 juga dapat berhenti jika CPU dan GPU beroperasi pada suhu di bawah 50 derajat Celcius. Ketika kipas bekerja, partikel debu yang berpotensi tersangkut di heatsink akan dialihkan melalui terowongan khusus, memastikan laptop gaming ini dapat memiliki durabilitas yang lebih baik.

ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming 16-inci dalam Bodi 15-inciSangat Portabel

ROG Zephyrus M16 merupakan laptop gaming yang sangat portabel dengan ketebalan hanya 19,9mm dan bobot hanya 1,9Kg. Dengan spesifikasi tersebut, laptop gaming ini menjadi sangat mudah dibawa bepergian bahkan dapat dimasukkan ke dalam tas laptop 15-inci. Meski demikian, di dalam bodi yang ringkas tersebut telah terdapat baterai berkapasitas 90Wh yang dapat memberikan penggunaan hingga 10 jam untuk memutar video. Artinya, laptop ini juga dapat diandalkan untuk bekerja seharian.


Fitur 180° ErgoLift Hinge membuat ROG Zephyrus M16 semakin fleksibel. Selain dapat mengangkat bodi utama laptop agar lebih ergonomis saat digunakan, fitur tersebut juga membuat layar ROG Zephyrus M16 dapat dibuka hingga 180 derajat. Tidak hanya itu, 180° ErgoLift hinge bahkan berfungsi sebagai pendukung sistem pendingin dan dapat membuat aliran udara lebih lancar berkat rongga udara ekstra yang diciptakan saat laptop ini digunakan.


Audio Berkualitas

Enam speaker yang tertanam  di ROG Zephyrus M16 merupakan bagian dari sistem audio canggih yang membuat pengalaman penggunaan laptop ini kian kaya. Didukung teknologi Dolby Atmos, berbagai game dan film kini dapat dihadirkan dengan kualitas audio terbaik dengan efek audio yang kaya akan detail serta bass.


Fitur 3D mic array di ROG Zephyrus M16 juga hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Mode Cardioid yang cocok untuk live streaming serta chat membuat suara pengguna yang berada di depan laptop dapat tertangkap secara lebih optimal. Sementara mode Omnidirectional memungkinkan ROG Zephyrus M16 menangkap suara secara dalam satu ruangan secara menyeluruh dan cocok untuk kegiatan conference call. Untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan voice chat, ROG Zephyrus M16 dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise Cancelation. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^