Sunday, August 22, 2021

5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Kredit Online

Semakin berkembangnya kebutuhan kita sebagai makhluk konsumtif, dibarengi berkembangnya teknologi digital membuat semua kebutuhan dapat dipenuhi hanya dengan menyentuh layar gadget. Bahkan untuk perkara peminjaman uang sudah tersedia Kredit Online yang bisa dimanfaatkan dikala situasi mendesak. 


Apasih enaknya kredit online dibandingkan kredit di Bank Konvensional? Pada beberapa penyedia layanan ini, sudah banyak memudahkan peminjam karena hanya dibutuhkan KTP, dan pencairan dana juga cepat, lebih mudah dan praktis apalagi dikalangan milenial yang waktunya sudah disibukkan dengan dunia kerja.


Tapi, meskipun sudah banyak yang menawarkan Kredit Online yang mudah dan praktis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak dirugikan oleh pihak-pihak tertentu. Apa aja sih, 5  hal yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan kredit online?


5  hal yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan kredit online




5  hal yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan kredit online?


1. Pastikan Aplikasi atau Perusahaan yang Menyediakan Kredit Online Terdaftar di OJK

Hal yang paling penting dimiliki oleh sebuah Fintech atau Financial Technology adalah sudah memiliki izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Izin ini sangatlah mutlak dan wajib kamu perhatikan sebelum memilih untuk melakukan kredit online. Hal ini penting karena dengan adanya izin dari OJK, perusahaan tempat Kredit Online yang kamu pilih aman dan juga sudah terverifikasi, serta mereka juga berada dibawah peraturan yang telah ditentukan oleh OJK. Legalitas fintech pilihan kamu bisa dilihat melalui website OJK www.ojk.go.id ya..



2. Pastikan Kamu Memahami Kontrak Perjanjian Kredit Online yang Berlaku

Sebelum mengajukan Kredit Online, pastikan kamu sudah membaca terms dan condition atau syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan persetujuan pada kontrak perjanjiannya. Jangan main OK aja, ya. Agar tidak menyesal jika ada kekeliruan yang merugikan kamu kedepannya.



3. Gunakan Kredit Online dengan Bijak dan Pastikan Sesuaikan Kebutuhan dengan Kemampuan Kamu

Yap! Harus pintar banget memilih mana kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan untuk mengikuti standar hidup orang lain. Ingat, ya standar hidup setiap orang berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Jangan sampai karena sudah tersedia kredit online dengan syarat yang mudah, malah terjebak dan berakhir kamu dikejar tagihan kredit online.



4. Jangan Lupa Buat Catatan Sendiri Berapa Jumlah Pinjaman 

Hal ini ngga kalah penting. Kalau kamu melakukan pencatatan setiap melakukan pinjaman, setidaknya kamu sadar sudah berapa jumlah kredit online yang sudah kamu lakukan. Agar tidak kaget saat tagihan datang diawal atau akhir bulan. Pastikan kredit online hanya untuk kebutuhan yang berguna, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumtif saja.


5. Pastikan Jangan Pernah Telat Pembayaran Kredit Online

Saat kamu sudah memiliki tanggungan kredit online, pastikan kamu sudah mengalokasikan dana untuk melunasi kredit online tersebut. Jangan sampai saat gajian malah lupa menyisihkan dana untuk membayar kredit online. Dengan mengalokasikan dana saat awal gajian, memudahkan kamu untuk membayar kredit online dan terhindar dari tunggakan yang memusingkan. Dan ingat, sekali kamu macet dibagian kredit online, nama kamu juga bakal ditandai saat proses bank checking. Hati-hati, ya. Dan semakin banyak tunggakan, bunganya juga makin banyak. Kamu tidak ingin dikejar-kejar tagihan, bukan?


5  hal yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan kredit online


Salah satu Fintech yang menyediakan kredit online adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan bagian dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk. Hal paling penting, Tunaiku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Merupakan FinTech pertama yang menyediakan Kredit Online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih pelayanannya tersedia 24 jam tentunya dengan syarat dan ketentuan yang memudahkan kamu.


Mulai beroperasi pada 2014, Tunaiku merupakan produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiiki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.


Proses Kredit Online di Tunaiku mudah dan cepat. Kenapa?


  • Tanpa agunan dan tanpa kartu kredit, kamu beneran hanya butuh KTP untuk memenuhi persyaratannya.
  • Isi formulir pengajuan online hanya 10 menit
  • Pinjaman cair cepat sesuai nominal yang diajukan setelah tanda tangan kontrak
  • Bayar cicilan lebih cepat tanpa kena bunga. Point ini penting banget, ya. Sebisa mungkin hindari bunga dari pinjaman yang ada.
  • Ajukan pinjaman lewat aplikasi atau website, jadi menghemat waktu kamu tanpa harus datang ke kantor dan proses setiap tahapan untuk kredit seperti di Bank Konvensional.


Tunaiku juga tersedia dibeberapa Kota di Indonesia seperti, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung Raya, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gresik, Sidoarjo, Surabaya dan Malang. 


Bahkan juga tersedia di luar pulau Jawa, lho. Tunaiku juga sudah ada di Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Jambi dan Bengkulu. Tidak cukup di Jawa dan Sumatera, Tunaiku juga ada di Denpasar, Badung, Gianyar, Makassar, Gowa, Maros dan Samarinda. 


Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang ingin melakukan kredit online biar aman dan nyaman. Sudahkah kamu melakukan kredit online dengan aman ? Ingat, jangan sampai berlebihan, ya.

2 comments:

  1. iya nih banyak layanan kredit online saat ini

    ReplyDelete
  2. Terima masih atas artikel untuk infornasi dan tips tips dengan kredit online. salam sehat dan selamat beraktifitas

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^