Thursday, July 18, 2019

Cara Membuat Paspor di Pekanbaru

Mau keluar negeri tapi bingung belum ada Paspor? Buat paspor sudah mau dekat dengan hari keberangkatan? Beberapa waktu lalu Vina baru proses pembuatan paspor lho. Walaupun belum tau kapan mau digunakan, wkwkwkw..! Hindari kebiasaan kapan diperlukan baru diproses. Untuk hal paspor khususnya. Proses di Kantor Imigrasinya nggak lama, tapi proses pengambilan nomor antrian online yang lama. Yuk, simak Bagaimana Cara Membuat Paspor di Pekanbaru.




Cara Membuat Pasport di Pekanbaru

Cara Mudah Membuat Paspor di Pekanbaru

 1.  Install Aplikasi Layanan Paspor Online

Sebelumnya, untuk Membuat Paspor di Pekanbaru hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengambil No. Antrian secara online. Untuk mendapatkan no. antrian ada dua cara. Pertama akses via web di situs resminya Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru. Kedua, dengan cara  download dan Install applikasi Layanan Paspor Online di Playstore.

Nah, untuk kali ini yang akan dibahas adalah cara kedua. Akses melaui apps yang ada di playstore. Setelah download dan install, ikuti petunjuk yang muncul, biasanya minta data seperti NIK dan No. KK. Setelah pengisian data, kamu akan masuk ke tahap selanjutnya. Pilih terlebih dahulu lokasi kantor Imigrasi yang akan kamu pilih sebagai tempat pengurusan paspor kamu. Guna install applikasi ini adalah untuk mengambil No. Antrian Online. No. Antrian berguna untuk pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi nantinya.

Untuk quota pengurusan di Kantor Imigrasi Pekanbaru sendiri agak susah, butuh perjuangan dan tekat yang kuat, rame!. Ada temen yang belain subuh mengakses applikasi ini baru bisa dapat No. Antrian. Vina dapat pada saat mengakses dihari Jum'at siang tanggal 21 Juli 2019 untuk pengurusan tanggal 27 Juli 2019. Mesti coba relog-in berkali-kali dulu. Sabar, itu kuncinya.

Cara Membuat Pasport di Pekanbaru



Pada saat pemilihan No. Antrian pemohon diminta untuk memilih jadwal pengurusan seperti pilihan hari dan jam kedatangan. Pilihlah hari yang pemohonnya masih sedikit dan pilihlah jam 8 pagi jika memang bisa on time, jika tidak pilih sesuai keinginan. Jika bisa datang pagi pilihlah kedatangan jam 8 pagi, karena pada saat penyerahan berkas, antrian sesuai jam kedatangan. Misalnya kamu memilih jam kedatangan jam 9, tapi jam 8 sudah berada di Kantor Imigrasi, jika ada yang memilih kedatangan jam 8 maka itu akan didahulukan.

Pastikan datang ke Kantor Imigrasi dalam keadaan rapi, ya..

2. Persiapkan Berkas Yang Diperlukan

Berikut beberapa berkas yang diperlukan untuk membuat paspor di Pekanbaru :
1. Akte Lahir / Ijazah (bisa pilih salah satu ( Fotocopy dan Asli ) )
2. KTP ( Fotocopy panjang dan Asli )
3. Kartu Keluarga ( Fotocopy dan Asli )
4. Materai 6000 1 lembar

Pastikan semua berkas ready agar semua berjalan lancar. Jangan lupa untuk membawa pena dengan tinta hitam.

3. Datang ke Kantor Imigrasi Pekanbaru

Antri Untuk pengecekan Berkas dan Pengisian Form

Jika semua sudah lengkap, silakan ikut antrian pengecekan berkas dan isi form yang diberikan oleh petugas. Saat pengecekan berkas dan form akan ada nomor urut antrian untuk ke tahap wawancara dan photo. Baca terlebih dahulu formnya, lalu isi sesuai data. Jangan ada yang keliru ya. Pastikan sudah diberi materai dan tanda tangan serta nama jelas.

Cara Membuat Pasport di Pekanbaru


Antri Wawancara dan Photo

Proses selanjutnya, masuk keruangan pintu kaca. Duduk, tenang dan dengarkan atau lihat di monitor untuk melihat antrian keberapa yang sedang dipanggil. Setelah no. antrian dipanggil, maka proses wawancara, foto serta bill pembayaran paspor akan diberikan. Oiya, ini bukan wawancara kerja kok, wawancaranya santai aja..

Proses Pembayaran

Untuk pembayaran bisa langsung di proses ke POS Indonesia. Biasanya akan ada tim Mobile POS Indonesia yang udah siap sedia di depan kantor Imigrasi Pekanbaru. Tinggal bayar dan terima bukti pembayaran. Simpan dan tunggulah sekitar satu minggu jika tidak ingin bolak-balik ke Kantor Imigrasi. Maksimal 30 hari, jika tidak maka Paspor akan hangus dan mesti ulang lagi dari awal.

Cara Membuat Pasport di Pekanbaru
Invoice yang diserahkan ke POS

Cara Membuat Pasport di Pekanbaru
Tempat pembayaran paspor

Setelah semua proses selesai dan sudah menunggu sekitar satu minggu, silakan balik ke kantor Imigrasi, dan silakan bukti pembayaran lalu dengarkan informasi yang diberikan petugas.

Yeay! Paspor Vina udah selesai, dong.. Paspor Vina selesai 4 Juli 2019 tapi sengaja ambil tanggal 8 Juli biar ngga bolak balik. Mudah bukan?

10 comments:

  1. Wah ini tulisan 2019 ya. Samaan nih sama saya, ngurus paspor di 2019 dan tak lama kemudian datanglah Corona, sehingga rencana travelling pun harus terkubur hingga sekarang.

    Walaupun semua ada hikmahnya, tapi sebagai manusia biasa, tetep aja ada perasaan getunnya hehehe... . Masih perlu belajar bersyukur nih.

    ReplyDelete
  2. Beberapa waktu ini, aku kepikiran untuk membuat pasport sih. Cuma kupikir masih belum terlalu urgent. Pingin traveling sampai mancanegara. Tapi kok ya belum tahu kapan tepatnya. Makanya suka pending-pending buat pasportnya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. ahh saya belum punya pasport, Mba. Semoga bisa berkesempatan ke luar negeri jadi bisa bikin pasport juga. Btw, karena sekarang udah gak ada materai 6rb, kayaknya materainya diganti yang 10rb yaa

    ReplyDelete
  4. Ternyata mudah ya proses pembuatan paspornya emang kalau masalah antrian tuh bikin sebel. Saya kalau mau ngurus sesuatu pasti pagi sih biar antriannya nggak lama hheheh

    ReplyDelete
  5. Untuk tiap daerah sama gak ya persyaratan dan prosedur pembuatan pasport itu?

    ReplyDelete
  6. Prosedur nya ternyata ga seribet yangdibayangkan

    ReplyDelete
  7. Duh mbak jd teringat pasporku udah kadaluarsa. Kmr pas habis tu bafu mulai pandemi jd malea juga ngurusnya. Alhamdhulilah skr gampang ya ngurus paspor

    ReplyDelete
  8. mbaaak perasaan udah double check komenku belom ada ya

    Pasporku juga habis nih, baca ini jadi keingat harus bikin baru makasih remindernya
    Mudah banget sekarang ya bikinnya dan perpanjang

    bayarnya juga bisa langsung di proses ke POS Indonesia, memudahkan!

    ReplyDelete
  9. Wah pengalaman nya membantu banget nih, ak belum punya sih.. tp suatu saat pengen bikin lah. Izin bookmark ya kak

    ReplyDelete
  10. kayaknya prosedurnya sama aja ya dengan daerah lain. bisa dicatat nih biar nanti kalau mau bikin paspor nggak bolak balik dan harus nunggu lama

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^