Friday, July 26, 2019

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung

Hallo Teman Baca! Beberapa waktu lalu, untuk pertama kalinya Vina menginjakkan kaki di Kota Bandung. Kota yang sebenernya udah lama banget direncanain untuk dikunjungi tapi baru kesampaian. Eits! Liburan singkat kali ini, Vina ngga sendiri karena ditemani oleh Kakak-Kakak Blus, lho! Di Bandung, salah satu tempat kita untuk stay adalah Hotel Savoy Homann yang berada di Jl. Asia Afrika No. 112.

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung

Hotel Savoy Homann Bandung, Hotel Legendaris dan Penuh Sejarah

Mari berbagi sedikit cerita tentang sejarah Hotel Savoy Homann Bandung ini. Hotel Savoy Homann, dibangun pada tahun 1880 dengan pemiliknya seorang warga negara Jerman bernama Mr.A.Homann. Pada awalnya Hotel Savoy Homann merupakan sebuah rumah bilik bambu yang dimanfaatkan sebagai penginapan. Hotel ini mengalami perombakan pada akhir era 30-an dari hotel bergaya Baroq menjadi hotel yang hyper modern. Dengan arsitekturnya dikerjakan oleh A.F. Aarlbers dan R.A. de Wall pada tahun 1938.

Hotel Savoy Homann merupakan salah satu hotel yang memperoleh kepercayaan dari pemerintah sebagai tempat terselenggaranya beberapa konferensi tingkat internasional, seperti Konferensi Asia Afrika, Konferensi P.A.T.A., Konferensi Islam Asia Afrika, dan lain-lain. Selain itu, orang ternama seperti pemain film terkenal Charlie Chaplin dan Mary Pickford, Pakubuwono X, dan Sri Mangkunegoro VII, juga pernag menginap disini, lho. Dan menjadi hotel terbesar di Asia Tenggara pada masanya.

Fasilitas dan Ruangan Hotel Savoy Homann Bandung

Hotel Savoy Homann memiliki total 185 kamar, memiliki 5 tipe kamar yakni Homann Suite, Suite Room, Junior Suite, Excecutive room, Deluxe Room. Grand Ballroom berkapasistas 500 orang atau Asia Afrika Ballroom dengan Kapasitas 250 orang. Hotel juga dilengkapi dengan ruang-ruang MICE lain yakni : Embassy Room, The Palace Room, Consulate Room, Savoy 1-2, Savoy 3-4, Sultan Room, Caesar Room, Emperor Room, dan Jasmine Room.

Salah satu fasilitas yang dapat dinikmati oleh Tamu adalah aneka sajian lezat di fasilitas dining yang ada di Hotel Savoy Homann. Para tamu juga bisa menikmati suasana taman di Garden Restaurant. Terdapat Side Walk Cafe atau Batavia Bar & Lounge yang dibuka hingga tengah malam dan menampilkan live music mulai jam 21.00.

Terdapat spot tempat atau area untuk bermain anak juga lho disini, dan tentunya ada kolam renang yang bisa dinikmati oleh tamu hotel. Lobby yang luas dan nyaman sambil menunggu proses check in atau menunggu teman yang lain tiba, bisa banget duduk santai dulu di Lobby.

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Garden Resto Hotel Savoy Homann Bandung (source : www.sangpelancong.com)

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung 

Baiklah, selesai menceritakan sejarah Hotel Savoy Homann, sekarang mari bercerita bagaimana pengalaman menginap di hotel yang penuh sejarah ini. First Impression, hotelnya cukup nyaman untuk beristirahat terbukti dari cerita Mba Dian kalau "vina tidurnya pules banget".

Mulai ceritanya dari mana ya? Oh iya, rombongan liburan ini tiba di Hotel agak siangan dan kita makan siang bersama. Makan siang di Hotel Savoy Homann ala keluarga Homann yang biasa dikenal dengan sebutan Rijsttafel. Rijsttafel atau Rice Table merupakan jamuan yang menghidangkan makanan dalam porsi kecil. Konsep penyajiannya mirip ciri khas kuliner Padang, nasi dan berbagai macam lauk disajikan secara bersamaan di atas meja. Makan siang di Hotel kali ini berasa suasana di rumah. Fyi nih, untuk makan siang dengan ala rijsttafel di Hotel Savoy Homann kamu hanya butuh mengeluarkan biaya Rp. 350.000,-/5 orang.

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Menu Makan Siang Hotel Savoy Homann dengan Rijsttafel Style (Gepuk, sate ayam, perkedel kentang, tumis buncis tofu, cumi saus mangga, perkedel jagung, Soto Bandung, Dim Sum Saus Bangkok)

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Dessert - Coklat Belgian
Ada beberapa makanan yang tidak terfoto seperi buah-buahan, kerupuk udang, dan sambel terasinya. Khilaf, maafkan ya.. Makan siangnya santai banget, enak dan mengenyangkan.

Dilanjutkan makan malam ada Live Barbeque. Live BBQ adanya setiap hari Sabtu saja, lho. Untuk makanan lain selain BBQ juga tersedia menu all you can eat lainnya seperti menu nasi, salad, baso, buah-buahan, dessert, hingga dawet juga ada. Excited banget sama BBQnya, hingga lupa untuk mengambil fotonya. Pinjem gambar dari masekorner.com ya..

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Menu BBQ untuk Dinner
Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Menu Makan Malam Hotel Savoy Homann

Menu Sarapan Hotel Savoy Homann
Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Coffee & Juice Maker

Menginap di Hotel Savoy Homann Bandung
Pastry kesayangan

Untuk menu sarapannya lebih rame lagi, ada menu nasi goreng, mie, nasi tutug oncom, pasta, daging asap, baso, salad, buah, gorengan, pastry, dll. Dan semuanya membahagiakan. Ku jatuh cinta pada pastrynya, indah banget..

Makan mulu, sih? Ngga tidur apa?! Vina kebagian tidur di kamar 372 bersama Mba Dian. Mba Dian telponan semalaman, sedangkan Vina menikmati tidur hingga pagi. Fyi lagi nih, seluruh kamar di Hotel Savoy Homann sudah dilengkapi bathtub ya.

Kamar Hotel Savoy Homann Bandung
Deluxe Room Hotel Savoy Homann

Selain fasilitas Hotel Savoy Homann yang lengkap, lokasinya juga strategis. Berada di Jl. Asia Afrika dan tepat berada di depan km titik 0 Kota Bandung menjadi nilai tambah dong, ya. Selama di Bandung dan menginap di Hotel Savoy, Vina beserta rombongan lebih banyak menikmati dan mengunjungi spot-spot pusat kota dengan berjalan kaki. Jadi ngga perlu menghabiskan waktu hanya untuk dijalan tapi tidak bisa menikmati suasananya. Seru banget! Dekat dengan Alun-alun, Museum, dan tempat menarik lainnya. Banyak banget spot yang harus dikunjungi kalau ke Bandung, dan rasanya ingin kembali lagi..

Untuk teman-teman yang ingin liburan ke Bandung bersama keluarga atau kerabat, Hotel Savoy Homann bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat untuk menginap. Psst! kalau booking via webnya lebih murah lho. 




Hotel Savoy Homann
www.savoyhomannbandung.com

Jalan Asia Afrika 112,Bandung, Indonesia
ph: (+62) 22 423 2244, (+62) 811 249 2221
fax: (+62) 22 423 6187
e: reservation@savoyhomannbandung.com / info@savoyhomannbandung.com

10 comments:

  1. Kepikiran terus dengan menu makan malam dan sarapan. Kenapa oh kenapa kekenyangan terus perut inii??

    ReplyDelete
  2. Haiyaaaah itu gambar makanannya kenapa banyak banget? Kan aku jadi laper naaak..!
    Kapan2 nginep sini lagi yuk Vin. Kita nyobain kamar presiden suite-nya! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk hayuk kita makan-makan lagii mamihhh xD
      hayukk ahh nginep ama makan ampe penuh xD

      Delete
  3. wah jadi pengen nginep lagi ya.. terus malamnya jalan-jalan ke depan gedung merdeka rame banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget om did, selain melihat hantu yang kelayapan tentunya wkwkwk

      Delete
  4. Wah seru keknya menginap di hotel ini. Bisa jadi next staycation nin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa seru banget kak ath, yuk kapan kita begini xD

      Delete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^