Monday, September 30, 2019

Solusi Buat Kamu Yang Malas Backup Data dari Smartphone

Dua bulan lalu, smartphone yang saya gunakan mengalami kecelakaan penggunaan, layarnya pecah. Meskipun LCDnya aman, tapi tetap saja pergantiannya dilakukan 1 set oleh Service Center yang melayani merk smartphone yang Saya gunakan. Lalu beberapa hari setelah itu, pukul 2 siang pihak Service Center menghubungi Saya  dan mengatakan bahwa data saya akan hilang karena unit akan diinstall ulang.

Posisi rumah dengan Service Center ini lumayan jauh, butuh waktu sekitar 30-35 menit jika jalanan lancar. Lalu Saya tanyakan kembali, “Apakah bisa datanya di backup dulu, Mas? Kebetulan datanya belum Saya backup”. “Bisa Mba, kami tunggu Mbanya Backup data baru diproses ya Mba” Jawab Mas-mas service center.


Solusi Buat Kamu Yang Malas Backup Data dari Smartphone

Efek Malas Backup Data Dari Smartphone

Ditengah terik matahari siang itu, ditambah asap yang semakin luar biasa menghiasi jalanan menuju lokasi service center, membuat level mager meningkat. Jika tidak dibackup sekarang data akan hilang, sementara data yang ada di smartphone itu adalah kumpulan photo dan video untuk keperluan konten di sosial media. Sebagai Blogger dan sebagian aktivitasnya mengisi konten di dunia sosial media, data seperti photo dan video sangat fatal kalau sampai hilang. Hal ini mengharuskan Saya untuk menguatkan tekat untuk tetap berangkat menuju lokasi service center.  

Sesampainya di lokasi, Saya lapor dengan Mas dan Mba CS, Saya diminta untuk menunggu. Sembari menunggu, dengan membawa backpack berisikan laptop, Saya buka tas, lalu keluarkan laptop, switch on dan ternyata laptop yang Saya bawa Low.  Banyak banget emang dramanya untuk sebuah proses backup data. Dua yang Saya harapkan saat itu, pertama laptop tidak mati saat proses pemindahan data. Kedua, pemindahan data sempurna tanpa kurang sesuatu apapun, karena data yang dipindahkan sangat banyak. Lalu Saya bergumam dalam hati, “Coba saja, backup data di smartphone dilakukan rutin perbulan atau perminggu bahkan mungkin perhari, mungkin hidup Saya hari ini tidak akan seribet ini. Namanya manusia, salah dulu baru belajar.

Tidak lama berselang, hampir dua bulan setelah kejadian kemarin, tidak membuat Saya belajar dari kesalahan. Saya harus terpaksa-mengikhlaskan data yang hampir dua bulan itu lenyap begitu saja. Smartphone yang saya gunakan mengalami bootloop, setelah Saya membawa kembali ke Service Center, mereka mengatakan “ini datanya ngga bisa diselamatkan, Mba, Nggak apa-apa?” tanya Mas-mas service center. “Iya, Mas, Saya sudah ikhlas” jawabku dengan penuh penyesalan mendalam.

Mengapa Malas Backup Data ?

Bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang membuat diri ini mager untuk proses backup data. Harus menghidupkan laptop, sediakan kabel usb, dan lain sebagainya. Hal ini terkesan ribet bagi Saya yang hidupnya sudah ribet. Entah apa yang merasuki Saya (tolong jangan ada yang nyanyi), tiba-tiba Saya Blogwalking ke Blognya teman-teman, lalu Saya membaca sebuah tulisan tentang USB OTG SanDisk Dual Drive. “Wah! bisa jadi solusi untuk masalah backup data, nih” gumam Saya.

Tenang Guys! Kita tidak sendiri, menurut hasil survey oleh DEKA dan Western Digital yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Hasilnya? 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.

Pada bulan September 2018, jumlah pengguna smartphone meningkat sekitar 73 juta pengguna untuk wilayah Indonesia. Dan Indonesia masuk peringkat 6 pengguna smartphone terbanyak di Dunia. Peningkatan jumlah pengguna smartphone berbanding lurus dengan dengan jumlah konten digital. Hal ini menyebabkan, pengguna sangat perlu untuk melakukan backup data.

Hasil survey

“Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey” oleh Western Digital:

 

  1. Dari 97% responden menggunakan smartphone sebagai salah satu daily driver. Dengan aktivitas seperti bermain game, video streaming, navigasi, dan belanja online.
  2. Lebih dari 90% responden menggunakan smartphone sebagai pengganti kamera (87%), chatting (72%). Data yang ada dalam sebuah smartphone 98% berisi gambar atau foto, dan 79% berupa video.
  3. Sebanyak 56% responden menggunakan smartphone dengan memory internal 16-32 GB.
  4. Sebanyak 67% responden pernah mengalami kehilangan data sebelum dibackup.

 

Apa itu USB OTG SanDisk Dual Drive?


Sandisk yang kita tahu merupakan sebuah media penyimpanan yang biasanya akrab dikalangan Anak Sekolahan, Mahasiswa, maupun Guru juga Dosen. Dikenal dengan Flashdisk yang kita ketahui bisa memindahkan dan meyimpan data dari laptop. Tidak dengan USB OTG SanDisk Dual Drive, Flashdisk ini sudah menggunakan USB OTG yang merupakan singkatan dari On The Go. Dengan kata lain, perangkat ini sudah bisa digunakan atau dipasangkan langsung ke smartphone dimanapun dan kapanpun tanpa perlu menggunakan laptop untuk proses backup data.

Solusi Buat Kamu Yang Malas Backup Data dari Smartphone
photo by jejakcantik.com

Didukung teknologi SanDisk Extreme® microSD merupakan kategori SDXC, mempunyai kecepatan transfer R/W up to 160Mbps/ 90 Mbps. Kecepatan transfer data ini biasanya kita temui di media penyimpanan kamera digital.


Tidak hanya itu, USB OTG SanDisk Dual Drive sebagai legenda media penyimpanan eksternal menyediakan applikasi SanDisk Memory Zone dapat diunduh di Google Play bagi para pengguna smartphone berbasis Android, sedangkan iXpand Flash Drive dapat diunduh di Apple Store bagi para pengguna smartphone berbasis iOs (iPhone) untuk melakukan backup data secara otomatis.

Data akan terbackup otomatis saat USB OTG SanDisk Dual Drive dipasangkan ke smartphone, tentunya ketika applikasi telah terinstall, ya. Pengguna tetap bisa melakukan aktivitas lain pada smartphonenya selama proses backup berjalan. Semua data yang ada dalam smartphone akan dibackup, bahkan photo yang sudah diupload ke sosial media. #SanDiskAPAC memberikan solusi terbaik bagi para jiwa-jiwa mageran ini.



Backup Data Menggunakan USB OTG SanDisk Dual Drive


Smartphone itu, selain digunakan untuk aktivitas chatting, sosial media, browsing juga ada yang memanfaatkan untuk bermain game. Game millenial sekarang ini membutuhkan media penyimpanan yang lumayan lega agar dapat berjalan dengan lancar. Dulu, Saya harus menghapus beberapa data dulu agar bisa bermain game dengan baik. Repot nggak, sih? Berikut cara agar anti repot-repot club.

Cara pertama, adalah Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone dengan melakukan backup data menggunakan USB OTG SanDisk Dual Drive. Proses backup bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu menggunakan laptop.

Cara kedua, cukup mudah tinggal Plug and Play yang Praktis USB OTG SanDisk Dual Drive, data akan otomatis melakukan proses backup. Ingat! Selama proses backup berjalan, pengguna smartphone masih tetap bisa menggunakan smartphonenya seperti biasa.

Cara ketiga, sebagai Blogger yang baik meskipun kadang lalai perihal data, jangan lupa untuk Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial. Hal ini penting, penting, pentiiiiiiiiing banget!

Cara keempat, cara yang terakhir ini adalah Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas. Besarnya applikasi dan kebutuhan pengguna terhadap smartphone tidak bisa dipungkiri, mau-tidak-mau cara terakhir yang harus dilakukan adalah mengganti smartphone dengan yang lebih baik.

Ohiya, Sandisk juga punya Official Store di Shopee, lho. Coba aja dulu ke Official Store SanDisk di Shopee manatahu ada yang cocok.

Walaupun kadang tidak semua photo itu bagus, tapi tetap saja #DibuangSayang karena moment yang ada didalamnya. Lebih baik, selagi masih bisa dibackup, lakukanlah. Jangan tunggu kehilangan dulu baru menyesal, *eh gimana..

5 comments:

  1. Dulu saya pernah kehilangan data-data penting di hp saya dan jumlahnya banyak. Ah nyesel banget pokoya. Padahal mau di pake buat uplod blog. Tapi sekarang udah cara cerdas mengatasi kehilangan data, yaitu dengan USB OTG dari sandisk. Sip deh pokonya, gak kuatir kehilangan data lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak enak banget kalau udah kehilangan data gitu. Kaya nyesek gituu. semoga jadi solusi buat semua ya kak ..

      Delete
  2. OTG sandisk banyak manfaatnya
    aku yang sering jalan2 kayaknya butuh juga OTG Sandisk
    nabung ahhhh

    ReplyDelete
  3. Emang solusi paling mudah backup data smartphone yah dg gunain USB OTG SanDisk aja udah hehe, mudah, cepat, dan praktis eheheee

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^