Punya Tabungan Sejak Muda, Apa Saja Manfaatnya?

Pernahkah seseorang menyarankan kamu untuk punya tabungan sedini mungkin? Banyak yang bilang kalau memiliki tabungan sejak usia muda akan sangat menguntungkanmu di masa depan.


Manfaat Tabungan Sejak Muda



Memang, memiliki tabungan di usia muda bukan hal yang mudah. Apalagi kalau kamu baru saja mulai bekerja dan memiliki banyak pengeluaran setiap bulan seperti biaya sewa dan transportasi.


Tetapi ini tidak berarti kalau kamu tidak bisa memiliki tabungan kok. Menyisihkan 10-20 persen uang dari jumlah penghasilanmu bisa jadi langkah awal yang bagus untuk mulai menabung.


Punya tabungan sejak masih muda akan sangat terasa manfaatnya jika menabung dilakukan dalam jangka panjang. Untuk perencanaan keuangan jangka panjang, tabungan pasti akan sangat menguntungkan karena adanya bunga majemuk.


Selain itu, apalagi manfaat memiliki tabungan sejak muda? Berikut manfaat tambahan memiliki tabugan sejak muda yang bisa kamu dapatkan.


Manfaat Punya Tabungan Sejak Muda


1. Lebih hemat

Ketika kamu membuat komitmen untuk mulai menabung sesegera mungkin, kamu akan membuat anggaran dan mencoba untuk memotong hal-hal yang tidak kamu butuhkan. Mengurangi pengeluaran adalah cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan tabungan.


Semakin awal kamu memiliki kebiasaan ini, semakin besar kemungkinanmu akan mulai untuk membiasakan diri dengan menabung. Meskipun mungkin awalnya sulit, kamu harus berpikir kalau tabungan ini akan membantu kondisi finansialmu di masa depan.

2. Memberi peluang untuk mengembangkan potensi diri

Tidak semua orang memiliki jalur karier yang mulus setelah lulus dari sekolah. Sayangnya, mengubah haluan di tengah jalan sering kali melibatkan pemotongan gaji atau kesenjangan pendapatan. 


Ketika kamu menabung lebih awal, kamu akan mengumpulkan tabungan yang memungkinkan kamu untuk mengambil peluang yang tidak akan dapat kamu lakukan jika kamu hanya mengandalkan gaji.

3. Membuatmu merasa aman

Dengan menabung lebih awal, kamu akan selalu tahu bahwa kamu dan keluarga akan baik-baik saja secara finansial. Kamu tidak akan terlalu takut kehilangan pekerjaan, yang bahkan dapat membantu kamu menemukan peluang baru yang lebih menantang.

4. Kualitas hidup akan meningkat

Banyak orang stres karena keuangan mereka yang pas-pasan. Akhirnya, stres berujung pada konflik keluarga karena emosi selalu tinggi. 


Ketika kamu punya tabungan lebih awal dan berlatih hidup secara sederhana, semua ini bisa berubah. Kamu tidak lagi stres karena kamu tidak lagi membutuhkan banyak pendapatan untuk mempertahankan gaya hidup saja. 


Tabungan yang telah kamu buat juga pasti akan sangat membantu. Plus, jika masalah ekonomi bisa teratasi, keharmonisan dalam keluarga juga pasti menambah nilai luar biasa pada kualitas hidupmu.

5. Lebih cepat mandiri secara finansial

Kamu pasti tidak mau kan, hanya mengandalkan uang pemberian Ibu dan Ayah untuk keperluanmu sehari-hari? Bagaimanapun juga pada akhirnya kamu harus berdiri di atas kaki sendiri secara finansial.


Memiliki tabungan dapat membantu kamu mencapai tujuan ini. Karena uang tabungan ini bisa kamu manfaatkan untuk keperluan pribadimu.

6. Tidak perlu khawatir jika terkena biaya tak terduga

Pada titik tertentu, kita semua mungkin menghadapi tagihan besar yang tidak kita rencanakan. Misalnya untuk memperbaiki mobil kita, mengganti laptop yang rusak, atau untuk biaya kesehatan. 


Jika kamu memiliki tabungan, kamu dapat menggunakan sebagian uangnya untuk menutupi biaya, tanpa harus beralih ke kartu kredit atau pinjaman pribadi untuk memenuhi kebutuhan itu.

7. Lebih nyaman di masa pensiun

Meskipun rasanya masa pensiun masih sangat jauh, ada baiknya untuk memikirkan jangka panjang, serta apa yang mungkin akan segera terjadi. Pensiun negara tidak mungkin memberi kamu penghasilan yang cukup untuk menutupi semua biaya hidupmu ketika kamu akhirnya berhenti bekerja


Oleh sebab itu, kamu perlu punya tabungann khusus yang ditujukan ketika suatu saat pensiun. Dengan memiliki tabungan, kamu tidak akan pusing dengan masalah finansial di hari tuamu. Jadi semakin dini kamu memikirkan perencanaan pensiun, itu jauh lebih baik.


Ini dia manfaat punya tabungan sejak dini.cukup pentingkan? Kamu yang ingin miliki tabungan, bisa ajukan dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com.


CekAja.com juga sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pelayanan yang diberikan sudah terjamin keamanannya. 


Tanpa perlu berlama-lama, yuk segera buka rekening tabungan melalui https://www.cekaja.com/tabungan !


Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^

Slider Widget