Asus Zenfone 9, Smartphone Mungil, Sipaling Powerful

Sebelumnya, mau applause dulu ah buat hadirnya Asus Zefone 9 di Indonesia. Smartphone impian banget, mungil tapi performanya jangan diragukan. Dan, hari ini ASUS Zenfone 9 resmi diluncurkan di Indonesia. Di tubuhnya yang mungil dan ergonomis, ASUS membenamkan fitur-fitur yang powerful.  


Salah satunya adalah sistem kamera terbaru. Zenfone 9 sudah menggunakan kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade. Nah, fitur yang paling diantisipasi penggemar dari sistem kamera baru ini adalah teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang dibenamkan pada kamera utamanya.



Asus Zenfone 9



Kamera utama beresolusi 50MP memakai sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9 dan mampu merekam video 8K dengan kecepatan 24fps. Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization membuat kamera utama Zenfone 9 mampu merekam video dengan tingkat stabilitas yang jauh lebih tinggi, bahkan mengimbangi guncangan yang terjadi jika Anda mencoba merekam video dengan satu tangan. 


6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization menjaga rekaman bebas blur dan guncangan, bahkan jika Anda bergerak. Fitur ini akan memantau setiap gerakan Zenfone 9 ke berbagai arah, lalu menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan posisi lensa secara real-time. 


Dengan kemampuan ini, kamera utama Zenfone 9 akan merekam objek apapun tanpa distorsi optik atau ‘ghosting’. Ditambah algoritma anti-guncangan dalam system Electronic Image Stabilization (EIS) akan mengeliminasi lebih banyak lagi dampak dari gerakan-gerakan yang tak diinginkan. Alhasil, video Anda akan selalu super smooth, bebas goyangan, tak ubahnya video professional.


Kamera kedua di belakang memiliki lensa ultra-wide beresolusi 12MP dengan sensor SONY IMX363 dengan aperture sampai F2.2 dan mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan EIS dan pengoreksi distorsi yang real-time, serta merekam gambar makro dengan fokus sampai jarak 4cm. 


Sedangkan kamera depan menggunakan sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45 dan mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30fps atau FHD dengan kecepatan 60fps yang disertai teknologi EIS.


Upgrade Maksimal untuk Performa Optimal


Selain kamera, Zenfone 9 dibekali dengan sejumlah upgrade besar dari pendahulunya, Zenfone 8, meski dengan dimensi tubuh yang hampir identik. Anda akan surprise dengan berapa banyak teknologi yang bisa dibenamkan di dalam tubuhnya yang kompak dan hadir dengan empat pilihan warna baru: yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black.


 

Asus Zenfone 9


Bentuk Ringkas


Sebagaimana Zenfone 8, ponsel baru ini juga dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan dan kemudahan untuk disimpan di saku. Panjangnya kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7cm, dengan tekstur permukaan yang tidak hanya terlihat indah tapi juga membuat ponsel ini lebih kukuh digenggam.


ASUS pun membekali Zenfone 9 dengan ZenUI 9 yang memberikan performa yang lebih cepat dan mulus, sekaligus lebih pintar, yang sudah disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah. Dengan antarmuka ini, Zenfone 9 lebih mudah dinavigasi, dilengkapi dengan tool Edge untuk menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat. 


Performa Tinggi


Performanya jadi lebih ‘galak’ berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful. Chip anyar ini mampu mencapai CPU clock speed sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya.


Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. Ponsel ini pun sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded


Asus Zenfone 9*hasil benchmark Zenfone 9 dengan menggunakan GeekBench 5 dan 3DMark



Performa ini bisa dinikmati lebih lama, karena Zenfone 9 menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh, yang lebih besar dibandingkan pada Zenfone 8, untuk penggunaan seharian lebih. Bahkan, Zenfone 9 ‘meminjam’ teknologi STP (Specific Tab Process) dari ROG Phone 6 untuk pengisian baterai yang lebih adem dan cepat, sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W untuk pengisian ulang yang lebih cepat.


Visual Terbaik


Upgrade lain adalah layarnya. Walau ukuran layar sama dengan Zenfone 8, yaitu 5,9 inci, Zenfone 9 sudah menggunakan layar AMOLED yang mendukung refresh rate sampai 120Hz yang secara otomatis bisa berpindah ke 60, 90, dan 120Hz tergantung pada aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan serta waktu respon 1ms. Dengan kecepatan luar biasa ini, pengguna akan merasakan user experience yang lebih smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten di ponsel ini.


Dibandingkan Zenfone 8, layar Zenfone 9 juga sudah dikalibrasi untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Untuk kemudahan mengakses konten di luar ruangan, layar ini sudah memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits. Kombinasi antara layar yang cepat, jernih, dan kaya warna serta bisa dilihat di luar ruangan yang terang sekalipun, akan memberikan pengalaman menikmati konten dalam tampilan terbaiknya.


Audio Jernih


Kalau layar sudah mantap, peningkatan lain yang wajib dicoba adalah sektor audio yang digarap dengan tak tanggung-tanggung oleh ASUS. Untuk menjadikan ponsel ini sumber entertainment yang bisa diandalkan dalam mendengarkan playlist favorit di Spotify atau menonton video-video dari channel langganan di YouTube, ASUS sampai menggandeng pakar sound di Dirac Research, Swedia.


Kerjasama yang sudah dijalin sejak project ROG Phone 3 dilanjutkan di ponsel ini, untuk menghasilkan kualitas audio yang impresif dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM dan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. 


Keamanan Terkini


Terakhir, apalah artinya ponsel canggih kalau tak tangguh, bukan? Zenfone 9 sudah termasuk ke jajaran ponsel paling durable di jajaran produk ASUS. Tidak hanya karena layarnya diproteksi Corning Gorilla Glass Victus, tapi Zenfone 9 juga sudah tersertifikasi IP68 yang artinya sudah anti air dan debu.


Dengan sertifikasi IP68 ini, berarti Zenfone 9 mampu memberikan kenyamanan penggunaan sesuai aktivitas di lingkungan apapun.


Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^

Slider Widget