Wednesday, December 4, 2019

Alasan ROG Phone II Menggunakan Layar AMOLED 120Hz/1ms

Tanggal 5 Desember 2019 besok, ASUS akan menghadirkan ROG Phone II di Indonesia. Selain merupakan smartphone gaming paling powerful, ROG Phone II juga hadir dengan fitur khusus gaming yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Salah satu fitur tersebut adalah layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms. 

Alasan ROG Phone II Menggunakan Layar AMOLED 120Hz/1ms


“ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama yang menggunakan layar AMOLED 120Hz 1ms,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. “Fitur tersebut memang tidak pernah diusung oleh produsen smartphone lainnya karena konsentrasi utama mereka bukanlah gaming. Untuk gamer, layar dengan refresh rate tinggi dan memiliki respon cepat sangat penting keberadaannya,” tambah Jimmy.


Alasan ROG Phone II Menggunakan Layar AMOLED


Pengaruh Refresh Rate Tinggi dalam Game

Refresh rate merupakan istilah yang sering muncul ketika membahas sebuah layar digital. Refresh rate merupakan kemampuan layar untuk melakukan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan dalam bentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz).

Gamer membutuhkan frame rate yang tinggi saat bermain game karena hal tersebut sangat berpengaruh pada setiap aksi yang dilakukannya. Jika frame rate yang dihasilkan game rendah, maka tampilan animasi akan terlihat seperti patah-patah dan hal tersebut akan mengganggu respon gamer di dalam game. Di PC, sebagian besar gamer eSport sudah terbiasa dengan standar 144 dan 240 fps. Sementara di lini mobile gaming ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps.

Response Time Sebagai Faktor Kemenangan

Siapa bilang kemampuan gamer adalah satu-satunya faktor penentu kemenangan di dalam game? Faktor teknis seperti response time pada layar perangkat juga memiliki peran penting. Response time adalah waktu yang diperlukan layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi animasi di dalam game.

Response time yang tinggi membuat input dari gamer terlambat untuk ditampilkan sehingga menimbulkan fenomena jeda input atau input lag. Setiap milidetik bagi gamer adalah pertaruhan hidup atau mati dan menang atau kalah, sehingga perangkat yang memiliki layar dengan response time lebih rendah tentu saja lebih diminati.

Selain memiliki response time yang sangat rendah dan refresh rate yang sangat tinggi, layar AMOLED yang digunakan di ROG Phone II juga mampu menyajikan konten HDR serta memiliki warna yang sangat akurat. Tidak tanggung-tanggung, layar di smartphone gaming ini bahkan memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8% dengan Delta E<1 .="" br="">

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^