Sunday, June 21, 2020

Pentingnya Kesadaran Diri Di Era New Normal

Hallo, Kak! Apa kabar era new normalnya? Bagi Vina sendiri, era new normal ini malah semakin deg-degan. Semua sudah kembali pada aktivitasnya bahkan untuk tempat di sudut kota ini merasa tidak terjadi apa-apa. Di masa new normal ini, harusnya tetap saling menjaga dan adanya kesadaran diri dari berbagai pihak. Suka sedih dengan orang-orang yang masih cuek dan tidak mau peduli dengan sekitarnya. 

Dan beberapa hari yang lalu, yang membuat hati ini sedih adalah melonjaknya klaster baru Corona di Pekanbaru. Dikutip dari Liputan6.com, sebanyak sebelas karyawan Bank di salah satu cabang Pekanbaru positif terjangkit Virus Corona. Padahal satu bulan belakangan Kota Pekanbaru sudah tidak ada penambahan kasus baru. 

PCR Test atau Polymerase Chain Reaction Test


Pentingnya kesadaran diri untuk menjaga sesama ini jangan diabaikan. Terbukti banget dari kasus yang menyebabkan adanya klaster baru ini. Kasus yang berawal dari ketidak jujuran seorang karyawan. See? Akibatnya fatal banget. Pemerintah memutuskan bagi yang ingin keluar daerah harus melakukan rapid test dahulu untuk mengantisipasi penyebaran virus yang lebih luas. Tapi hal ini diabaikan. Rapid test tetap dijalankan dan mendapatkan hasil reaktif yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke luar kota dan harus melakukan karantina juga swab test. Tapi yang dilakukan adalah tetap melakukan perjalanan luar kota dengan cara yang ntah bagaimana. Alhasil terjadilah hal yang tidak diinginkan seperti sekarang ini. Saat dilakukan test swab, beliau ini positif. Tara! Rapid test di Bank tersebut dilakukan dan alhasil 25 orang karyawan menunjukkan hasil reaktif dan akan melakukan test swab. HOROR! Bayangin aja, aktivitas dari sebuah Bank. 

Jadi, bagi teman-teman jangan terpesona dengan keindahan New Normal yang sudah membebaskan aktivitasnya, ya. Tetap berhati-hati dan ikuti prosedur serta protocol kesehatan yang dianjurkan. Ingat, ini bukan tentang diri kita sendiri, tapi juga mereka yang berinteraksi dengan kita. Tetap jaga jarak dan banyakin baca tips agar tetap sehat dan aman dalam menjalankan masa new normal ini.

Test Yang Diperlukan Untuk Mengetahui Status Positif Corona Atau Tidak



1. Rapid Test


Rapid test sendiri merupakan cara pemeriksaan virus menggunakan lgG dan lgM yang ada di dalam darah. lgG dan IgM ini adalah antibody yang terbentuk di tubuh saat terinfeksi virus. Jumlah lgG dan IgM akan bertambah saat terinfeksi virus. Sampel darah yang dilakukan saat rapid test akan memperlihatkan lgG dan lgM yang terbentuk dalam tubuh. Tapi ingat, hasil dari rapid test ini bukanlah diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid-19. Makanya setelah hasil rapid test dinyatakan positif, perlu menjalani pemeriksaan lanjutan yaitu pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung. Dibutuhkan waktu kurang lebih 7 hari untuk mendapatkan hasil testnya.


2. Swab Test atau PCR


Seperti yang dijelaskan diatas, setelah dinyatakan positif maka perlu dilakukan swab test. Swab test merupakan pengambilan specimen lendir menggunakan swab dan pemeriksaan menggunakan PCR. PCR Test atau Polymerase Chain Reaction Test merupakan metode yang paling akurat dalam mendeteksi virus Covid-19 ini. Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil dari test ini.

Jadi, bagaimana? Sudah pernahkah mencoba menjalani Rapid test dan Swab Test atau PCR ? Jika sudah ada rencana untuk melakukan PCR test, dan ingin tahu informasi bagaimana test yang dilakukan, bisa meluncur ke website HaloDoc.com. Disana tersedia informasi lengkap yang kamu butuhkan seperti daftar rumah sakit dan klinik yang bisa melakukan PCR test serta biaya yang diperlukan. Jadi, kita ngga perlu ribet lagi bertanya pada tiap-tiap rumah sakit yang kita datangi. Kita juga bisa konsultasi online dengan para dokter yang ahli sesuai bidangnya di webnya, lho. Cukup membantu bukan?

Jadi ingat ya sahabat, kesadaran dan kejujuran itu penting. Jangan diabaikan himbauan terkait pandemic ini. Serius! Ini penting banget. Sekali saja kamu mencoba mengabaikan, bayangkan ada berapa orang yang akan kamu bahayakan. Tetap hati-hati dan jangan lupa bahagia ya, sahabat. : )

5 comments:

  1. Tetap jaga diri sebaik-baiknya. Pastikan protokol kesehatan ttp dilaksnakan, minimal utk dri sndiri. Smoga wabah ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  2. Pin, sekarang Pekanbaru ngeri ya, kembali bercorona cuy, beberapa hari yg lalu ada 24 orang yang kena. Paraahhh....

    ReplyDelete
  3. rata- rata orang masih ga sadar ya pin? pingsan apa hilang kesadaran gitu ya..uhuhuhu

    ReplyDelete
  4. Aku juga deg-degan di New normal ini kaa. Kita memang kudu jaga diri sendiri dengan pakai protokol kesehatan huhu

    ReplyDelete
  5. Semada-madanya aku, tapi skrg patuh banget ini hahaha. Semoga kita sehat selalu pinaaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^