A Day in My Life dalam Sebuah Tulisan

Hello! Assalamu'alaikum, Minna~


Jika para konten creator membuat cerita kesehariannya dalam bentuk visual, kali ini sebuah cerita tentang a day in my life hadir dalam bentuk tulisan. 


Terima kasih pada diri sendiri yang akhirnya berhasil mengumpulkan niat untuk membuat tulisan baru di blog ini. Butuh perjuangan sekali, yeorobun! Laptop sudah dihidupkan di meja biar ngga rebahan dan berakhir ditinggal tidur kalau ditaruh di kasur. Tapi ya, namanya mood dan niat ngga sinkron apa boleh baut, yekan.. Iya, buat.. bukan typo, lho. Laptop doang yang dihidupin di meja, orangnya mah rebahan di kasur, lalu laptop begadang ampe subuh. Nice try, Dude.






Hari ini, 2 Mei eh udah jam 12:05 AM. Sudah memasuki 3 Mei, dong ya. Baik, mari kita sudahi omong kosong ini. Cus~ A Day in My Life as Elvina Yanti.


Hampir 7 bulan ibu sakit stroke. Semua kehidupan di rumah pun berubah. Jauh banget bedanya dari yang biasa apa-apa itu selagi urusan rumah selalu diurus oleh Ibu. Bahkan cuci baju, iya cuci baju juga kadang dilakukan Ibu. Disclaimer dulu, Vina juga sering cuci baju kok, ya. I dunno why, tapi ibu emang ngga tegaan sama anak gadis satu-satunya ini karena pulang kerja udah kemaleman terus hari-hari. Bahkan juga hampir tidak pernah mencuci piring di rumah.


Photo by Documerica Unsplash


Setelah ibu sakit, dan semua peran Ibu di rumah jadi auto diemban oleh makhluk mageran seantero Gg. Sejahtera yaitu, Saya sendiri. Sudahlah jarang masak, jarang pula mengurus rumah. Hari-hari cuma kerja, pulang, rebahan dan repeat. Rumah seakan hanya jadi tempat penginapan atau kos-kosan doang.


Bekerja sebagai NOC (Network Operation Center) Staff di salah satu perusahaan provider internet, bekerja 24/7 tentu tidak terhindari, ya. Jadi jangan tanya hari liburnya bagaimana, atau besok tanggal merah mau kemana. Kalender nasional tidak ada pengaruhnya dengan jadwal libur Vina, kadang sampai lupa tanggal, lupa hari, tapi ngga bisa lupain kamu, sih. Eits! Ntar dulu, bukan berarti Vina tidak punya hari libur, ya. Sama seperti perawat atau dokter di Rumah Sakit. Kerjaannya sama, beda pasien aja. Kalau dokter merawat manusia, Vina merawat jaringan internet.



Photo by Christina on Unsplash


Malah ngelantur, maafkan ya. Keseharian Vina sekarang dari bangun pagi ya semoodnya aja bangun jam berapa, pokoknya pagi lah, ya. Diawali dengan bismillah, ceunah. Ngurus bocah si anak bungsu paling ribet, yang mau ke sekolah. Lanjut beberes rumah, cuci piring, cuci baju ya walaupun menggunakan mesin cuci, sih.


Lanjut ke kegiatan berikutnya, bantuin Ayah. Kebetulan Ayah juga berdagang. Biasanya bedua sama Ibu. Tapi kali ini, Vina yang bantuin Ayah. Sambilan ngurusin keperluan Ibu, kadang mau cuci muka, minum, puup, juga BAK gitu. Dan biasanya kalau pagi itu, Ibu berjemur, biar kaya bule gitu. heuheu. Kalau jam mandi Ibu, biasanya siang menuju sore, gitu. Dibantu Ayah karena beliau yang di rumah. Kalau paginya sama Vina karena Ayah mesti ke pasar. Im a proud daughter. *tepuktangan


Oke, next. Kelar urusin percuci-cucian, ngurusin Ibu dan bantuin Ayah. Lanjut masak sarapan pagi, menu makan siang dan malam jaga-jaga kalau pulang telat karena masih ada kerjaan di kantor. Bisa dibilang vina No Life yang hari-hari cuma rumah-kantor-rumah, tapi yagitu lah. Berinteraksi dengan komputer lebih menyenangkan ketimbang bertemu dengan manusia yang kadang ngga bisa kita control. Juga, biasanya energi cepat habis kalau ketemu dengan orang-orang gitu.


Baik, kelar ya masak-masaknya. Lanjut mandi dan siap-siap pergi ngantor. Eh, btw ngantor jam berapa, Vin? Karena baru kelar semua di jam 9-an , biasanya sampai kantor jam 11 kurang lebih, ya. Kadang kalau lagi ga masak jam 9-an udah di kantor. Jarak kantor dengan rumah lumayan memakan waktu 30-40 menit. 


Jam 11 biasanya sudah di kantor, lalu hidupin layar tancep alias monitor, cek semua group chat dari whatsapp hingga telegram. Tak lupa pula cek hp kali ada yang kangen, missed call dari customer atau bahkan ada kabar dari pak bos ya, kan. Lanjoooot! cek email dan balasin chat serta email yang perlu dibalas dan kerjain kerjaan dengan senang hati, riang dan gembira. Wowww!


Bagi orang lain kalau lihat Vina kerja itu kadang suka bilang "Vina hacker?" No, ya. Boro-boro ngehack. Nyimak seminarnya Pak Onno W Purbo tentang Kali Linux malah mumet sendiri. Tapi salah satu dream job Vina, memang jadi "satpamnya" jaringan atau administrator jaringan.



Photo by Christina on Unsplash


Hangout bareng teman juga masih, kok. Tapi disesuaikan dengan warga yang standby di rumah. Biasanya ada Adik di rumah. Kalau aman, ya bisa ditinggal main dulu ama temen. Jujur, pasti melelahkan dengan keadaan tapi emang sulit diawal. Semakin kesini, udah punya polanya, tinggal jalanin aja. 


Alhamdulillahnya, banyak warga yang bantuin juga. Kadang bantuin dalam segi materi buat pengobatan Ibu, ada juga teman ibu yang datang bawa cucunya buat ajak ibu cerita biar ga gabut-gabut banget, gitu. Ada juga yang dateng sendiri buat ajak ibu cerita biar ngga stress dan kebetulannya lagi Adik punya Ibu Angkat. Jadi, beliau juga menawarkan agar baju sekolahannya itu bocah dikasih ke beliau aja, karena beliau juga buka usaha laundry. Keluarga dan teman-teman yang juga sering ngasih semangat dan jadi tim support garis depan.


Belum lagi, Bos Vina di kantor mau mengerti dengan keadaan Vina yang mesti membagi waktu karena membagi diri tentu tidak mungkin, Vina bukan amoeba. Hal-hal seperti ini yang kadang buat Vina semangat, cukup menghangatkan hati, bukan? Saat ngetik part ini, mata udah berkaca-kaca. Allah maha baik, ya.



Photo by Hannah Busing on Unsplash


Oiya, gimana Vina masak? Kan jarang masak. Jarang masak bukan berarti ngga ada niat buat masak, lho. Vina percaya tidak ada yang tidak bisa masak di dunia ini. Tergantung waktu dan niat serta warga sekitar aja. Kalau warga sekita udah percaya dengan kesotoyan Vina masak, gas cus aja. Tapi emang alhamdulillah gitu. Masakan ngga ada bermasalah. Fyi, tahun ini tahun pertama Vina buat rendang daging, buat kue lebaran, alone.


Dari yang biasanya bantuin Ibu doang, kali ini emang harus pake banget langsung terjun ke dapur. Beli bahan, ngadon dan segala macamnya. Betapa hebatnya Ibu-ibu yang memilih berkarir dan masih tetap aktif mengurus rumah, sendiri. Ibu-ibu, kamu hebat! Ngerjain kerjaan rumah sendiri aja udah luar biasa banget. Tapi btw, Vina udah trial jadi Ibu Rumah Tangga dan Wanita karir lho. Tinggal siapin mental kalau-kalau kamu mau dateng ke rumah. *eh gimana


Ini kenapa momennya pas banget, lagi nulis ini diiringi gemuruh petir dan hujan. Jadi semakin melting Vina, tuh. Jam kerja Vina biasanya dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Dulu suka lanjut kalau masih ada kerjaan yang belum selesai, tapi sekarang udah mesti pulang karena besok masih harus bergulat mengurusi kehidupan yang complex ini. Sampai di rumah, bersih-bersih, mandi. Kalau Ibu belum makan, urus dulu makannya. Terus lanjut rebahan, main hape biar ngga stress. Solat dan ngaji ga perlu dibahas kan, ya.


Kadang kalau lihat tumpukan cucian udah rame, ya diangsur malam untuk dicuci. Besok tinggal bilas. Udah tinggal turu. Oyasumi Minna. Begitulah hari-hari Vina yang tiba-tiba berubah jadi tampak rajin kalau ada tamu. Wahh.. mungkin ini jalan buat narik jodoh kali, ya. Ea~



Photo by Erika Giraud on Unsplash


Terima kasih buat yang sudah menyempatkan diri untuk membaca sebuah tulisan Vina. Semoga sehat selalu, Kak. Percaya, kita ngga pernah benar-benar ditinggalin sendiri sama Allah. Selalu ada bantuan melalui ciptaannya. Dadaahh~


Bukan A Day in My Life ini mah lebih ke curhat, ya..

9 comments for "A Day in My Life dalam Sebuah Tulisan"

  1. Sebelumnya turut prihatin untuk Ibunya mbak Vina, semoga Ibu lekas pulih seperti sedia kala dan semoga mbak Vina sekeluarga selalu sabar menjalani hari-hari yang sibuk ini.
    Salut saya sama mbak Vina, setiap hari sibuk urus diri sendiri dan keluarga. Orang baik memang beda yah ujiannya.
    Menulis diblog juga bisa jadi bentuk healing sendiri ya, ketimbang mumet ruwet diotak, mending benang ruwetnya ditarik dan dijabarkan dalam bentuk tulisan.
    Semangatt mbak Vina *sendbighug

    ReplyDelete
  2. Semangat Kak Vina, a day in my life nya luar biasa sekali ya. Kak Vina selalu jaga kesehatan dan untuk ibu semoga cepat sembuh dari sakitnya.

    ReplyDelete
  3. "Tidak ada yang tidak bisa masak di dunia ini". Xixi. Agreed. Saya juga jadi senang belajar masak seenggaknya gantiin ibu pas lagi sakit. Semoga ibunya segera pulih dan membaik ya. Dan yang beberes rumah diberikan jodoh terbaik segera pula. Aamiin YRA.

    ReplyDelete
  4. Emang benar Allah itu Maha Baik, Maha Segala-galanya. Mungkin dunia akan terlihat seolah runtuh sesaat, tapi percaya deh, semua hanya butuh pembiasaan diri.

    ReplyDelete
  5. Dikejar durasi setiap hari tapi tetep bisa ngelawak yah kakaknya 😆 Seru deh bacanya, sambil saya bayangin ka Vin. Jujur masih kepo sama kerjaannya, ngapain aja ya 🤔

    ReplyDelete
  6. tetap semangat ya Mbak dalam jalani hari ya Mbak, kalau biasa lihat A day in My Life versi video/visual ini dalam tulisan, sebenarnya jadi bisa bebas berimajinasi juga sih ya.

    ReplyDelete
  7. Semangat Vina. Semoga pas sudah sampai waktunya nanti berkeluarga, jadi Vina terbaik versi diri sendiri yang optimal mengerjakan rutinitas harian. Baik di kantor, juga di rumah.
    Salam kenal dari Lombok

    ReplyDelete
  8. aaa Mbak Vina, proud of you. Buat penyimak akun sosial media Mbak Vina yang terlihat hanya enjoying life Mba Vina
    Tapi di tulisan ini, aku ikut juga merasaka bagaiamana peran Mba Vina sebagai anak untuk kedua orangtua Mbak,
    Beruntung mereka memiliki Mbak
    Semangat selalu ya mbak

    ReplyDelete
  9. Saya sangat paham sekali. Sebagai sesama makhluk mager penyuka rebahan, tiba-tiba harus menjalankan berbagai peran karena salah satu orang tua sakit. Hanya bisa kasih peluk virtual dari sini, tetap semangat birul walidain. -Amel-

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di kicauanvina.com ^.^